5 Tips Merawat Tanaman Kaktus Hias

Ingin memelihara tanaman kaktus hias di rumah? Begini cara merawatnya

8 Februari 2019

5 Tips Merawat Tanaman Kaktus Hias
nymag.com

Bosan dengan tanaman berbunga yang kamu miliki di rumah? Kamu bisa mencoba menanam kaktus, lho. Tanaman kaktus memang dulunya diabaikan dan sering dipandang sebelah mata. Namun, kini kaktus seolah menjadi primadona baru dalam dunia tanaman hias. Tanaman ini sangat dicintai para pencinta tanaman. 

Kaktus merupakan tanaman yang hidup di padang pasir yang tumbuh subur dalam kondisi kering dan panas, tetapi tanaman ini juga bisa dijadikan tanaman hias yang mempercantik ruangan. 

Rahasia untuk memelihara kaktus yang sehat di dalam ruangan yaitu dengan memberi mereka banyak sinar matahari, tidak terlalu banyak menyiram, dan menggunakan tanah yang tepat.

Selain itu, banyak yang harus diperhatikan dalam pemeliharaannya agar kaktus awet. Berikut Popmama.com berikan tips merawat kaktus di rumah. 

1. Letakan kaktus di tempat yang tepat

1. Letakan kaktus tempat tepat
pinterest.com

Di habitat aslinya, kaktus adalah tanaman gurun yang mampu bertahan tanpa air dan terkena paparan sinar matahari terus-menerus. Namun, ketika tanaman ini sudah menjadi tanaman hias, kamu tidak bisa meletakkannya di tempat yang terkena paparan matahari secara langsung. 

Cara merawat tanaman kaktus memang harus hati-hati dengan paparan sinar matahari karena bisa membuat daun dan batangnya mengering dan lama-kelamaan akan mati.  

Jika ingin menaruh tanaman hias ini di luar, berikan atap atau kanopi yang melindungi kaktusnya. Lalu, jika ingin menaruhnya di dalam rumah, posisi di dekat jendela sangatlah cocok. 

Pastikan sirkulasi udara berjalan lancar dan tidak lembap. Kamu bisa menambahkan pasir sebagai media tanamnya supaya kaktus bisa beradaptasi dengan baik.

Kaktus menyukai ruang terang dan lapang, tetapi cahaya ekstrem yang tiba-tiba dapat menyebabkan kerusakan dan gosong pada tanamannya. 

Di sisi lain, terlalu sedikit cahaya dapat menyebabkan perubahan warna. Penting untuk memindahkan tanaman secara perlahan ke area yang lebih terang sehingga memiliki kaktus mempunyai waktu untuk beradaptasi.
 

2. Perhatikan pemberian pupuk untuk tanaman kaktus

2. Perhatikan pemberian pupuk tanaman kaktus
youtube.com

Kamu juga harus memberikan pupuk meski kaktus merupakan tanaman yang kuat. Memberikannya pupuk agar kaktus bisa tumbuh dengan sehat dan cantik juga kuat. 

Pupuk yang tepat adalah pupuk organik. Pemberian pasir khusus kaktus adalah media tanaman yang juga tidak boleh kamu lewatkan. 

Kompos yang digunakan harus sesuai, biasanya banyak yang menjual kompos spesifik untuk kaktus sehingga ada baiknya memeriksa apa yang mereka miliki dan memilih yang pas untuk tanaman kaktusmu. 

Editors' Picks

3. Pemberian air yang tepat

3. Pemberian air tepat
greatist.com

Kaktus dalam pot membutuhkan lebih banyak perawatan dalam penyiraman daripada di tanah. Pemberian air yang terlalu banyak juga sangat tidak dianjurkan. Tanaman hias kaktus tidak boleh kering sepenuhnya, jadi pastikan kondisinya lembab. 

Di rumah, penyiraman bisa dilakukan sebulan sekali tergantung pada kelembapan ruangan. Tetapi jika tanaman ini diletakkan di luar rumah, siramlah setiap dua atau tiga hari. Pastikan tanah terlihat sedikit mengering saat disiram. 

Kamu bisa saja menggunakan air hujan untuk menyirami tanaman, tapi air ini terlebih dahulu harus disaring karena mengandung mineral dan garam yang dapat merusak tanaman yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman kaktus.
 

4. Memilih dengan baik jenis tanaman kaktus

4. Memilih baik jenis tanaman kaktus
flickr.com/Beto Frota

Memang tidak semua jenis kaktus dapat menjadi tanaman hias di rumah. Kamu harus teliti untuk memilih tanaman kaktus hias. 

Banyak macam jenis kaktus hias seperti kaktus mini Ariocarpus. Kaktus ini berbeda dengan kaktus lainnya karena kebanyakan tanaman kaktus lain yang sangat identik dengan duri, tanaman kaktus jenis ini justru tidak memiliki duri sama sekali. Malah kaktus ini dominan karena daunnya yang membentuk prisma dengan ukuran bunga besar dan mencolok.

Selain itu, ada Kaktus Mini Ferocactus yang memiliki daya tarik durinya yang menjulur panjang hingga hampir menutupi bagian batangnya. Warna duri yang merah menyala terlihat begitu cantik dan kontras dengan warna batang kaktus.

Jika ingin meletakkan kaktus hias di luar rumah langsung pada tanah, kamu bisa memilih Mammillaria elongata yang memiliki banyak cabang atau Echinocactus grusonii yang memiliki bentuk bulat besar dengan duri berwarna kuning di seluruh permukaan batangnya.

Masih banyak jenis kaktus hias lain seperti Astrophytum, Cephalocereus senilis, dan Gymnocalycium yang cocok sebagai tanaman hiasmu. 

5. Pot yang cocok untuk kaktus

5. Pot cocok kaktus
housebeautiful.com

Pot tanaman memang memiliki bentuk yang unik-unik, kamu dimanjakan dengan banyak pilihan pot untuk meletakkan tanaman kaktus. Namun, kamu harus mempertimbangkan ukuran dan berat kaktus, bisa juga meletakkannya di pot yang lebih berat untuk mencegah tanaman kaktus terbalik. Tergantung ukuran setiap tanaman kaktus, jangan lupa sesuaikan, ya. 

Seiring waktu kaktus akan membesar, maka harus menggantinya dengan post yang lebih besar juga agar ia dapat tumbuh dengan baik. Selain itu, kamu bisa memindahkan kaktus langsung ke tanah. Agar mencegah supaya tidak terinjak, berilah pembatas mungil yang telah dihias. 

Merawat kaktus memang susah-susah gampang. Ma, perlu diingat bahwa dengan telaten dalam merawat kaktus kaktus bisa awet dan tumbuh dengan sehat. Rumah pun akan tampak lebih indah dengan hiasan tanaman kaktus yang cantik. 

Baca juga: