Jangan Salah! Kenali 5 Jenis Karpet Lantai Rumah Berdasarkan Bahannya

Sesuai dengan tujuan penggunaannya, kamu dapat memilih karpet berdasarkan bahannya

10 Mei 2021

Jangan Salah Kenali 5 Jenis Karpet Lantai Rumah Berdasarkan Bahannya
Freepik/kjpargeter

Lantai merupakan salah satu elemen penting dalam memberikan kenyamanan di sebuah hunian.

Jika membahas mengenai lantai, maka tak luput dari yang namanya karpet. Sementara keberadaan karpet bersifat dekoratif untuk membuat tampilan rumah menjadi lebih indah.

Kini setiap tahunnya selalu bermunculan motif maupun jenis karpet. Untuk mendapatkan karpet yang tepat, penting untuk kamu mengetahui beberapa macam karpet yang ada di pasaran.

Nah, kamu perlu mengenal 5 jenis karpet lantai berdasarkan bahannya yang sudah dirangkum oleh Popmama.com.

1. Karpet katun yang paling simpel

1. Karpet katun paling simpel
Unplash/Trang Nguyen

Bahan katun biasanya dijadikan sebagai bahan dasar pakaian. Namun ternyata katun juga sering digunakan untuk pembuatan karpet.

Material ini memiliki beragam motif. Selain itu bertekstur lembut dan nyaman di kaki, sehingga sangat cocok diletakkan di ruangan mana pun.

Harga karpet katun relatif lebih murah dibanding jenis karpet lainnya. Perawatan untuk jenis karpet berbahan katun terbilang paling mudah dan simpel, yakni bisa dicuci menggunakan mesin cuci atau alat penyedot debu.

Namun karpet katun tidak tahan lama, karena memiliki serat yang lebih sensitif dan mudah menyerap cairan.

Editors' Picks

2. Karpet kulit hewan yang memiliki keunikan tersendiri

2. Karpet kulit hewan memiliki keunikan tersendiri
Pexels/Skitterphoto

Bagi kamu yang ingin memiliki kesan mewah dan punya nilai tinggi, karpet kulit hewan bisa menjadi pilihan yang tepat untuk ditaruh di lantai ruangan rumahmu.

Tapi harganya sangat mahal, karena memang terbuat dari kulit hewan asli dan memiliki nilai keunikan tersendiri dari segi potongannya.

Karpet jenis ini terbuat dari kulit hewan yang dikeringkan dan dibersihkan. Teksturnya sangat lembut, sehingga mampu memberikan rasa hangat.

Namun harus hati-hati dengan karpet kulit hewan, apabila sudah terkena noda tentunya akan sulit dibersihkan. Dalam penataannya, hindari meletakkan karpet kulit di ruangan yang lembap jika tak ingin cepat rusak.

3. Karpet polypropylene yang anti noda dan tahan lama

3. Karpet polypropylene anti noda tahan lama
Freepik/Kjpargeter

Kalau sebelumnya terbuat dari kulit hewan asli, selanjutnya ada karpet bermaterial polypropylene. Jenis karpet ini terkenal sebagai bahan yang paling anti noda, tahan lama dan teksturnya terbilang cukup halus.

Tapi sayang bahan tersebut lebih tipis dari jenis karpet lainnya. Biasanya karpet polypropylene berasal dari serat sintetis dan tersedia dalam pilihan motif maupun warna yang bisa disesuaikan dengan interior rumah atau apartemen.

Namun pada umumnya jenis karpet ini memiliki kualitas yang standar, yaitu cepat menyusut saat terkena suhu panas. Namun kelebihannya lebih cepat kering di saat basah. Mengenai harganya, karpet bahan polypropylene relatif lebih murah.

4. Karpet sisal dari tumbuhan yang sangat kuat

4. Karpet sisal dari tumbuhan sangat kuat
Unplash/Benjamin Child

Karpet yang menggunakan serat natural seperti sisal biasanya untuk diletakkan di luar ruangan, karena akan lebih tangguh terhadap air dan warnanya tidak akan mudah pudar.

Karpet jenis sisal ini berasal dari tumbuhan berdaun kuat, sehingga teksturnya padat dan lebih kasar namun sangat aman digunakan.

Biasanya karpet bermaterial sisal untuk melapisi bagian-bagian yang licin sepertu walking closet di dekat kamar mandi.

Sementara untuk perawatannya tidak perlu menggunakan air, yaitu hanya membersihkannya dengan alat penyedot debu.

5. Karpet wol yang menjadi favorit banyak orang

5. Karpet wol menjadi favorit banyak orang
Freepik

Berbicara mengenai jenis karpet yang banyak dijual di pasaran, karpet wol menjadi karpet paling favorit banyak orang. Karpet wol merupakan material yang dianggap terbaik karena kelembutan dan kehalusannya, sehingga banyak orang menggunakannya untuk di dalam ruang keluarga hingga kamar.

Kehangatan maupun kekhasan warna yang ditawarkan dari karpet wol membuat siapa saja akan terasa nyaman saat duduk di lantai.

Kelebihan karpet jenis ini memiliki daya tahan yang tinggi dan dapat menolak noda, karena kandungan minyak alaminya mampu mencegah kotoran menempel pada benangnya.

Namun jenis karpet bermaterial wol relatif mahal.

Demikianlah beberapa jenis karpet lantai berdasarkan bahannya. Dari sekian banyak jenis karpet yang ada, kamu suka jenis karpet yang mana untuk ruangan rumah?

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.