Bisa Mengusir Hama, Ini 7 Manfaat Baking Soda untuk Tanaman 

Yuk, ketahui sederet manfaat soda kue untuk tanaman di rumah!

3 Agustus 2021

Bisa Mengusir Hama, Ini 7 Manfaat Baking Soda Tanaman 
Freepik

Selain fungsi utamanya untuk membuat kue, baking soda sering digunakan untuk membersihkan rumah. Bahan ini bisa menjadi alternatif, apabila Mama ingin menghindari produk pembersih yang mengandung bahan kimia berbahaya dan kurang ramah lingkungan. 

Baking soda merupakan pembersih alami yang ampuh menghilangkan noda membandel pada permukaan dinding atau perabotan di rumah. 

Namun, ternyata baking soda punya manfaat lain dalam kegiatan berkebun, lho! Mulai dari menghilangkan hama, menjaga kesegaran bunga, bahkan dapat mengurangi bau dari pupuk kompos.

Nah Ma, penasaran apa saja manfaat baking soda untuk tanaman? Kali ini Popmama.com telah merangkumnya dari berbagai sumber.

Yuk, disimak!

1. Menghilangkan jamur pada tanaman

1. Menghilangkan jamur tanaman
Pexels/Dorothea OLDANI
Ilustrasi Jamur

Baking soda dapat membantu mencegah infeksi jamur pada beberapa jenis tanaman, semak, dan pohon buah-buahan. Caranya, larutkan soda kue bersama sabun dan air bersih kemudian sumprot pada tanaman untuk menghentikan penyebaran jamur.

Namun, karena terbilang produk alami, efeknya mungkin akan lebih lama terlihat. Selain itu, amati reaksi setiap tanaman dengan hati-hati karena penyemprotan yang berlebihan justru akan merusak tanaman tersebut.

2. Membasmi kutu daun yang mengganggu

2. Membasmi kutu daun mengganggu
Pexels/Karolina Grabowska

Kutu daun dapat menganggu pertumbuhan tanaman. Hewan kecil ini suka memakan batang tanaman yang lembut.

Mereka juga mengeluarkan zat lengket manis yang menarik semut dan menyebabkan tumbuhnya jamur hitam. Jamur ini memengaruhi proses fotosintesis, jadi ini semacam penyakit bagi tanaman kita. 

Ketika hal ini terjadi, tunas baru akan menjadi cacat dan tanaman kehilangan kekuatannya. Cara membasminya sama seperti sebelumnya, semprot larutanbaking soda, air bersih, dan sabun pada tanaman.

Perlu diingat untuk tidak menggunakannya secara berlebihan, ya! 

Editors' Picks

3. Mengusir semut yang bisa merusak tanaman

3. Mengusir semut bisa merusak tanaman
Pexels/egor-kamelev

Soda kue yang dicampur dengan air bersih dan sabun dapat membantu mengatasi kutu daun dan jenis jamur tertentu yang merusak tanaman. Selain itu, apabila ditambahkan pupuk mineral lain, seperti campuran Viçosa atau Bordeaux, kita dapat mengusir semut yang mengganggu tanaman

Vicosa adalah adalah campuran air, tembaga sulfat, seng sulfat, magnesium sulfat, asam borat, dan kapur terhidrasi. Sedangkan, Bordeaux adalah campuran air, tembaga sulfat, dan kapur terhidrasi.

Jika melakukan cara ini, semut tidak akan tertarik lagi untuk menyerbu tanaman kita. Hal ini lantaran, mereka tidak dapat menemukan molase atau zat lengket manis yang dihasilkan oleh kutu daun.

4. Membuat rasa buah tomat agar lebih manis

4. Membuat rasa buah tomat agar lebih manis
Pexels/Jess Ho

Taburkan sedikit baking soda di tanah tempat di mana sedang menanam tomat. Soda kue ini akan terserap ke dalam tanah dan menurunkan kadar keasaman buah. 

Dengan begitu, tomat yang akan dipanen nantinya akan terasa lebih manis.

5. Bunga bisa tumbuh mekar dengan indah dan tetap segar

5. Bunga bisa tumbuh mekar indah tetap segar
Freepik/lookstudio

Apabila Mama menanam bunga di kebun, sesekali cobalah siram dengan larutan air dan baking soda.

Tujuannya agar bunga-bunga mekar lebih cepat dan tumbuh memesona. Namun, sedikit saja dan pastikan cairan tidak langsung mengenai tangkai dan kuncup bunga, ya!

Jika bunganya sudah mekar, Mama bisa memotongnya untuk disimpan dalam vas bunga di rumah. Nah, untuk menjaga kesegarannya dalam waktu lama, tambahkan soda kue ke dalam air di vas bunga tersebut.

6. Mengatasi tanaman yang kusam dan hampir layu

6. Mengatasi tanaman kusam hampir layu
Freepik/wirestock

Tanaman yang tampak layu dan kusam ternyata bisa diatasi agar tumbuh lebih baik, lho! 

Caranya, campurkan satu sendok makan bakingsoda, setengah sendok makan amonia jernih, lalu satu sendok teh garam Epsom ke dalam satu galon air.

Aduk hingga seluruh bahan tercampur sempurna, lalu siram setiap tanaman dengan satu liter larutan. Campuran ini akan berfungsi sebagai pupuk yang dapat menyuburkan tanaman.

7. Mengurangi bau dari pupuk kompos

7. Mengurangi bau dari pupuk kompos
Pexels/Lisa Fotios

Pupuk kompos berasal dari sampah organik yang membusuk. Oleh karena itu, terkadang baunya sangat menyengat.

Untuk mengurangi bau yang tidak sedap, Mama bisa menyemprotkan larutan air dan baking soda ke dalam kompos yang akan dijadikan pupuk tanaman. Dengan begitu, bau tak sedap akan berkurang di kebun kita

Nah Ma, itulah beberapa manfaat baking soda untuk tanaman. Semoga kebun di rumah terhindari dari hama yang mengganggu!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.