4 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Mencuci Baju Menggunakan Tangan

Mencuci dengan tangan belum tentu bersih, lho Ma!

6 Mei 2021

4 Kesalahan Sering Dilakukan saat Mencuci Baju Menggunakan Tangan
Freepik/wayhomestudio

Setelah mencuci baju dengan mesin cuci, apakah Mama masih sering menemukan noda membandel? Memang ada bebeberapa noda yang sangat menempel pada serat baju, sehingga sulit dihilangkan. Contohnya saja terdapat noda darah, minyak, getah atau tinta. 

Kalau sudah begini, tentunya Mama mungkin akan lebih memilih untuk mencuci dengan tangan saja. Namun bukannya jadi bersih, jika cara mencucinya tidak tepat baju bisa-bisa malah rusak. 

Nah, buat Mama yang ingin tahu apa saja kesalahan saat mencuci baju dengan tangan. Kali ini Popmama.com sudah merangkumnya dari berbagai sumber. 

Disimak ya, Ma! 

1. Memasukkan pakaian dulu, kemudian baru diisi air 

1. Memasukkan pakaian dulu, kemudian baru diisi air 
Freepik

Apakah Mama lebih sering memasukkan pakain kotor duluan baru menuangkan air langsung dari keran?

Padahal, tekanan air yang mengucur langsung dari keran dapat merusak serat kain pada baju. Selain itu, deterjen juga jadi sulit menyatu dengan kain tersebut. 

Sebaiknya Mama menuangkan air dan deterjen terlebih dahulu ke bak. Hal ini akan membuat proses mencuci baju dapat bekerja secara maksimal. Sebab, baju perlahan-lahan akan terbenam dalam campuran air dan deterjen tersebut. Hal ini tentu akan membantu untuk meluruhkan noda yang membandel. 

Editors' Picks

2. Menggosok noda terlalu keras 

2. Menggosok noda terlalu keras 
Freepik/nattha99

Saat mencuci, apakah Mama sering menggosok pakaian dengan cukup keras agar noda yang menempel bisa segera hilang? 

Padahal kebiasaan ini bisa membuat bahan pada baju jadi cepat rusak lho, Ma. Selain itu, ketika terlalu keras bisa membuat warna pakaian menjadi luntur. 

Sebaiknya, Mama perlu menghilangkan noda pada baju secara lembut dengan mengoleskan deterjen cair menggunakan ujung jari. 

Selanjutnya, kucek dengan lembut bajunya dan rendam delama 15 menit. Untuk yang sangat kotor, Mama bisa merendamnya agak lama. 

3. Menggunakan keran untuk membilas 

3. Menggunakan keran membilas 
Freepik/Bilanol

Terutama untuk bahan baju yang halus seperti sutera, satin dan rajut sebaiknya jangan dibilas di bawah air keran atau air mengalir. 

Tekanan air yang keras dapat menyebabkan bahan baju merenggang. Jika Mama ingin membilasnya, cobalah untuk benamkan saja baju tersebut pada air bersih. Setelah itu, bisa diperas seperti biasa.  

4. Memeras baju terlalu keras

4. Memeras baju terlalu keras
Freepik/Racool_studio

Mama tentunya ingin baju cepat kering setelah dijemur di bawah terik matahari. Hal itulah yang terkadang membuat Mama cenderung memeras pakaian dengan keras, sehingga tidak ada air lagi yang menyerap di baju. 

Namun, hal tersebut malah akan membuat kain baju mengkerut bahkan rusak. Oleh karenanya, peras baju dengan sewajarnya saja ya.  

Nah, itulah beberapa kesalahan saat mencuci baju dengan tangan. Semoga bisa menjadi inspirasi dan tidak lagi melakukan kesalahan yang sama!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.