Yuk, Ajarkan Anak untuk Menjaga Kebersihan Sesuai Hadis dalam Islam

Kebersihan sebagian dari Iman, Ma

14 September 2020

Yuk, Ajarkan Anak Menjaga Kebersihan Sesuai Hadis dalam Islam
Pexels/Ketut Subiyanto

Mengajarkan kebersihan pada anak merupakan hal yang sangat penting bagi orangtua. Mulai dari kebersihan diri, kebersihan rumah, hingga kebersihan lingkungan sekitar. 

Selain dapat berdampak positif bagi kesehatan, juga mendapatkan pahala. Hal ini karena kebersihan diatur dalam agama Islam. 

Tepatnya, diriwayatkan dalam sebuah hadis dimana kebersihan ialah sebagian dari Iman. Berikut Popmama.com jelaskan hadis mengenai kebersihan beserta amalannya. 

Editors' Picks

1. Hadis tentang kebersihan dalam Islam

1. Hadis tentang kebersihan dalam Islam
Pexels/Abdullah Ghatasheh

Kebersihan telah diatur dalam agama Islam. Hal ini terlihat pada sebuah hadis yang berbunyi:

"Dari Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam: Sesungguhnya Allah SWT itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan, Dia Maha Mulia yang menyukai kemuliaan, Dia Maha Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu." (HR. Tirmizi).

Dijelaskan bahwa Allah SWT sangat mencintai kebersihan. Itulah sebabnya ada kewajiban untuk membersihkan diri dengan berwudhu sebelum menunaikan ibadah salat. 

Mama dapat memberitahukan pada si Kecil untuk menjaga dan mencintai kebersihan. Tidak hanya saat beribadah saja, tetapi dalam kehidupan sehari-hari. 

Misalnya, rajin membersihkan diri dengan mandi atau membersihkan tempat tidur. Mulailah dari hal-hal kecil terlebih dahulu, Ma.

2. Kebersihan ialah sebagian dari Iman

2. Kebersihan ialah sebagian dari Iman
Pexels/Gustavo Fring

Dari hadits Ahmad, Muslim, dan Tarmidzi disebutkan bahwa:

"Bersuci (thaharah) itu setengah daripada iman." (HR. Ahmad, Muslim, dan Tirmidzi)

Jadi, sudah jelas bahwa kebersihan sangat dijunjung tinggi dalam agama Islam. Maka, penting bagi orangtua membiasakan si Kecil untuk menjaga kebersihan. 

Dengan merawat kebersihan diri serta lingkungan sekitar sehingga aktivitas ibadah pun lebih bernilai. Tak hanya untuk menaati perintah dan dicintai Allah SWT, menjaga kebersihan juga mendatangkan manfaat.

Terutama dalam hal kesehatan, Ma. Mama bisa memberitahukan dampak positif dari menjaga kebersihan pada anak.

Misalnya, mandi dapat membersihkan diri dari keringat, kotoran, dan membuat badan terasa lebih segar. Kemudian, menjaga kebersihan kamar tidur, seisi rumah, dan lingkungan sekitar dapat mencegah berbagai penyakit. 

3. Menjaga kebersihan sesuai hadis

3. Menjaga kebersihan sesuai hadis
Pexels/Ketut Subiyanto

Ada beberapa cara yang dapat Mama dan Papa lakukan untuk mengajarkan kebersihan pada anak. Berikut yang telah diterangkan dalam hadis:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Ada 5 macam fitrah, yaitu khitan, mencukur bulu kemaluan, memotong kumis, memotong kuku, dan mencabut bulu ketiak." (HR. Bukhari dan Muslim).

Selain itu, diriwayatkan Abu Hurairah r.a. dia berkata, Rasulullah saw bersabda, "Jika aku tidak menjadikan berat umatku, maka sungguh aku perintahkan bersiwak (menggosok gigi) setiap hendak shalat". (HR Bukhari)

"Bersiwak itu akan membuat mulut bersih dan diridhoi oleh Allah." (HR. An Nasa'i, Ahmad).

Itulah hadis mengenai kebersihan yang dapat orangtua ajarkan pada si Kecil. Yuk, mulai dari hal-hal sederhana terlebih dahulu, Ma. Dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan rumah. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.