Perhatikan! Ini Tempat Paling Kotor yang Ada di Rumah

Tanpa kamu sadari, ini 5 tempat paling kotor di rumahmu yang harus kamu perhatikan kebersihannya

4 April 2021

Perhatikan Ini Tempat Paling Kotor Ada Rumah
Pixabay/Darkmoon1968

Bagi kamu pasti sangat mudah untuk melihat spot-spot kotor yang secara jelas terlihat di rumahmu.

Misalnya, seperti kotoran yang berasal dari makanan saat kamu membuat makanan di dapur, buih sabun di kamar mandi, atau tumpukan cucian kotor.

Berbeda dengan kotoran yang terlihat, bagaimana dengan titik-titik kotor yang mungkin selama ini tidak terlihat sangat kotor tetapi sebenarnya yang bisa memengaruhi kesehatan keluarga kamu?

Lalu, dimana saja kah tempat yang tidak terlihat kotor namun sebenarnya bisa berdampak pada kesehatan keluargamu dan bagaimana cara menghilangkannya?

Simak informasi dari Popmama.com, yuk, Ma.

1. Dapur adalah tempat paling kotor di rumah

1. Dapur adalah tempat paling kotor rumah
goodhousekeeping.com

Seperti yang sudah dibicarakan sebelumnya, dapur memang menjadi salah satu tempat bersarangnya kotoran yang paling mudah ditemukan.

Hal itu dikarenakan dapur adalah tempat paling sibuk yang paling sering digunakan terutama oleh Mama dan juga tempat yang paling kotor di rumah.

Tak hanya itu, dapur juga menjadi tempat bersarangnya bakteri yang didukung oleh suhu yang panas, lembab ditambah banyak bakteri yang datang dari makanan seperti daging mentah serta buah dan sayuran yang tidak dicuci.

Oleh karena itu, umumnya dapur menjadi tempat yang paling kotor dan dipenuhi dengan bakteri berbahaya seperti E. Coli.

Area dapur yang harus kamu perhatikan kebersihannya adalah:

  • Tempat cuci piring
  • Kompor dan peralatan masak lainnya
  • Kulkas
  • Meja makan

Oleh sebab itu, kamu harus memerhatikan dan menjaga kebersihan dapur di rumah ya.

Karena dapur yang kotor bisa mengganggu kesehatan keluargamu.

Editors' Picks

2. Kamar mandi kerap terabaikan kebersihannya

2. Kamar mandi kerap terabaikan kebersihannya
Pixabay/Mattv10

Perlu kamu ketahui bahwa beberapganna bakteri akan tetap hidup di kamar mandi setelah setiap kali kamar mandi digunakan.

Untuk memastikan bahwa semua jenis bakteri dikendalikan bahkan yang tetap hidup sekalipun, sebaiknya kamu lebih memberikan perhatian khusus pada sakelar lampu, gagang pintu dan bak mandi.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kamar mandi tetap bersih adalah selalu menyimpan cairan pembersih kuman yang berguna untuk membersihkan kamar mandi dengan mudah setiap harinya.

Selain itu, handuk dan keset kamar mandi juga harus sering dicuci ya, setidaknya setiap seminggu sekali.

Cara mencucinya pun tidak boleh asal cuci saja, kamu harus mencucinya dengan air hangat lalu handuk dan keset harus dibiarkan kering sepenuhnya.

Tak hanya harus sering mencuci handuk mandi, kamu juga harus sering mengganti dan mencuci handuk beberapa kali setiap minggunya.

Wastafel yang ada di kamar mandi juga harus kamu bersihkan setiap hari dengan cairan pembasmi kuman, dan tempat sikat dan cangkir untuk menaruh sikat gigi yang sering kamu gunakan juga harus dibersihkan setiap minggunya.

Saat kamu membersihkan bak mandi, pintu shower, dan toilet, sebaiknya kamu tak lupa untuk luangkan waktu untuk menyeka permukaan datar seperti dinding dekat toilet dengan produk pembersih kuman.

Setelah melakukan cara di atas, dijamin toiletmu bersih dan terhindar dari kuman.

3. Ruang tamu? Coba cek apakah bebas dari debu

3. Ruang tamu Coba cek apakah bebas dari debu
Pexels/Skitterphoto

Entah itu ruang tamu atau ruang bermain Si Kecil, di mana pun keluarga berkumpul akan ada kotoran dan bakteri yang bersembunyi.

Coba kamu pikirkan berapa banyak orang yang ada di ruang ramu dan berapa banyak barang yang akan mereka sentuh?

Lalu, apakah mereka selalu memiliki tangan yang bersih saat menyentuh semua barang yang ada di area ruang tamu rumahmu?

Untuk mencegah penularan kuman dan bakteri, kamu haru membersihkan semua perabotan rumah dan alat elektronik yang ada di ruang tamu dengan cairan pembersih kuman yang aman untuk peralatan elektronik.

Jika ada seseorang yang sedang terkena flu atau virus dan memegang perabotan yang ada di rumahmu, maka agar mencegah terjadinya penularan virus flu kamu harus membersihkan setiap benda yang mereka gunakan.

Jangan lupa juga untuk membersihkan lampu, pegagangan pintu, dan benda lainnya yang sering digunakan banyak orang di rumah ya.

Tempat lain selain alat elektronik, yang jadi tempat berkembang biaknya kuman dan bakteri adalah kain pelapis furnitur seperti kain di sofa dan sarung bantal.

Umumnya, kain sofa dan sarung bantal menjadi tempat bersarangnya bakteri dan kuman, seperti bulu peliharaan yang menempel.

Untuk menjaga kebersihannya kamu harus menmbersihkannya seminggu sekali menggunakan vacuum cleaner guna mengangkat kotoran yang kecil sekali pun.

4. Kamar tidur juga harus diperhatikan kebersihannya

4. Kamar tidur juga harus diperhatikan kebersihannya
Pixabay/Manbob86

Suasana indah, tenang, serta nyaman di kamar tidur kamu, ternyata kebersihannya nggak sepenuhnya terjamin, lho.

Ternyata selain dapur, kamar mandi dan ruang tamu, tempat favorit yakni kamar tidurmu juga bisa menjadi sarang jamur, bakteri, dan ribuan tungau dan serangga. Duh!

Sebagian besar bahaya banyaknya kuman dan bakteri sebenarnya ada di tempat tidur kamu.

Karena biasanya kamu terlalu banyak menghabiskan waktu di kamar tidur, nggak heran tempat tidur favoritmu nggak hanya kamu jadikan untuk tidur, tapi juga kamu jadikan untuk melakukan berbagai aktivitas, misalnya bekerja di atas tempat tidur, makan di tempat tidur dan aktivitas lainnya.

Kalau kamu sering melakukan berbagai aktivitas di atas tempat tidur, maka kamu harus sering mengganti dan mencuci seprai, selimut bantal dan lain-lain.

Karena jika tidak, selimut dan seprai yang tidak sering dicuci dapat menahan kotoran yang dapat menyebabkan:

  • Iritasi kulit, eksim, dan jerawat
  • Infeksi jamur dan bakteri
  • Alergi dan masalah pernapasan

Untuk mencegah gangguan kesehatan seperti di atas, maka kamu harus sering mengganti seprai dan selimut setiap seminggu sekali dan dicuci dengan benar.

Hal itu sejalan dengan penelitian yang menunjukkan bahwa setelah satu minggu, seprai akan lebih banyak jumlah bakterinya dibandingkan dengan bakteri yang ada di gagang pintu kamar mandi.

5. Tempat kotor yang tak terlihat

5. Tempat kotor tak terlihat
Pixabay/Stevepb

Karena terlalu sibuk bekerja sekaligus mengurus rumah, kamu jadi melewatkan beberapa tempat atau barang yang nggak kamu sadari berpeluang menjadi tempat bersarangnya bakteri dan kuman.

Ini dia barang-barang di rumah yang menjadi sarang bakteri dan kuman namun jarang kamu bersihkan:

  • Mainan Hewan Peliharaan dan Mangkuk Makan

Hewan peliharaan kamu tentu layak mendapatkan makanan bersih dan mangkuk makanan yang bersih pula.

Tak hanya mangkuk untuk kamu dan keluarga, mangkuk makanan peliharaanmu juga harus dicuci setiap hari, dan harus dibilas dengan baik hingga dikeringkan dengan baik untuk mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya.

Tak hanya mangkuk makanan hewan, mainan hewan peliharaan kamu juga menyimpan bakteri, ragi, dan jamur.

Kamu juga harus mencuci mainan hewan peliharaanmu dengan sabun atau dengan cairan pembersih kuman setidaknya setiap satu minggu sekali.

  • Kunci, uang, dan dompet

Kunci, uang dan dompet adalah barang yang tidak kamu sadari adalah barang yang menjadi sarang berkumpulnya bakteri dan kuman.

Oleh karenanya, kamu harus meluangkan waktu untuk membersihkan kunci dan dompet kamu ya

  • Tas

Mengingat tas adalah salah satu barang yang paling sering kamu pakai, kamu bisa bayangkan darimana saja bakteri dan kuman yang menempel dan bersarang di tas kamu?

Oleh karenanya, kamu juga harus memerhartikan kebersihan tas kamu ya setidaknya dicuci paling tidak 2 minggu sekali ya.

Bacajuga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.