TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Cara Menggunakan Kompor Listrik yang Benar, Anti Korsleting

Ketahui cara menggunakan kompor listrik yang benar yuk, Ma!

28 September 2022

7 Cara Menggunakan Kompor Listrik Benar, Anti Korsleting
Freepik/drobotdean

Kompor listrik kini sudah menjadi peralatan yang banyak digunakan oleh hampir semua rumah tangga. Bentuknya yang modern dan memiliki banyak fitur kelebihan menjadi alasan bagi beberapa orang untuk beralih menggunakan kompor listrik.

Meski kompor listrik lebih mudah dioperasikan dibanding kompor gas, nyatanya tak banyak orang yang memahami dengan benar cara menggunakannya.

Bagi Mama yang sudah memiliki rencana untuk menggunakan kompor listrik dalam waktu dekat, kali ini Popmama.com sudah merangkum beberapa cara menggunakan kompor listrik yang benar secara lebih detail.

Disimak baik-baik ya, Ma!

1. Pastikan daya listrik di rumah cukup untuk kompor listrik

1. Pastikan daya listrik rumah cukup kompor listrik
Popmama.com/Onic Metheany

Sebelum menggunakan kompor listrik, kamu harus pastikan terlebih dahulu apakah daya listrik di rumah cukup atau tidak. Hal ini menjadi penting untuk dilakukan agar sesuatu yang tidak diinginkan dapat dicegah sedini mungkin.

Perlu kamu ketahui, setiap produk kompor listrik membutuhkan daya yang berbeda-beda. Umumnya, kompor listrik membutuhkan daya sekitar 700-2.000 watt. Walau demikian, ada pula kompor listrik yang hanya membutuhkan daya berkisar 200-500 watt.

Bila kamu memiliki daya listrik yang besar di rumah, tentu tidak menjadi masalah saat menggunakan kompor listrik. Namun sebaliknya, jika rumah kamu memiliki daya listrik yang terbatas, tentu kamu harus mematikan beberapa alat elektronik demi memakai kompor listrik.

2. Hidupkan kompor listrik

2. Hidupkan kompor listrik
Pixabay/alondav

Setelah memastikan daya listrik di rumah cukup, langkah berikutnya ialah menghidupkan kompor listrik yang sudah disiapkan.

Cara menghidupkannya sangat mudah, kamu hanya tinggal mencolokkan kabel kompor pada colokan atau stop kontak agar kompor teraliri listrik.

Jika sudah, kamu dapat menekan tombol on/off yang ada pada kompor. Bila tidak ada tombol on/off, kamu tinggal memutar knop yang terdapat pada kompor.

Editors' Picks

3. Pilih mode sesuai jenis hidangan yang dimasak

3. Pilih mode sesuai jenis hidangan dimasak
Pexels/Marcus Aurelius

Salah satu yang membedakan antara kompor gas dengan kompor listrik ialah mode memasak. Umumnya, kompor listrik memiliki berbagai jenis mode memasak yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya.

Misalnya seperti pada saat Mama ingin merebus bisa memanfaatkan mode boil, menggoreng gunakan mode fry, atau menghangatkan manfaatkan mode keep warm.

Supaya hidangan yang sedang dimasak tidak cepat gosong, kamu pun bisa mengatur suhu kompor listrik.

4. Gunakan peralatan masak yang tepat

4. Gunakan peralatan masak tepat
Pexels/Katerina Holmes

Peralatan masak yang ingin dipakai juga wajib untuk diperhatikan. Hal ini menjadi penting karena pada umumnya, kompor listrik memiliki permukaan yang rata. Oleh karena itu, kita nggak bisa sembarangan memilih dan menggunakan peralatan masak.

Saat memasak menggunakan kompor listrik, kamu sebaiknya pilih peralatan masak yang terbuat dari bahan besi dan stainless steel. Peralatan memasak dengan bahan material tersebut bisa menghantarkan panas dengan sangat baik.

Tak hanya itu saja, kamu juga perlu hindari penggunaan peralatan masak yang memiliki tekstur pada bagian alasnya. Hal ini perlu kamu penuhi agar permukaan kompor listrik tidak mudah rusak.

5. Manfaatkan fitur timer

5. Manfaatkan fitur timer
Freepik

Perlu kamu ketahui, kompor listrik yang dinyalakan terlalu lama dapat menyebabkan terjadinya arus pendek atau korsleting dan memicu kebakaran. Jadi, jangan biarkan kompor terlalu lama menyala, ya.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa memanfaatkan fitur pengatur waktu atau timer yang ada pada kompor. Dengan fitur ini, kamu bisa mematikan kompor secara otomatis jika waktu sudah habis.

Kamu sendiri bisa mengatur waktu sesuai yang kebutuhan pada saat memasak.

6. Cabut kabel kompor setelah selesai digunakan

6. Cabut kabel kompor setelah selesai digunakan
Pexels/Markus Spiske

Setelah selesai memasak, jangan lupa untuk mencabut kabel listrik. Hal ini menjadi bagian yang sangat penting untuk kamu lakukan.

Perlu diketahui, panas pada kompor listrik bertahan lebih lama dibandingkan kompor gas. Dengan mencabut kabel dari stop kontak, aliran listrik jadi terputus dan proses pendinginan kompor listrik jadi lebih cepat.

Tak hanya itu saja, mencabut kabel kompor setelah memasak juga memiliki manfaat lain, yaitu dapat mencegah terjadinya korsleting.

Jadi, jangan lupa mencabut kabel kompor, ya!

7. Bersihkan kompor

7. Bersihkan kompor
Freepik/bushalex

Bukan tidak mungkin kotoran bisa menempel pada bagian kompor setelah digunakan untuk memasak. Oleh karena itu, jangan lupa untuk bersihkan kompor secara rutin dan bertahap untuk memastikan tak ada kotoran yang tertinggal.

Cara membersihkannya juga sangat mudah untuk dilakukan. Mama hanya cukup mengelap permukaan kompor dengan lap mikrofiber. Jika diperlukan, kamu dapat menambahkan cairan pembersih minyak saat mengelap bagian kompor.

Itulah informasi yang sudah dirangkum tentang beberapa cara menggunakan kompor listrik yang benar. Kini, dengan adanya informasi ini Mama sudah tak lagi bingung dalam menggunakan kompor listrik.

Semoga informasi kali ini bermanfaat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk