6 Jenis Gelas yang Bisa Kamu Gunakan untuk Ngopi di Rumah

Bukan hanya mengkreasikan resep kopinya saja, jenis gelas yang dipakai juga tingkatkan kenikmatan

12 Februari 2019

6 Jenis Gelas Bisa Kamu Gunakan Ngopi Rumah
Unplash/Nathan Dumlao

Kopi adalah salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi banyak orang, termasuk kamu bukan?

Nah, bagi pencinta kopi pasti tahu kalau meminum kopi atau teh dari gelas kertas atau plastik bukanlah cara terbaik. Kedua jenis gelas tersebut bisa menyebabkan racun meresap ke dalam minuman dan memengaruhi rasanya. 

Membahas tentang kopi atau teh, tentunya kamu punya gelas favorit untuk menyeduh kopi kesukaanmu.

Di antara sekian banyak jenis gelas, berikut ini ada 6 pilihan gelas yang cocok untuk menyeduh kopi atau teh. Langsung saja simak ulasannya dari Popmama.com yuk!

1. Cangkir keramik dengan piring kecilnya

1. Cangkir keramik piring kecilnya
Freepik/chevanon

Jenis gelas teh yang satu ini pasti ada di rumahmu. Ya, cangkir berbahan dasar keramik dan memiliki piring kecilnya tentu sangat pas untuk menemani waktu santai kamu.

Cangkir ini memiliki pegangan di satu sisi dan ukurannya pun sedang. Sementara piringnya berfungsi untuk meletakkan sendok atau biskuit favoritmu.

Kamu yang sering tea time pasti sering memakai cangkir yang berpenampilan oriental tersebut.

Tak jarang, cangkir dengan permukaan yang dihias dengan aneka motif atau polos ini adalah wadah paling pas untuk menikmati kopi atau teh, sebab cita rasa kopi tetap terjaga dan juga tampilan cangkirnya lebih elegan.

2. Cangkir kaca

2. Cangkir kaca
Pexels/Burst

Kamu suka minum kopi atau teh di kala kepalamu sedang penat? Nah, dari semua jenis gelas, pasti kamu pernah meminum kopi atau teh dari irish coffee glass.

Cangkir yang terbuat dari kaca tersebut sangat cocok untuk menyajikan special hot coffee drink.

Tapi tahukah kamu? Gelas jenis ini terbilang aman, lho. Sebab material kaca tidak mengandung bahan kimia organik dan di sisi lain juga permukaannya halus sehingga mudah untuk dibersihkan.

Bahkan menyeduh kopi atau teh panas pun rasa aslinya tidak berubah.

Meski demikian, penggunaannya harus hati-hati ya. Pasalnya cangkir kaca ini mudah pecah apabila sering terkena tekanan suhu tinggi, entah itu dingin atau panas.

3. Gelas enamel

3. Gelas enamel
Freepik

Coba cek, apakah di rumahmu masih ada gelas enamel?

Kalau ada, kamu pun bisa menyeduh kopi kesukaanmu dengan gelas enamel.

Ya, jenis gelas yang satu ini akan terlihat lebih vintage dan retro saat digunakan.

Hal tersebut menunjukkan bahwa kamu memiliki taste yang menarik.

Jadi, jangan ragu untuk coffee time dengan memakai gelas enamel sambil duduk manja di teras rumah.

Sebab penyajian kopi bukan hanya pada cita rasa kopi itu sendiri, lho. Tapi bisa juga dinilai dari aksesoris penunjangnya.

Editors' Picks

4. Gelas termos

4. Gelas termos
Freepik

Selanjutnya ada gelas kopi berbahan stainless steel. Jenis gelas yang satu ini mampu menahan panas kopi dengan sempurna, sehingga sangat cocok untuk menjadi bahan tumbler atau termos untuk kamu bawa saat bepergian.

Lapisan khusus di dalam gelas beserta tutup karetnya akan menjaga suhu panas dari minumanmu. Oleh karena itu banyak orang yang menyukai gelas termos agar kopi atau tehnya tetap dalam keadaan panas.

Kelebihannya pun juga mudah dibersihkan dan kuat atau tidak mudah pecah.

5. Mug

5. Mug
Freepik

Tentunya setiap peminum kopi memiliki preferensi yang berbeda ketika memilih jenis gelasnya. Mungkin sebagian orang lebih menyukai mug jika dibandingkan sengan cangkir kopi kecil.

Pasalnya mug cenderung lebih besar ukuran jika dibandingkan dengan cangkir keramik beralas piring kecil, sehingga beberapa peminum kopi memilih gelas ini untuk menyeduh minuman kesukaannya.

Pada umumnya mug terbuat dari porselain atau keramik terbaik yang bisa menahan suhu panas lebih lama.

Bahkan tak sekedar fungsinya sebagai wadah kopi atau teh, mug pun kini diciptakan beraneka ragam dengan aneka bentuk yang lucu dan unik lho. Misalnya saja seperti Kinto Mugtail yang berbentuk aneka binatang dengan pegangan berupa ekor hewan-hewan lucu dan menggemaskan.

6. Self stirring mug

6. Self stirring mug
Souq.com

Selanjutnya ada jenis gelas dengan pengaduk otomatis. Mungkin masih aneh di telingamu ya? Tapi kini khusus untuk kamu yang pencinta kopi, smart glasses merupakan gelas unik yang bisa mengaduk isi minuman secara otomatis.

Di mana gelas ini menggunakan energi 2 buah baterai AA di bagian bawah gelasnya. Lalu kamu tinggal menekan tombol yang ada di gagang gelas, minumanmu pun akan teraduk dengan sendirinya.

Jadi kamu yang sedang super sibuk tapi butuh kopi, nggak perlu ribet lagi harus memakai sendok untuk mengaduk minumanmu. Sekarang kamu bisa andalkan self stirring mug untuk menyeduh kopi instan.

Menikmati segelas kopi atau teh hangat di saat santai menjadi salah satu pilihan yang sangat tepat bukan. Meminum segelas kopi pun juga memberikan manfaat, seperti memberi efek menghilangkan rasa kantuk ketika sedang melakukan aktivitas.

Baca juga: