5 Fungsi Lain Wallpaper Selain untuk Pelapis Dinding

Yuk, dekorasi rumah dengan wallpaper!

30 Mei 2021

5 Fungsi Lain Wallpaper Selain Pelapis Dinding
stuff.co.nz

Selain berfungsi sebagai pelapis dinding, wallpaper juga dapat dimanfaatkan untuk hal lainnya, lho! Terutama jika Mama ingin memberikan sentuhan dekorasi baru di rumah. 

Wallpaper biasanya memiliki motif dan warna-warna yang cerah, sehingga memberikan kesan yang indah pada sebuah ruangan. Mama pun bisa melapisi furnitur atau hiasan rumah dengan wallpaper untuk mengubah tampilannya agar seperti baru. 

Nah Ma, penasaran dengan fungsi lain dari wallpaper dinding? Kali iniPopmama.com telah merangkumnya dari Times of India. 

Disimak ya! 

1. Melapisi kabinet agar tampak seperti baru 

1. Melapisi kabinet agar tampak seperti baru 
Freepik/Navamin

Apakah Mama masih memakai kabinet yang sama selama bertahun-tahun? Hal ini bisa jadi karena furnitur itu masih bagus dan sayang jika harus dibuang, bahkan sekadar diganti dengan yang baru. 

Berilah sentuhan baru dengan menempelkan wallpaper berpola di pintu dan bagian samping kabinet. Pilih pola dan warna yang kontras dengan interior lainnya yang ada di ruangan tersebut. 

Editors' Picks

2. Wallpaper untuk dekorasi anak tangga 

2. Wallpaper dekorasi anak tangga 
morettiinteriordesign.com

Terkadang membosankan saat melihat anak tangga yang warnanya begitu-begitu saja. Inilah waktu yang tepat untuk mengasah kreativitas dan sisi artistik Mama. 

Tempelkan wallpaper berpola pada anak tangga. Namun, jangan memilih motif yang terlalu mencolok karena dapat membuat orang yang melihatnya jadi tidak nyaman saat menaiki tangga. 

3. Melapisi baki plastik yang warnanya mulai pudar 

3. Melapisi baki plastik warna mulai pudar 
Freepik

Jika Mama punya baki plastik yang warna dan gambarnya sudah mulai pudar, namun bentuknya masih bagus dan sayang untuk dibuang. 

Mama hanya perlu memberikan sedikit perbaikan untuk mempercantik kembali baki tersebut. Mama bisa melapisi baki dengan lembaran wallpaper yang tahan air.

Pilihlah motif dan warna yang memang disukai ya, Ma! 

4. Tempelkan di backsplash dapur untuk mengganti suasana 

4. Tempelkan backsplash dapur mengganti suasana 
Pexels/Pixabay

Backsplash merupakan area dinding yang memisahkan antara kabinet di bawah dan kitchen set di atas dalam dapur. Jika Mama bosan melihat dinding backsplash yang sama selama bertahun-tahun, cobalah untuk memberikan sedikit dekorasi. 

Mama bisa menempelkan wallpaper pada backsplash. Pilihlah warna yang sudah disesuaikan dengan konsep dapur. Keuntungannya, Mama bisa mengganti-ganti wallpaper dengan model lain jika sudah bosan. 

5. Dekorasi bagian dalam lemari agar lebih berwarna 

5. Dekorasi bagian dalam lemari agar lebih berwarna 
Pixabay/moritz320

Sebagian besar lemari punya latar belakang putih polos atau warna kayu di bagian dalamnya. Yuk, percantik tampilan lemari baju Mama dengan wallpaper berpola. Selain itu, juga bisa memasang lampu di dalam lemari untuk menambah kesan elegan.

Begitupun dengan lemari yang ada di dapur. Dengan memasang wallpaper lemari akan lebih cerah dan tetap terlihat bersih. Selain itu, Mama tak perlu meletakkan koran bekas sebagai alas bagian dalam lemari 

Nah, itulah beberapa fungsi lain dari wallpaper dinding. Semoga bisa menjadi inspirasi!

Baca Juga

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.