TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Pelihara Guinea Pig, Raisa Ungkap Tips Memelihara Hewan di Rumah

Tips dari Raisa bisa jadi inspirasi tersendiri nih

21 Juni 2022

Pelihara Guinea Pig, Raisa Ungkap Tips Memelihara Hewan Rumah
Instagram.com/raisa6690

Mempunyai hewan peliharaan di rumah memang terbilang menyenangkan. Namun sebelum memelihara, ada baiknya memperhatikan hal-hal yang dianggap perlu untuk diketahui. Inilah yang juga tidak dilewatkan oleh penyanyi Raisa Andriana.

Raisa diketahui memiliki hewan peliharaan baru, yakni guinea pig. Sebelum memutuskan untuk memelihara hewan tersebut, dirinya sudah mempertimbangkan beberapa hal bersama putrinya, lho.

Cerita ini sendiri ia ungkapkan dalam unggahannya InstaStory pada Minggu (19/6/2022). Selain berbagi certa, ia juga memberikan beberapa tips untuk memelihara hewan. Kira-kira seperti apa tipsnya, ya?

Kali ini Popmama.com sudah merangkum cerita serta beberapa tips dari Raisa terkait memelihara hewan di rumah.

Yuk Ma, simak informasinya berikut ini!

1. Satu keluarga harus setuju sebelum pelihara hewan untuk anak

1. Satu keluarga harus setuju sebelum pelihara hewan anak
Instagram.com/raisa6690

Menurut Raisa, sebelum memelihara, satu keluarga harus setuju dengan hewan apa yang akan dipilih.

Hal ini menjadi penting karena menurutnya orang rumah jugalah yang akan merawat hewan tersebut, seperti memberi makan, membersihkan, dan lain sebagainya.

Selain memberikan persetujuan, Raisa juga mengatakan bahwa satu keluarga harus menyukai hewan yang akan dipilih untuk dipelihara di rumah.

Editors' Picks

2. Lakukan riset sebelum memelihara

2. Lakukan riset sebelum memelihara
Instagram.com/raisa6690

Sebelum memutuskan untuk memelihara guiena pig, Raisa bersama putrinya, Zalina Raine Wyllie, sudah lebih dulu menonton video tentang cara merawat hewan. Tidak hanya guiena pig, Raisa dan Zalina juga menonton video tentang hamster, sugar glider, dan chincilla.

Nah, tanpa disadari, ternyata hal yang sudah dilakukan oleh Raisa dan anaknya tersebut termasuk riset lho, Ma.

Raisa menyadari betul bahwa hewan bukanlah mainan untuk anak. Menurutnya, merawat hewan butuh rasa tanggung jawab yang besar. Oleh sebab itu, putrinya harus mengetahui terlebih dahulu tentang hewan sebelum akan memeliharanya.

Dalam unggahan di InstaStory, Raisa juga menyarankan, apabila belum bisa memenuhi kebutuhan dasar dari hewan peliharaan, lebih baik tidak usah memelihara hewan tersebut.

"Please consider, kalau belum bisa memenuhi kebutuhan dasar pet kita mending nggak usah dulu," tulisnya.

3. Pertimbangkan umur hewan peliharaan

3. Pertimbangkan umur hewan peliharaan
Instagram.com/raisa6690

Selain melakukan riset, mempertimbangkan umur hewan menjadi hal penting berikutnya yang perlu diketahui oleh orangtua saat akan memelihara hewan di rumah.

Menurut Raisa, ini menjadi sangat penting sebab kematian hewan peliharaan tercinta bisa menjadi hal yang berat bagi anak-anak.

4. Buat anak jadi semangat

4. Buat anak jadi semangat
Instagram.com/raisa6690

Tips yang satu ini tidak kalah penting untuk dilakukan orangtua. Menurut Raisa, membuat anak tercinta menjadi semangat untuk merawat hewan bisa dilakukan melalui proses pembelajaran yang menyenangkan.

Dalam unggahannya, Raisa menyarankan orangtua untuk belajar bersama anak tentang hewan yang akan dipelihara dan tak hanya sekadar memberitahu atau menyuruh saja.

Tips ini sendiri dilakukan oleh Raisa dengan cara menonton video di YouTube tentang guinea pigs bersama sang Anak. Dengan begitu, saat hewan peliharaan yang diinginkan sudah datang ke rumahnya, anak hanya tinggal mempraktikan ilmu yang sudah dipelajari.

"Kalau aku nonton YouTube video all about guinea pigs pokoknya. Jadi pas pet-nya dateng, dia udah nggak sabar buat praktekin semua ilmunya," tulisnya.

"Dia juga jadi tau kalo beli/adopsi pet itu bukan sesuatu yang impulsif kayak beli mainan, butuh dipikirin dan dipelajarin," lanjut Raisa.

5. Buat tempat tinggal mereka siap huni dan rawat dengan penuh cinta

5. Buat tempat tinggal mereka siap huni rawat penuh cinta
Instagram.com/raisa6690

Tips terakhir ialah membuat tempat tinggal hewan siap huni. Hal ini menjadi penting agar hewan peliharaan tidak merasa stres saat berada di lingkungan barunya. Raisa sendiri membuat rumah untuk guinea pigs miliknya dengan ukuran yang cukup luas.

Tak hanya itu, ia sendiri juga membuat banyak tempat beristirahat dan bersembunyi untuk hewan kesayangannya tersebut.

Selain membuat tempat tinggal siap huni, Raisa juga menyarankan agar merawat hewan dengan penuh cinta. Salah satu cara yang bisa dilakukan ialah memberi makan yang sesuai.

Saat merawat guinea pigs miliknya, Raisa mengaku memberikan makanan kepada hewan kesayangannya dengan pelet, buah dan sayuran segar dengan takaran yang secukupnya.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan oleh Mama sebagai orangtua saat anak ingin memelihara hewan kesayangan di rumah. Semoga tips dari Raisa ini dapat membantu dan bermanfaat ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk