Bebas Repot! 6 Trik Penting saat Membersihkan Kamar Mandi

Agar sesi membersihkan kamar mandi tidak menghabiskan waktu seharian

11 September 2020

Bebas Repot 6 Trik Penting saat Membersihkan Kamar Mandi
Freepik

Kamar mandi bisa jadi area yang paling sulit dibersihkan karena begitu banyak hal yang harus dibereskan. Untuk menghindari hal itu, Popmama.com punya triknya.

Kebanyakan orang akan menyiapkan banyak waktu saat mengurus kamar mandi. Bagaimana tidak, begitu banyak yang harus dibersihkan. Mulai dari lantai, dinding, toilet, sampai kaca. 

Lalu bagaimana caranya bebas dari rutinitas membereskan kamar mandi yang menghabiskan waktu? Tipsnya adalah, rutin membersihkannya. Tanpa disadari, ini akan membuat sesi cuci kamar mandi lebih ringan dan bebas repot. 

Inilah 5 tips membersihkan kamar mandi yang harus jadi kebiasaan.

1. Rutin bersihkan toilet

1. Rutin bersihkan toilet
Pexels/Karolina Grabowska

Mungkin ini jadi kegiatan yang dihindari. Namun membersihkan toilet secara rutin bisa menghindari kerak dan toilet terlalu kotor.

Kamu bisa membersihkan toilet setiap hari atau 2 hari sekali. Tak perlu menyikatnya, cukup lap dengan kain scrub jika ada bagian kotor, atau siram dengan air jika ada sabun yang menempel. 

Untuk bagian dalam toilet, siram dengan cairan pembersih setidaknya seminggu sekali. Bahkan kamu tak perlu menyikatnya!

2. Selalu bersihkan sisa sabun

2. Selalu bersihkan sisa sabun
Freepik

Saat menggunakan sabun batang, akan ada sisa sabun di tempatnya. Jika lama dibersihkan, maka bisa jadi kerak keras yang sulit dibersihkan. 

Kamu bisa membersihkan sisa sabun secara rutin untuk menghindari sesi bersih-bersih yang melelahkan. Sedangkan untuk sabun cair, biasanya suka ada sisa yang meleleh di sekitar botolnya. 

Segera bersihkan saat ada sabun menetes agar semuanya lebih bersih dan tidak menjadi kerak. 

Editors' Picks

2. Rutin bersihkan area mandi

2. Rutin bersihkan area mandi
Freepik/cherayut000

Saat mandi, ada air sabun yang terciprat ke dinding kamar mandi. Menyiramnya dengan air setelah mandi bisa jadi cara termudah menghindari kerak di dinding. 

Sedangkan untuk menjaga kebersihannya, kamu bisa gunakan sabun pembersih. Ada sabun yang bisa menghilangkan noda ringan hanya dengan menyemprotnya dan mendiamkannya selama beberapa menit. 

Tak perlu disikat, noda ringan bisa hilang dengan sapuan air saja. 

Jika dilakukan secara rutin, kamu tak perlu menyikat dinding dan tembok kamar mandi. Asyik, kan?

4. Rutin mengambil sisa kotoran di saluran air

4. Rutin mengambil sisa kotoran saluran air
aliexpress.com

Rambut yang rontok adalah masalah umum bagi para perempuan. Seringnya, saluran air jadi tersumbat karena banyaknya rambut rontok. 

Jangan malas untuk segera mengambil sisa kotoran di saluran air. Jika tidak, maka air akan tersumbat dan mengambang di area mandi. 

Saat mandi dan airnya mengambang, maka lantai lebih mudah kotor dan licin karena sisa sabun yang menempel. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu membersihkan kotoran yang menyumbat saluran air agar selalu lancar dan tak perlu sering membersihkan lantai kamar mandi. 

5. Rutin mengelap dinding kamar mandi

5. Rutin mengelap dinding kamar mandi
Ask a House Cleaner

Udara kamar mandi yang lembab dan cipratan air saat berkegiatan di depan kaca membuat banyak bercak di permukaannya. Mungkin jarang disadari, namun kaca kamar mandi yang kotor akan butuh waktu lama untuk membersihkannya. 

Tak cukup hanya menggosoknya sekali, biasanya harus dua kali atau lebih. 

Oleh karena itu, pastikan untuk rutin mengelap kaca setidaknya seminggu sekali. Dengan begitu, sisa uap atau cipratan noda bisa lebih mudah hilang dan kamu tak perlu menghabiskan waktu membersihkannya. 

6. Gunakan filter jika air terlihat agak kuning

6. Gunakan filter jika air terlihat agak kuning
Freepik

Tidak semua rumah memiliki kualitas air yang baik. Ada beberapa yang airnya cukup kuning sehingga membuat kamar mandi lebih cepat kotor. 

Air yang kuning atau keruh juga membuat toilet lebih cepat berkerak dan terlihat kotor. 

Agar tidak sering membersihkan kamar mandi karena kondisi air yang keruh, kamu bisa menggunakan filter air. Filter bisa digunakan di setiap keran. 

Namun untuk lebih hemat, kamu bisa memasang filter di mesin air. Dengan begitu, air yang didistribusikan ke seluruh rumah sudah terfilter dengan baik. 

Itulah beberapa cara mudah untuk menjaga kebersihan kamar mandi. Lakukan dengan rutin dan kamu tak perlu sering-sering menyikat kamar mandi. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.