TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Palem Kuning, Tanaman yang Dianggap Membawa Keberuntungan

Coba tanam ini di rumah yuk, Ma.

11 Maret 2021

Palem Kuning, Tanaman Dianggap Membawa Keberuntungan
Pexels/cottonbro

Memelihara tanaman merupakan kegiatan yang dapat mengusir kejenuhan maupun stress. Banyak orang yang melakukan kegiatan bercocok tanam saat pandemi Covid-19 terjadi akibat tidak diperbolehkannya aktivitas di luar rumah.

Mama juga bisa melakukan kegiatan bercocok tanam untuk mengusir kejenuhan di rumah, Ma.

Ada banyak jenis tanaman yang dapat dipelihara di rumah dan memberikan manfaat. Salah satunya adalah tanaman palem kuning.

Palem kuning disebut juga Areca Palm adalah tumbuhan berjenis pinang-pinangan yang berasal dari Madagaskar. Tumbuhan ini dapat tumbuh hingga 6 meternamun biasanya jika ditanam di rumah hanya akan setinggi 3 meter.

Menurut Fengshui atau ramalan tradisional yang berasal dari Tiongkok, palem kuning merupakan tanaman yang membawa keberuntungan karena kemampuannya menyerap udara kotor disekitar. Selain itu ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari menanam palem kuning.

Berikut Popmama.com telah merangkum informasi terkait palem kuning yang bisa Mama tanam di rumah

1. Cara menanam palem kuning

1. Cara menanam palem kuning
Pexels/karolina-grabowska

Terdapat dua cara menanam palem kuning, yaitu menggunakan bibit atau anakan. Menanam menggunakan bibit tingkat keberhasilannya lebih tinggi dibanding melalui anakan.

Bibit yang digunakan disarankan dari indukan palem kuning yang memang memiliki kualitas baik, Ma.

Untuk media tanam untuk palem kuning adalah dengan campuran pasir dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1.

Editors' Picks

2. Merawat palem kuning

2. Merawat palem kuning
Pexels/polina-zimmerman

Palem kuning membutuhkan perawatan, dengan melakukan penyiraman dan pemupukan. Seperti halnya tanaman lain, palem kuning akan tumbuh sehat jika mendapat air dan nutrisi yang cukup.

Namun, Mama harus memperhatikan bahwa palem kuning tida boleh sering disiram pada musim penghujan karena akar pohon dapat busuk yang menyebabkan pohon mati.

3. Palem kuning membantu mereduksi gas polutan

3. Palem kuning membantu mereduksi gas polutan
pexels/pixabay

Seperti sudah disebutkan bahwa palem kuning membawa keberuntungan. Salah satunya menyerap udara kotor, palem kuning memang memiliki kemampuan mengurangi gas, terutama gas polutan yang bisa berasal dari asap rokok sampai asap kendaraan.

Palem kuning menjadi pembersih udara alami, hal ini yang menyebakan palem kuning banyak ditemukan di gedung-gedung perkantoran.

4. Palem kuning membantu meredam getaran

4. Palem kuning membantu meredam getaran
pexels/mike

Selain memberikan manfaat pada kualitas udara, palem kuning yang berbentuk seperti tiang mampu menerima getaran dari sekitar.

Palem kuning dapat meredam getaran dengan baik, karena getaran yang diterima diteruskan ke daun palem yang berbentuk roset.

Menanam palem kuning bagi rumah yang berada di sekitar jalan raya maupun rel kereta api menjadi pilihan yang tepat, Ma. Karena getaran kendaraan bisa sedikit diredam.

5. Menjadi tanaman dekorasi

5. Menjadi tanaman dekorasi
pexels/rachel-claire

Pohon palem banyak digunakan sebagai bagian dekorasi eksterior maupun interior. Namun, Mama harus memperhatikan sebelum menjadikan pohon palem tanaman dekorasi terutama di dalam rumah, bahwa pohon palem dapat bertahan hanya 14 hari di dalam ruangan ber-AC.

Untuk menjaga agar palem kuning tetap hidup Mama dianjurkan menanam dua pohon palem, dengan melatakan satu di luar rumah dan satu di dalam rumah dan memakainya secara bergantian setiap 7 hari sekali.

Itulah informasi mengenai tanaman palem kuning dan beberapa manfaatnya yang dapat Mama tanam di rumah.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk