Selain untuk Mencuci Baju, Ini 6 Manfaat Lain dari Deterjen

Deterjen termasuk produk pembersih yang serbaguna lho, Ma!

23 April 2021

Selain Mencuci Baju, Ini 6 Manfaat Lain dari Deterjen
Freepik

Selain berguna untuk mencuci pakaian, deterjen punya banyak manfaat lainnya sebagai pembersih serbaguna. Mama bisa menggunakan deterjen untuk membersihkan berbagai parabotan rumah tangga. 

Penggunaan deterjen ini bisa membantu untuk mengatasi saluran air yang mampet, bahkan digunakan ketika ingin mencuci mobil. 

Nah Ma, penasaran dengan berbagai manfaat deterjen? Dilansir dari Reader's Digest, kali ini Popmama.com sudah merangkumnya. 

Cari tahu kegunaan lagi dari deterjen yuk, Ma! 

1. Membersihkan saluran air yang mampet 

1. Membersihkan saluran air mampet 
Freepik/peoplecreations

Jangan dulu memanggil tukang ledeng, cobalah trik penggunaan deterjen untuk mengatasi saluran air di tempat cuci piring yang mampet.

Caranya, tuang seperempat cangkir deterjen cair ke saluran air. Setelah itu, tuang air mendidih secara perlahan-lahan. Air panas dan deterjen yang licin akan mampu bekerja dalam melancarkan saluran air saat sedang mampet. 

2. Membersihkan dinding kamar mandi 

2. Membersihkan dinding kamar mandi 
Rawpixel

Deterjen juga dapat digunakan untuk membersihkan dinding dan permukaan kamar mandi, lho! 

Caranya, Mama hanya perlu mencampurkan sepertiga cangkir pemutih sekitar 250 ml air, lalu satu sendok teh deterjen bubuk. Ketika sudah dicampur secara merata, cobalah untuk membersihkan dinding kamar mandi yang sudah mulai kotor. 

Editors' Picks

3. Menghilangkan noda di sofa 

3. Menghilangkan noda sofa 
Freepik/Pressfoto

Selain berfungsi untuk membersihkan pakaian, sifat anti noda pada deterjen juga bekerja pada sofa yang berbahan kulit dan karpet. 

Caranya, oleskan deterjen bubuk ke noda. Setelah itu, gosok perlahan-lahan dengan kain lembab untuk membersihkan bagian yang kotor. Tunggu selama lima menit, lalu bilas dan ulangi hingga noda hilang. 

4. Digunakan untuk mencuci mobil

4. Digunakan mencuci mobil
carwash.com

Deterjen bekerja dengan sangat baik untuk mencuci bagian luar mobil yang penuh dengan debu dan kotoran. 

Caranya, Mama hanya perlu menuangkan satu sendok makan deterjen untuk satu ember air. Gunakanlah deterjen dengan kandungan yang ringan, ya! Hal ini perlu diperhatikan agar tidak membuat cat mobil rusak. 

5. Mengepel bagian lantai rumah

5. Mengepel bagian lantai rumah
huffpost.com

Enzim pembersih dalam deterjen bekerja sangat baik untuk menghilangkan kotoran di lantai lho, Ma. 

Caranya, Mama hanya perlu mengisi ember pel dengan air panas. Setelah itu, tambahkan satu sendok teh deterjen ke dalamnya. Mengepel dengan air panas atau hangat diketahui sangat efektif untuk membunuh kuman-kuman di lantai. 

Sebelum mengepel, pastikan untuk memeras air di kain pel sebanyak mungkin. Hal ini dikarenakan jka terlalu basah, maka dapat meninggalkan goresan pada lantai. 

6. Membersihkan rak oven 

6. Membersihkan rak oven 
Freepik

Deterjen juga dapat membersihkan rak oven yang berminyak. Mungkin jarang diketahui, namun penggunaan deterjen mampu membersihkan rak oven agar lebih nyaman ketika digunakan.  

Caranya, Mama perlu meletakkan rak oven di dalam ember besar. Isi dengan air panas sampai rak terendam. Setelah itu, tambahkan tiga perempat cangkir deterjen dan diamkan semalaman. Kemudian, gosok minyak dan kotoran dengan spons atau sikat berbulu lembut. 

Nah Ma, itulah beberapa manfaat lain dari deterjen selain untuk mencuci baju. Ikuti tipsnya ini untuk membuat rumah semakin bersih ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.