Ketahui Manfaat Mengonsumsi Chia Seeds Saat Trimester Ketiga

Kira-kira, apa ya manfaatnya chia seeds sampai penting banget untuk Mama?

13 Desember 2018

Ketahui Manfaat Mengonsumsi Chia Seeds Saat Trimester Ketiga
Flickr/ Philipp Alexander

Selama kehamilan trimester ketiga, kebutuhan asupan nutrisi mama hamil meningkat. Nutrisi ini diperlukan bagi bayi yang semakin berkembang dan tumbuh besar. Sedangkan untuk Mama, nutrisi yang cukup dalam tubuh berguna untuk menjaga kondisi fisik dan kesehatan saat perut semakin membesar, serta persiapan persalinan.

Untuk mencukupi kebutuhan gizi seimbang saat kehamilan trimester ketiga, Mama perlu mengonsumsi makanan kaya nutrisi. Konsumsilah makanan protein tinggi, buah-buahan, sayur hijau, makanan kaya lemak baik, produk olahan susu, dan makan kacang-kacangan dan biji-bijian.

Nah, penting lho buat Mama memilih kacang-kacangan atau biji-bijian sebagai camilan. Makanan ini banyak mengandung protein, lemak baik, dan serat. Apalagi saat perut semakin membesar, biasanya ibu hamil menghindari makanan yang bikin tubuh semakin gemuk.  Ada banyak pilihan makanan jenis ini untuk dikonsumsi ibu hamil seperti kacang pistachio, kacang almond, biji bunga matahari, dan biji chia (chia seeds).

Mendengar chia seeds, sepertinya sudah nggak asing lagi ya Ma. Jenis biji ini dikenal sebagai makanan paling sehat di dunia sejak ribuan tahun yang lalu (makanan suku Aztex dan suku Maya).

Biasanya biji chia dikonsumi sebagai campuran overnight oats, puding, bahkan taburan di nasi atau makanan lainnya. Mengonsumsi chia seeds saat kehamilan trimester ketiga bermanfaat besar bagi ibu hamil. Chia seeds kaya akan protein, kalori dan serat yang dibutuhkan ibu hamil.

Editors' Picks

Manfaat Chia Seeds di Kehamilan Trimester Ketiga

Manfaat Chia Seeds Kehamilan Trimester Ketiga
Pxhere/ Monfocus

Mengonsumsi chia seeds saat kehamilan trimester ketiga bermanfaat besar bagi Mama. Ini alasannya:

  • Chia seeds kaya akan protein, kalori, dan serat yang dibutuhkan mama hamil. Para ahli gizi pun menyarankan Mama mengonsumsi chia seeds dalam jumlah tertentu, apalagi saat kehamilan trimester ketiga.
  • Chia seeds mengandung kadar kalsium dan zat besi tinggi yang merupakan mineral penting bagi kesehatan kehamilan. Kalsium diperlukan untuk menunjang pertumbuhan tulang bayi, sedangkan zat besi yang dikombinasikan dengan natrium dan kalium, membantu meningkatkan volume darah Mama.
  • Biji chia juga mengandung banyak protein, lho. Saat hamil, Mama perlu 75 sampai 100 gram protein per hari untuk pertumbuhan jaringan janin, termasuk otak. Selain itu protein membantu mempersiapkan produksi ASI, menguatkan perkembangan rahim selama kehamilan dan meningkatkan suplai darah. Seperti dikutip dari laman livestrong.com, satu porsi biji chia memenuhi 15 persen kebutuhan protein ibu hamil, sepertiga kebutuhan serat harian dan sebagian besar kalori tambahan. Wah lengkap ya Ma.
  • Chia seed mengandung asam lemak omega-3 (DHA) dan Eicosapentaenoic Acid (EPA) yang sangat penting untuk ibu hamil dan bayi dalam kandungan. DHA dibutuhkan untuk perkembangan otak dan retina janin selama trimester ketiga kehamilan, dan EPA berperan penting dalam transportasi transplasental DHA dan penyerapan intraselular.
  • Chia seeds juga memiliki kandungan asam lemak omega-3 terbaik. Seratus gram biji chia menyediakan sekitar 18 gram asam lemak omega-3. Ini baik untuk ibu hamil yang memang kebutuhan asam lemak esensial ini meningkat dibandingkan perempuan yang tidak hamil. Tapi perlu dicatat, omega-3 dalam biji chia bukanlah DHA maupun EPA melainkan asam alfa-linolenat (ALA) yang dapat diubah menjadi DHA dan EPA di dalam tubuh. Sebuah penelitian juga menunjukan bahwa ALA bermanfaat menaikan berat badan bayi, menguatkan rahim ibu, meningkatkan kandungan EPA di dalam sel darah merah fosfolipid, dan meningkatkan kandungan DHA dalam ASI.
  • Dalam laman momjunction.com, The American Nutrition Association menyatakan chia seeds merupakan sumber serat, mineral, dan vitamin yang baik. Biji chia mampu mengatasi hot flashes dan menstabilkan kadar gula dalam darah pada ibu hamil.

Efek Samping Chia Seeds

Efek Samping Chia Seeds
Pxhere/ ValeriaJa

Memang belum ada studi yang dilakukan untuk meneliti efek mengonsumsi chia seeds pada ibu hamil. Jadi ahli menyarankan ibu hamil dan menyusui untuk mengonsumsi chia seeds pada batas aman atau sebagian kecil. Chia seeds juga tidak diatur secara ketat oleh Food and Drug Administration AS, sebaiknya konsultasikan dengan dokter agar kehamilan Mama aman.

Biji chia menyerap kelembapan dalam tubuh, sehingga Mama perlu banyak minum air putih saat memakannya. Sangat disarankan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi chia seeds dalam keadaan matang untuk menghindari bakteri E. coli dan Salmonella. Rendam biji chia lebih dulu sekitar 15 menit sebelum mengolahnya.

Berbeda dengan kehamilan trimester ketiga, sebagai catatan penting untuk ibu hamil jangan mengonsumsi chia seeds di awal kehamilan. Sebab chia seeds menimbulkan efek hormonal yaitu bisa memengaruhi estrogen sehingga merangsang kontraksi dan menstruasi.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.