8 Tanaman Hias yang Bisa Menjadi Pengharum Ruangan Alami

Tak perlu membeli pengharum ruangan, tanaman hias ini bisa memberikan aroma harum

21 Oktober 2021

8 Tanaman Hias Bisa Menjadi Pengharum Ruangan Alami
Pexels/Daria Shevtsova | Pixabay/Jeanine_S

Memelihara tanaman memang memiliki rasa kesenangan sendiri, terlebih bagi seseorang yang memang suka dengan tanaman. Ada banyak manfaat ketika memelihara tanaman hias di rumah mulai dari memperindah ruangan, memberikan kesegaran, dan dapat meningkatkan konsentrasi karena lebih rileks.

Selain itu, ada beberapa tanaman hias memiliki ciri khas yang aromatik. Jika memelihara tanaman hiasa tertentu di rumah, maka dapat menjadi pengharum ruangan alami yang bisa memberikan kenyamanan bagi keluarga. 

Kira-kira apa saja tanaman hias yang bisa menjadi pengharum ruangan alami? Berikut Popmama.com telah merangkumnya dengan detail.

Disimak yuk, Ma!

1. Lavender

1. Lavender
Freepik/topntp26

Sudah tak asing lagi, tanaman hias yang satu ini memang terkenal dengan aromanya yang cocok dijadikan pengharum ruangan. Tanaman yang bermanfaat sebagai pengusir nyamuk ini juga dapat menghilangkan stres dan membuat pikiran menjadi lebih rileks. 

Aroma yang dikeluarkan oleh lavender bisa berguna bagi orang yang memiliki kesulitan tidur. Tak heran kalau sampai saat ini, ekstrak lavender mulai banyak diolah menjadi berbagai produk aromaterapi. 

2. Geranium

2. Geranium
Pixabay/Hans

Sama seperti lavender, tanaman geranium memiliki aroma yang harum dan bisa menjadi pengusir nyamuk. Tak terkesan monoton, tanaman ini memiliki berbagai macam aroma seperti, lemon, peppermint, cokelat, jeruk, lavender, mawar, bahkan nanas. 

Perlu diingat bahwa aroma yang dikeluarkan bukan dari bunga melainkan dari dedaunannya. Mama disarankan untuk meletakkan tanaman ini di dekat jendela atau ruangan yang memiliki banyak pencahayaan. 

3. Eucalyptus

3. Eucalyptus
Pexels/Daria Shevtsova

Eucalyptus memiliki daun biru keabu-abuan yang dapat mengeluarkan aroma, apalagi saat menggosok bagian daunnya. Sama seperti tanaman jenis lainnya, tanaman ini akan tumbuh subur di tempat terang dan disiram secara teratur.

Maka dari itu, Mama disarankan untuk meletakkann tanaman ini di jendela dengan cahaya matahari. 

Eucalyptus pun terkenal dengan aromanya yang dapat menenangkan, meredakan stres, melegakan pernapasan, bahkan dapat membantu meningkatkan aliran oksigen dalam tubuh.

Editors' Picks

4. Sedap malam

4. Sedap malam
Pixabay/suvajit

Sesuai dengan namanya, tanaman ini akan lebih tercium aromanya pada malam hari. Mama bisa meletakkan di ruang keluarga atau ruang baca untuk menciptakan suasana yang lebih rileks. 

Tanaman sedap yang ada di rumah dapat menciptakan aroma menenangkan, bahkan dapat meningkatkan sirkulasi udara yang lebih sehat. Cobalah letakkan tanaman ini di ruangan yang tidak terlalu banyak sinar matahari

Pastikan lakukan penyiraman setiap dua kali sehari ya, Ma. 

5. Kamboja

5. Kamboja
Pexels/Artem Beliaikin

Plumeria atau bunga kamboja merupakan tanaman tropis dengan kecantikan bunganya dan aromanya yang luar biasa. Tanaman ini memiliki berbagai jenis warna yang berbeda seperti putih, kuning, merah, merah jambu, dan jingga. 

Walau sering terlihat di luar ruangan, namun tanaman ini dapat tumbuh di dalam ruangan dengan perawatan yang tepat. Cobalah tempatkan di dekat jendela yang banyak sinar matahari penuh agar bisa tumbuh subur. 

6. Gardenia

6. Gardenia
Pixabay/oom_endro

Gardenia merupakan jenis tanaman yang paling populer karena banyak digunakan sebagai bahan pembuatan parfum. Dengan aromanya yang kuat dan manis, maka rumah akan tetap harum dalam waktu yang lama.

Gardenia memang agak sulit tumbuh di dalam ruangan karena kelembapan yang tinggi, sehingga membutuhkan cahaya yang cukup banyak. Mama bisa meletakkan di dekat jendela dengan cahaya matahari setidaknya 6 hingga 8 jam per hari. 

7. Hoya

7. Hoya
Pixabay/Chesna

Hoya memiliki lapisan lilin cerah di daun dan bunganya, karakteristik ini yang menyebabkannya dikenal sebagai tanaman lilin. Bunganya yang mengeluarkan aroma harum menjadi salah satu daya tariknya.

Kelompok bunga berbentuk payung ini akan mengeluarkan aroma harum yang semakin kuat di malam hari. Dibutuhkan cahaya matahari dan penyiraman yang rutin agar bunganya cepat mekar. 

8. Melati

8. Melati
Pixabay/Jeanine_S

Jasminum polyanthum merupakan salah satu jenis melati yang memiliki aroma paling harum.

Umumnya, bunga ini akan mengeluarkan aroma manis pada malam hari. Ketika diletakkan di dalam ruangan, maka tanaman ini memerlukan paparan sinar matahari langsung dan memerlukan air yang cukup banyak ketika sedang berbunga. 

Jenis bunga melati lainnya ada Azores Jasmine yang juga mengeluarkan aroma harum mirip dengan Gardenia.

Nah Ma, itulah beberapa tanaman hias yang bisa dijadikan pengharum ruangan alami. Apakah Mama tertarik untuk memeliharanya di rumah? 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.