Cara Ampuh Menghilangkan Kerak Hitam Membandel di Dasar Wajan

Kesal dengan kerak hitam yang membandel di wajan? Lakukan Cara Ini, Ma!

27 Februari 2020

Cara Ampuh Menghilangkan Kerak Hitam Membandel Dasar Wajan
stayathomemum.com

Tak hanya dilakukan sebagai hobi, memasak bagi Mama adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan keluarga agar dapat mengontrol asupan makanan seluruh anggota keluarga Mama. Namun, ada satu masalah dalam memasak yang selalu Mama hadapi, yakni timbulnya kerak hitam pada wajan.

Wajan kesayangan Mama karena terlalu sering dipakai kini berubah menghitam. Noda atau kerak hitam yang menempel pada panci disebut sebagai jelaga, Ma.

Jelaga muncul karena saat memasak, Mama menyalakan api terlalu besar atau menyalakannya dengan suhu api yang tidak sesuai, sehingga membuat wajan menjadi cepat gosong.

Semakin lama jelaga dibiarkan maka akan semakin bertumpuk, mengerak, dan menjadi sangat sulit dihilangkan, serta membuat tampilan wajan favorit Mama jadi tak menarik. 

Eits! Siapa bilang membersihkan jelaga sesulit yang Mama lakukan. Mama hanya saja belum menemukan racikan yang pas untuk menghilangkan kerak hitam pekat di wajan.

Agar kerak hitam yang membandel di wajan kesayangan Mama menghilang, tiru cara yang Popmama.comrangkum berikut ini: 

1. Menggunakan cuka

1. Menggunakan cuka
abnews.com

Cuka memiliki kandungan asam asetat yang terbukti ampuh untuk mengangkat kerak hitam yang ada di dasar wajan.

Cara membersihkan wajan menggunggakan cuka pun cukup mudah. Mama hanya perlu menyiram cuka ke dasar wajan yang berkerak, kemudian mendiamkannya selama beberapa menit.

Kemudian, kandungan asam asetat yang sudah disiramkan ke wajan akan mulai bekerja. Setelah asam asetat bekerja dengan sempurna, itu akan memudahkan Mama nantinya saat menggosok dasar wajan yang terdapat jelaga.

Setelah itu, barulah Mama bisa dengan mudah mencucinya dengan sabun pencuci piring seperti biasa hingga bersih.

2. Menggunakan baking soda dan air

2. Menggunakan baking soda air
sheknows.com

Baking soda merupakan salah satu produk yang paling sering dipakai untuk membersihkan noda membandel. Perlu Mama ketahui, ternyata baking soda juga bisa digunakan untuk membersihkan permukaan wajan hitam yang membandel.

Caranya, Mama hanya perlu mencampur baking soda dengan air, kemudian oleskan ke bagian wajan terkena kerak hitam.

Diamkan olesan baking soda tadi sampai beberapa jam hingga hasilnya maksimal. Setelah itu, kamu bisa mencuci wajan tadi dengan menggunakan sabun cuci piring favorit Mama hingga bersih.

3. Menggunakan abu gosok

3. Menggunakan abu gosok
pexels/freestock.org

Cara membersihkan wajan dengan menggunakan abu gosok merupakan cara yang paling tradisional yang bisa Mama lakukan.

Caranya, campurkan abu gosok dengan air hingga membentuk sebuah adonan. Kemudian, abu gosok yang sudah membentuk adonan, Mama gosok-gosokkan ke wajan yang berkerak hitam dan bilas dengan air bersih. Ulang beberapa sesuai kebutuhan.

Editors' Picks

4. Menggunakan jeruk nipis

4. Menggunakan jeruk nipis
pixabay/congerdesign

Selain untuk dikonsumsi, ternyata jeruk nipis juga berkhasiat untuk membantu Mama membersihkan kerak hitam di wajan.

Pertama-tama, didihkan air dan letakkan di sebuah baskom yang sekiranya cukup untuk menampung wajan. Setelah itu, siapkan campuran sabun cuci piring dan jeruk nipis, aduk hingga rata.

Rendam wajan berkerak hitam Mama selama beberapa jam atau kalau keraknya sangat parah diamkan hingga semalaman.

Setelah semalaman direndam, keesokan paginya pasti Mama akan lebih mudah mencuci wajan tersebut.

5. Membekukan wajan yang gosong

5. Membekukan wajan gosong
twenty20.com

Ini mungkin salah satu cara yang belum pernah terpikirkan oleh Mama. Kerak hitam yang membandel di wajan ternyata bisa dibersihkan dengan membekukannya di dalam kulkas,

Jika Mama ingin melakukan dengan cara ini, pertama-tama yang harus Mama lakukan adalah dengan memastikan kulkas Mama berukuran cukup untuk dimasukkan wajan.

Simpan wajan di dalam kulkas hingga beberapa jam sampai kotoran yang membandel bisa terangkat. Setelah itu, Mama bisa dengan mudah mencuci wajan kesayangan seperti biasa.

6. Membuat pasta pembersih sendiri

6. Membuat pasta pembersih sendiri
coolmaterial.com

Jika kerak di dasar wajan Mama sudah terlalu parah dan sangat sulit dibersihkan. Mama nggak perlu khawatir, karena Mama bisa menyiasatinya dengan membuat pasta pembersih wajan sendiri.

Cara membuat pasta sendiri, Mama bisa mencampurkan baking soda dengan air perasan jeruk nipis hingga membentuk seperti pasta.

Oleskan pasta buatan Mama ke dasar wajan yang menghitam, kemudian diamkan selama kurang lebih 10 – 15 menit hingga pasta mengering. Setelah itu, isi air di dalam wajan yang sudah dioleskan pasta  tadi. Panaskan wajan yang sudah di isi air selama 10 – 15 menit.

Saat memanaskan air, Mama disarankan untuk mengaduk di bagian dasarnya menggunakan spatula dan jangan terlalu kencang agar tidak merusak wajan.

Setelah dipanaskan 10 – 15 menit matikan kompor. Biarkan wajan selama seharian atau semalam penuh, agar keesokan paginya wajan lebih mudah dibersihkan.

7. Menggunakan minyak sayur

7. Menggunakan minyak sayur
sciencenews.com

Setelah melakukan semua cara di atas agar kerak hitam membandel menghilang. Oleskan wajan dengan minyak sayur tipis-tipis atau masukkan minyak sayur ke dalam sebuah wadah dan semprotkan minyak sayur ke wajan.

Dengan mengoleskan atau menyemprotkan minyak sayur tadi, wajan favorit Mama akan lebih mengkilat dan nampak seperti baru serta dapat mencegah kerak hitam nempel kembali.

Yes, nggak usah beli wajan baru deh!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.