6 Tips Menata Ruang Kerja Sesuai Feng Shui agar Produktif saat WFH

Ruang kerja yang ideal dapat membawa kesuksesan dalam karier

23 November 2021

6 Tips Menata Ruang Kerja Sesuai Feng Shui agar Produktif saat WFH
Freepik/tirachardz

Bekerja dari rumah atau work from home (WFH) membuat perubahan yang besar dalam rutinitas sehari-hari. Biasanya pagi hari waktunya berangkat ke kantor, kini Mama bekerja di ruang keluarga sambil mengasuh anak atau membereskan rumah. 

Lama kelamaan kita mulai kehilangan batas yang jelas antara pekerjaan kantor dan urusan rumah tangga. Akhirnya otak kurang terstimulasi dan tidak produktif.

Cara mengatasinya, cobalah membuat ruang kerja yang nyaman dan suasananya kondusif. Terapkan ilmu Feng Shui dalam penataan ruang kerja untuk mendatangkan banyak inspirasi dan membawa kesuksesan dalam karir.

Nah Ma, penasaran seperti apa tips menata meja kerja sesuai Feng Shui? Kali ini Popmama.com telah merangkumnya dari the Spruce.

Disimak ya!

1. Lokasi meja kerja harus jauh dari tempat tidur

1. Lokasi meja kerja harus jauh dari tempat tidur
Freepik/Jcomp

Lokasi meja kerja yang ideal sesuai Feng Shui, yakni harus terletak jauh dari kamar tidur. Kalau memungkinkan, buatlah sebuah ruangan khusus berisi meja, kursi dan lemari untuk menyimpan berkas-berkas yang berkaitan dengan pekerjaan kantor

Apabila tidak ada tempat lagi selain kamar tidur, buatlah sekat pembatas antara kasur dan meja kerja. Pisahkan area tidur dan area kerja dengan lemari atau mungkin rak buku.

2. Pastikan meja kerja tidak membelakangi pintu

2. Pastikan meja kerja tidak membelakangi pintu
Unsplash/Elsa Noblet

Posisikan meja kerja sesuai Feng Shui untuk menarik banyak energi positif dan kesuksesan dalam berkarier. Pertama, posisikan meja kerja agar jauh dari pintu dan jangan biarkan punggung kita membelakangi jalur masuk ke dalam ruangan.

Selain itu, banyak yang mengatakan bahwa sebaiknya kita tidak menghadap ke dinding saat bekerja. Apabila memang terpaksa harus berhadapan dengan dinding karena keterbatasan ruang, maka tempelkan beberapa hiasan dekoratif untuk  membuat "dindingnya" menghilang.  

Editors' Picks

3. Hias ruang kerja dengan dekorasi yang menginspirasi

3. Hias ruang kerja dekorasi menginspirasi
Everypixel.com

Untuk menghidupkan suasana, maka tambahkan beberapa elemen dekorasi yang cocok sebagai hiasan di ruang kerja. Pilihlah beberapa lukisan berisi gambar atau tulisan-tulisan yang menginspirasi kita untuk mencapai kesuksesan, kemakmuran serta produktivitas.

Selain itu, bisa juga memilih warna cat atau pencahayaan yang mampu meningkatkan suasana hati saat bekerja. Mengingat sedang bekerja dari rumah, maka jangan ragu untuk mengekspresikan kreativitas saat mendekorasi ruang kerja

4. Area yang ideal untuk ruang kerja berdasarkan 5 elemen

4. Area ideal ruang kerja berdasarkan 5 elemen
Freepik/tirachardz

Berdasarkan ilmu Feng Shui, ada tiga area penting di rumah yang memiliki energi paling baik. Area ini tentunya cocok untuk dijadikan tempat untuk bekerja, antara lain: 

  • Area Selatan, menyimbolkan ketenaran dan reputasi. Area ini memiliki energi api, jadi berhati-hatilah dengan warna biru, cermin besar, air mancur atau gambar air. Ini dikarenakan semua yang merepresentasikan elemen air dapat mematikan energi api.
  • Area Utara, menggambarkan karier atau jalan hidup. Elemen Feng Shui di area ini adalah air. Pilihlah elemen dekorasi yang berkaitan dengan air. Misalnya Mama bisa memajang lukisan yang menginspirasi dengan warna bingkai hitam atau putih di ruang kerja.
  • Area Tenggara, merepresentasikan kemakmuran dan kekayaan. Elemen di area ini adalah kayu, jadi sebaiknya hindari elemen dekorasi yang berkaitan dengan api dan logam.

5. Pastikan ruang kerja memiliki kualitas udara dan pencahayaan yang baik

5. Pastikan ruang kerja memiliki kualitas udara pencahayaan baik
Freepik/master1305

Pastikan agar ruangan yang dipakai untuk bekerja sudah memiliki kualitas udara dan pencahayaan yang baik. Apabila tubuh kekurangan oksigen dan tidak mendapatkan cahaya alami yang cukup, kita jadi mudah lelah dan tidak fokus.

Letakkan meja kerja dekat dengan jendela agar terpapar sinar matahari. Selain itu, tambahkan beberapa tanaman hias yang fungsinya bisa menyaring racun dan polutan dalam ruangan.

6. Tentukan jadwal untuk bersih-bersih dan merapikan ruangan

6. Tentukan jadwal bersih-bersih merapikan ruangan
Pexels/Kaboompicscom

Buatlah jadwal untuk bersih-bersih dan merapikan ruangan, misalnya di akhir pekan agar tidak mengganggu aktivitas bekerja. Jangan sampai ruangan dibiarkan kotor dan tak terawat karena bisa menarik energi negatif

Ruang kerja yang bersih dan rapi akan membuat kita semakin antusias dan lebih positif dalam menjalani hari.

Nah Ma, itulah beberapa tips Feng Shui ketika menata ruang kerja. Semoga dapat menambah produktivitas saat bekerja dan membawa kesuksesan dalam karier. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.