Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

8 Pengharum Kamar Mandi Alami yang Ampuh Usir Bau Tak Sedap

Pengharum kamar mandi ini ampuh mengusir bau tak sedap

5 November 2022

8 Pengharum Kamar Mandi Alami Ampuh Usir Bau Tak Sedap
Freepik/Zinkevych

Ruangan yang beraroma kurang sedap dapat membuat penghuninya tidak nyaman. Selain dapur, kamar mandi adalah ruangan yang paling rentan berbau tidak sedap.

Apalagi, bila kamar mandi jarang dibersihkan secara rutin. Bakteri dan kuman yang ada di kamar mandi bukan hanya menimbulkan bau, tapi juga bisa menjadi sumber penyakit.

Makanya, banyak orang yang menaruh pengharum kamar mandi. Jika kamar mandi wangi, serangga seperti kecoak dan tikus pun akan menjauh pergi. 

Sebagian besar orang menaruh pengharum kamar mandi yang biasanya dijual di toko. Namun, tahukah kamu bahwa pengharum kamar mandi bisa dibuat sendiri dari bahan alami?

Ya, dengan membuat pengharum kamar mandi sendiri, kamu pun bisa menghemat pengeluaran. Apalagi, cara membuat pengharum kamar mandi alami terbilang mudah. Bahan-bahannya pun dapat ditemukan di sekitar.

Apa saja pengharum kamar mandi alami? Dan bagaimana cara membuatnya?

Simak rekomendasi Popmama.com berikut, ya.

1. Kopi

1. Kopi
Freepik/Freepik

Selama ini, kopi lebih familier sebagai minuman. Bahkan, beberapa orang memiliki kebiasan minum kopi di pagi hari sebelum memulai aktivitas. 

Ternyata, kopi juga dapat digunakan sebagai pengharum kamar mandi lho. Dilansir Taste of Home, kopi dapat menyegarkan udara. Sehingga, ruangan lebih terasa lega dan berbau wangi.

Bahkan, beberapa merek pengharum kamar mandi menggunakan kopi sebagai bahan dasar.

Cara membuat pengharum kamar mandi dari kopi sangat mudah, yakni dengan meletakkan mangkuk berisi bubuk kopi. Letakkan mangkuk di dalam kamar mandi.

Pastikan tempatnya cukup strategis, misalnya di dekat ventilasi sehingga cepat menyebar ke seluruh ruangan.

2. Soda kue

2. Soda kue
Freepik/Freepik

Soda kue (baking soda) bisa dibilang bahan yang serbaguna. Bukan hanya sebagai bahan pengembang kue, soda kue bisa digunakan untuk membersihkan wastafel mampet dan lantai rumah. Bahkan, soda kue adalah bahan pemutih gigi.

Selain manfaat-manfaat tersebut, soda kue juga termasuk pengharum kamar mandi terbaik. Meski tidak wangi, soda kue bisa menyerap bau tidak sedap. Sehingga, kamar mandi terasa lebih segar dan bebas bau tak sedap.

Cara membuat pengharum kamar mandi:

  • Campurkan 1 sdm soda kue dan air.
  • Masukkan ke botol semprotan.
  • Lalu semprotkan cairan ke seluruh ruangan kamar mandi.

3. Tanaman herbal

3. Tanaman herbal
Freepik/Valeria_aksakova

Selain menaruh kopi, kamu juga bisa menaruh tanaman pengharum kamar mandi. Opsi ini terbilang lebih mudah. Namun, kamu harus menjaga tanaman tersebut agar tetap segar.

Perlu diingat, tidak semua tanaman bisa ditaruh di dalam kamar mandi. Pilih tanaman yang wangi dan tidak disukai oleh serangga, seperti lavender, mint, rosemary, atau melati.

Letakkan kumpulan bunga-bunga tersebut ke dalam botol kaca yang sudah diberi air. Jangan lupa ganti air dalam botol secara rutin.

Jadi, selain menghilangkan bau tak sedap, tikus dan kecoak pun tidak mau mendekat ke kamar mandi.

Editors' Picks

4. Cuka

4. Cuka
Freepik/Mdjaff

Cuka adalah cairan asam yang bisa digunakan sebagai pengharum kamar mandi alami. Cara membuatnya gampang, yakni dengan menempatkan cuka ke dalam mangkuk atau cangkir. Kemudian, taruh cuka di dalam kamar mandi yang sekiranya sebagai sumber bau tak sedap.

Kandungan asam asetat dalam cuka dapat mendisinfeksi udara. Bahkan, kandungan tersebut membasmi bakteri. Bau tidak sedap pun hilang. 

Akhirnya, kamar mandi makin menyegarkan dan menyehatkan. Kamar mandi tidak menjadi sarang bakteri dan kuman.

5. Minyak esensial

5. Minyak esensial
Freepik/Freepik

Minyak esensial bisa digunakan bersama dengan diffuser. Pengharum ruangan ini bisa diletakkan di kamar mandi.

Dilansir Taste of Home, minyak esensial bahkan bisa menghilangkan aroma tak sedap dari tempat sampah yang ada di kamar mandi. Sehingga, kamar mandi lebih wangi dan segar.

Ada banyak minyak esensial yang bisa kamu pakai, mulai dari wangi lavender, madu, rosemary, pine tree, sampai atsiri.

Caranya, teteskan minyak esensial ke dalam diffuser. Nyalakan dan taruh diffuser di dekat ventilasi. Supaya, aroma wangi bisa menyebar ke kamar mandi.

Selain menyegarkan, wangi minyak esensial dapat digunakan untuk relaksasi. Pasalnya, aroma minyak esensial sangat menenangkan. Kamu dapat mandi sekaligus berlatih meditasi.

6. Tanaman hijau

6. Tanaman hijau
Freepik/Freepik

Satu lagi tananam pengharum kamar mandi adalah tanaman hijau yang biasanya menjadi hiasan di rumah. Namun, kamu perlu memilih tanaman yang secara alami dapat mengurangi polutan dalam ruangan.

Selain itu, tanaman juga dapat memurnikan kembali udara. Sehingga, udara dalam kamar mandiri lebih segar.

Beberapa contoh tanaman hijau yang bisa digunakan adalah pinang dan lidah mertua. Selain dapat memurnikan udara, tanaman-tanaman tersebut dapat mengurangi risiko kesehatan. Makanya, tidak heran bila tanaman ini digunakan di dalam gedung kantor juga.

7. Bunga kering

7. Bunga kering
Freepik/Topntp26

Selain tanaman hidup, bunga kering juga bisa digunakan sebagai pengharum kamar mandi. Kamu bisa membuat bunga rampai yang berisi bunga kering, rempah-rempah kering, dan minyak esensial. Kemudian, taruh bunga rampai di kamar mandi.

Pastikan peletakan bunga rampai di dekat ventilasi agar aroma wanginya menyebar ke seluruh ruangan. Dengan bunga rampai ini, kamar mandi juga tampak lebih indah.

8. Potpourri

8. Potpourri
Freepik/Jcomp

Apakah kamu pernah mendengar potpourri? Pengharum kamar mandi alami ini cukup sering digunakan oleh para juru masak lho. Pasalnya, potpourri bisa mengusir bau menyengat seperti bau amis ikan dan bau bawang putih. 

Potpourri adalah hiasan yang terbuat dari campuran tanaman beraroma yang dikeringkan. Aroma wangi dari banyak tanaman kering dapat menjadi antiseptik. Fungsinya adalah memurnikan udara sehingga makin segar.

Itulah 8 pengharum kamar mandi berbahan alami.

Meski beberapa pengharum tidak mengeluarkan aroma wangi, tapi manfaatnya adalah menghilangkan polutan. Supaya, udara kembali segar dan bersih.

Selamat mencoba!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk