Demi Kesehatan, Alyssa Soebandono Pastikan Peralatan Ibadah Bersih

Alyssa Soebandono mengingatkan saat salat berjamaah, tempat dan peralatan ibadah harus bersih

26 April 2021

Demi Kesehatan, Alyssa Soebandono Pastikan Peralatan Ibadah Bersih
Instagram.com/dude2harlino

Melalui gerakan masjid bersih, Unilever Indonesia dan DMI (Dewan Masjid Indonesia) menargetkan 30.000 masjid tetap higienis dan terjaga di bulan Ramadan tahun ini. Seluruh mesjid sudah mengikuti protokol kesehatan dan dibersihkan secara menyeluruh serta layak dipakai beribadah. 

Mengejar keutamaan ibadah memang penting, tetapi yang tidak kalah penting yakni menjaga keamanan diri sendiri dan keluarga. Alyssa Soebandono pun selalu memastikan keluarganya merasa aman untuk beribadah selama masa pandemi Covid-19 ini.

“Sudah menjadi tugas seorang istri memberikan perlindungan pada anggota keluarga dari bahaya kuman dan virus, termasuk juga menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar," ujar Alyssa Soebandono dalam acara virtual meeting, Jumat (23/4/2021).

Nah, bagi Mama yang ingin tahu bagaimana tips beribadah dengan aman selama pandemi sekaligus cara Alyssa Soebandono menjaga kesehatan keluarga. Kali ini Popmama.com telah merangkumnya dari acara virtual konferensi pers bertajuk "Gerakan Masjid Bersih bersama Unilever Indonesia dan DMI (Dewan Masjid Indonesia)".

Disimak ya, Ma!

1. Alyssa selalu mengingatkan protokol kesehatan saat Dude salat berjamaah di masjid

1. Alyssa selalu mengingatkan protokol kesehatan saat Dude salat berjamaah masjid
Instagram.com/dude2harlino

Kini beribadah di masjid di tengah pandemi Covid-19 sudah lebih aman karena higienitasnya terjaga. Namun, tetap harus dilakukan dengan sejumlah penyesuaian. 

Oleh karena itu, Alyssa Soebandono selalu mengingatkan sang suami, Dude Harlino untuk melakukan lima langkah ketika akan beribadah di masjid bersama orang lain.

Pertama, membawa peralatan salat sendiri seperti sajadah dan sarung, memakai masker dan menyemprotkan spray higienis di area tempat salat termasuk di sejadah.

Mencari shaf paling depan memang utama, namun jangan lupakan tetap menjaga jarak untuk mengurangi penularan virus. Selanjutnya, menggunakan hand sanitizer secara berkala.

Terakhir yang paling utama untuk umat muslim, jangan lupa memohon perlindungan pada Allah dengan mengucapkan doa keluar rumah.

Editors' Picks

2. Jika ingin salat berjamaah di rumah, tempat dan peralatan ibadah harus bersih

2. Jika ingin salat berjamaah rumah, tempat peralatan ibadah harus bersih
Instagram.com/ichasoebandono

Alyssa Soebandono dan Dude Harlino selalu mengajak anak-anak untuk salat berjamaah di rumah. Oleh karenanya, sebagai seorang Mama, Alyssa selalu menekankan kebersihan rumah agar terhindar dari kuman dan penyakit. 

Ia memastikan bahwa rumah sudah bersih dan nyaman dipakai untuk beraktivitas seharian. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, anggota keluarga lebih banyak menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah.

"Saya sebagai seorang istri dan ibu memastikan bahwa rumah itu menjadi tempat ternyaman untuk keluarga," ujar Alyssa.

Selain tempat ibadah, Alyssa juga memastikan kebersihan peralatan salat serta pakaian suami dan anak-anaknya agar tetap bersih. Hal ini agar seluruh anggota keluarganya bisa beribadah dengan nyaman lebih khusyuk. 

3. Alyssa memastikan perlengkapan salat dan pakaian keluarganya selalu bersih

3. Alyssa memastikan perlengkapan salat pakaian keluarga selalu bersih
Instagram.com/ichasoebandono

Untuk menjaga kebersihan pakaian seperti baju koko yang dipakai suami dan anak-anaknya, Alyssa selalu mencuci baju setiap hari. Terutama jika ia dan suaminya diharuskan untuk beraktivitas di luar rumah.

"Jadi memang ketika masuk ke rumah tidak memakai baju yang sudah dipakai di luar. Bajunya langsung dicuci dan bisa dipakai lagi setelah sudah kering," ujar Alyssa.

Sementara untuk perlengkapan ibadah, seperti sejadah dan mukena yang dibawa ke lokasi syuting Alyssa biasa mencucinya setidaknya dua hari sekali serta tak lupa memakai spray higienis.

4. Allysa mengingatkan pentingnya memilih produk pembersih yang halal

4. Allysa mengingatkan penting memilih produk pembersih halal
Instagram.com/ichasoebandono

Di tengah berbagai risiko penyakit selama pandemi Covid-19, ketersediaan produk pembersih sangat penting untuk memberikan perlindungan bagi keluarga saat berada di rumah maupun jika terpaksa ke luar rumah.

Alyssa dan keluarganya memilih menggunakan produk pembersih yang halal. Menurutnya produk pembersih halal bisa memudahkan setiap orang yang masih awam dalam membaca ingredients dan artinya.

Dengan kata lain, adanya logo halal dapat memudahkan umat muslim untuk mengetahui mana produk yang bisa dipakai dan tidak bisa.

"Dengan adanya logo halal dan kita tahu bahwa diproses secara halal. Itu membuat kita lebih tenang. Kita sudah memilih produk yang sesuai dengan yang dianjurkan dalam agama kita," ujar Alyssa.

5. Tips dari Alyssa saat menerapkan protokol kesehatan pada anak-anaknya

5. Tips dari Alyssa saat menerapkan protokol kesehatan anak-anaknya
Instagram.com/ichasoebandono

Alyssa mengungkapkan selama pandemi anak-anaknya banyak beraktivitas di rumah. Jika terpaksa harus keluar rumah, kedua anaknya Rendra dan Malik tak pernah turun dari mobil. Kalaupun memang harus turun dari mobil itupun di tempat terbuka dan hanya beberapa kali saja.

Sebagai seorang Mama, Alyssa punya cara tersendiri untuk mengedukasi anak-anaknya mengenai pentingnya protokol kesehatan di masa pandemi.

Pertama, harus memakai masker. Agar anak-anaknya mau memakainya, Alyssa mencari masker dengan motif-motif yang menarik. Kemudian cuci tangan jangan terburu-buru, minimal 20 detik dan harus sesuai dengan gerakan yang dianjurkan oleh WHO (World Health Organization)

Lalu menyiapkan hand sanitizer di tas anak-anak agar mereka bisa langsung membersihkan tangan ketika tidak sengaja menyentuh benda asing. Terakhir, Alyssa juga mengingatkan kalau habis memegang sesuatu jangan sentuh muka.

"Dengan pemberitahuan secara repetitif, alhamdulillah anak-anak sekarang sudah lebih mengerti. Kita juga jelaskan kondisi pandemi seperti apa," tutup Alyssa.

Nah Ma, itulah beberapa tips dari Alyssa Soebandono mengenai cara beribadah dengan aman selama masa pandemi. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat untuk Mama dan keluarga!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.