5 Perlengkapan untuk Membuat Playground Anak di Rumah

Lapisi lantai dengan matras agar melindungi anak saat jatuh

2 Januari 2020

5 Perlengkapan Membuat Playground Anak Rumah
Alibaba.com

Memiliki anak balita yang aktif itu artinya ia senang bergerak, belajar dan bermain.

Sementara bermain dan bersenang-senang adalah salah satu kebutuhan primer di masa kanak-kanak.

Agar suasana bermainnya mendukung perkembangan sang anak, maka perlu dibangun sebuah playground yang nyaman dan menyenangkan di dalam rumah.

Dilansir dari Diyn Crafts.com, anak-anak pasti suka pergi ke taman dan menghabiskan beberapa jam untuk bermain. Mungkin menciptakan area bermain outdoor di rumah tentu akan menghibur mereka.

Untuk mewujudkannya, inilah 5 perlengkapan saat membangun playground di rumah. Berikut informasi selengkapnya dari Popmama.com :

1. Matras untuk melindungi anak ketika jatuh

1. Matras melindungi anak ketika jatuh
Amazon.com

Sebelum memiliki semua jenis mainan untuk playground anak di rumah, sebaiknya sediakan matras untuk menutupi lantainya.

Kids Health.org mengatakan, bahwa mainan adalah bagian penting dan menyenangkan dari perkembangan setiap anak. Tetapi mereka juga bisa membawa risiko. Jadi penting bagi orangtua untuk memenuhi standar keamanan saat ini.

Matras merupakan salah satu perlengkapan yang harus ada di lantai. Kehadirannya berguna untuk melindungi si Kecil ketika jatuh dan juga bisa sebagai alas duduk saat ia bermain di lantai.

Namun pilihlah matras yang memiliki ketebalan aman dan fleksibilitas sesuai untuk kebutuhan anak-anak yang mudah dibersihkan. Jadi, jika matras terkena air tidak akan rusak dan bisa langsung dibersihkan.

Editors' Picks

2. Ayunan melatih koordinasi tubuh serta pikiran anak

2. Ayunan melatih koordinasi tubuh serta pikiran anak
Freepik/pressfoto

Area permainan anak biasanya menyediakan berbagai sarana, salah satunya ayunan.

Dikutip dari Kenarry.com, merencanakan sebuah playground maka akan membuat imajinasi dan hal yang menyenangkan untuk anak.

Ya, manfaat bermain ayunan yakni dapat meningkatkan kemampuan motorik dan melatih koordinasi tubuh serta pikiran anak.

Namun sebaiknya letakkan ayunan yang aman lengkap dengan safety belt dan tidak terlalu tinggi. Ayunan bahan plastik terbilang aman dan sangat cocok untuk anak balita.

3. Perosotan membuat anak senang dengan meluncur

3. Perosotan membuat anak senang meluncur
Pixabay/Schmid-Reportagen

Perlengkapan satu ini bisa dibilang mainan wajib di playground yang akan dibuat di rumah.

Elc.co.uk menyarankan, untuk membuat playground tentu tidak lupa dengan koleksi yang penuh warna. Di mana anak kecil dapat berayun dan meluncur di perosotan yang begitu menyenangkan.

Apalagi saat ini perosotan sudah memiliki macam-macam bentuk, jenis dan materialnya. Ada pula perosotan yang memang didesain khusus di dalam rumah.

Tapi sebaiknya jangan memilih yang ukurannya terlalu besar dan tinggi. Belilah yang cocok untuk anak balita dengan warna cerah.

4. Pasir kinetik paling digemari anak-anak

4. Pasir kinetik paling digemari anak-anak
Pixabay/congerdesign

Pasir kinetik merupakan salah satu permainan yang cukup digemari anak-anak. Mereka bisa berkreasi dan berimajinasi membentuk apa saja dari pasir itu.

Maka saat menciptakan playground di rumah, jangan lupa menyediakan sedikit tempat khusus untuk anak bermain pasir kinetik.

Apalagi kini pasir mainan sudah banyak dijual di pasaran. Tapi jika ingin membuatnya sendiri bersama anak juga bisa.

Toy Box Advisor.com menjelaskan, bahwa pasir adalah fitur pokok dari mainan penting di masa kanak-kanak. Tapi jika menggunakannya di luar rumah maka tempatkanlah di area yang terlindungi untuk mencegah angin meniupnya.

5. Rumah-rumahan membantu imajinasi dan kreativitas anak

5. Rumah-rumahan membantu imajinasi kreativitas anak
bigw.com.au

Meski terkesan hanya bermain, konsep playground dengan kehadiran mini house berbahan dasar plastik sangat penting pada perkembangan anak.

Di area itulah akan terpancar ekspresi bahagia si Kecil saat berada di dalam dunia fantasi. Ia tampak begitu menikmati waktunya bermain rumah-rumahan.

Lifestyle.How Stuff Works.com mengungkapkan, bahwa mainan yang tepat dapat membantu imajinasi serta kreativitas anak tumbuh dan berkembang. Di halaman rumahlah tempat yang cocok untuk anak bermain.

Jadi jangan ragu melengkapi playground dengan rumah-rumahan khusus anak-anak, ya. Itulah kelima perlengkapan saat menciptakan playground di rumah. Sebaiknya memilih warna yang memberi kesan nyaman, ceria dan semangat.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.