7 Fakta Kucing Caracal, Dipatok Harga Ratusan Juta

Kucing caracal memiliki fakta unik yang membuatnya berbeda dari kebanyakan jenis kucing lain

19 Mei 2022

7 Fakta Kucing Caracal, Dipatok Harga Ratusan Juta
Pexels/Michael M

Caracal merupakan jenis kucing liar berukuran sedang yang hidup tersebar di Afrika, Asia Barat, dan Asia Selatan. Istilah “caracal” berasal dari bahasa Turki “karakulak”, artinya telinga hitam, di mana makna tersebut menggambarkan kucing ini.

Keunikan dari telinga caracal, yakni fungsinya untuk membantu mereka mencari mangsa. Perlu diketahui bahwa telinga kucing ini mampu dikendalikan oleh 29 fungsi otot berbeda di tubuhnya. Selain itu, caracal juga memiliki fakta lain termasuk yang membedakannya dengan jenis kucing lainnya, lho.

Berikut Popmama.com telah merangkum beberapa fakta kucing caracal yang bernilai ratusan juta. Yuk, disimak sebagai sebuah pengetahuan baru!

1. Pemburu yang handal

1. Pemburu handal
Unsplash/Bernd Dittrich

Kucing caracal merupakan pemburu yang tangguh dari kemampuan telinganya untuk mendeteksi mangsa di sekitarnya dengan berputar ke segala arah. Kaki belakangnya pun kuat, sehingga memungkinkan untuk melompat setinggi 10 kaki dan memanjat pohon.

Bulu kuning kecokelatan pada tubuh caracal memudahkannya untuk berkamuflase. Perlu diketahui bahwa caracal adalah hewan yang termasuk predator oportunistik. Mereka mengejar mangsa yang ditemukannya dalam jarak 5 meter.

2. Berumur relatif panjang

2. Berumur relatif panjang
Unsplash/Joshua J. Cotten

Kucing caracal dewasa berusia sekitar 16 bulan. Di umur ini, mereka biasanya sudah aktif secara seksual dan bisa kawin sepanjang tahun. Selama 2,5 bulan hamil, kucing betina mampu melahirkan 3-6 anak kucing.

Seekor caracal mampu bertahan hidup di alam liar selama 12 tahun dan 17-19 tahun di lingkungan penangkaran. Umur ini cenderung lebih lama daripada kebanyakan jenis kucing lainnya.

Editors' Picks

3. Bisa bertahan tanpa minum

3. Bisa bertahan tanpa minum
Pexels/Michael M

Jenis kucing caracal dapat bertahan hidup tanpa minum, bahkan dalam jangka waktu yang lama. Ini karena kucing caracal memiliki sistem penyimpanan air yang baik dan mampu mengubah sisa-sisa cairan pada makanan menjadi energi yang menghidrasi.

Kemampuannya ini yang juga mendukung kucing caracal melakukan perjalanan jauh lintas gurun yang gersang sembari mencari makanan.

4. Tidak mengeong

4. Tidak mengeong
Unsplash/Chandler Cruttenden

Pada umumnya, kucing akan mengeong saat bersuara. Namun, berbeda dengan caracal yang justru menggeram, mendesis, dan sesekali mendengkur saat bersuara.

Bahkan, ketika mereka ingin memberi peringatan tanda bahaya atau adanya ancaman, mereka bisa mengeluarkan suara seperti menggonggong layaknya seekor anjing.

5. Cenderung penyendiri

5. Cenderung penyendiri
Unsplash/Joshua J. Cotten

Kucing caracal pada umumnya merupakan tipe yang penyendiri. Kebanyakan mereka hanya berkumpul saat ingin kawin. Pejantan pun biasanya akan pergi dan tidak membantu membesarkan anak-anaknya setelah betina melahirkan.

Sama seperti kucing lainnya, caracal juga gemar berpatroli dan bisa menjadi agresif saat berupaya mempertahankan wilayah mereka. Ini menjadikan dirinya lebih memilih sendiri daripada merasa terancam dengan keberadaan kucing caracal lainnya.

6. Punya kelenjar aroma yang khas

6. Pu kelenjar aroma khas
Unsplash/Ray Shrewsberry

Oleh karena caracal adalah hewan yang memiliki wilayah kekuasaan, mereka akan menandainya dengan mengasah cakar di area-area tersebut. Kelenjar aroma khas yang ada di jari kaki dan wajah mereka digunakannya untuk membagi daerah kekuasaan.

Selain itu, tanda wilayah kekuasaan tersebut juga menunjukkan kesediaan kucing caracal untuk berkembang biak. Aroma dari kelenjar caracal itu bisa menjauhkan kucing caracal lain agar tidak mengawini betina incarannya.

7. Dipatok harga ratusan juta

7. Dipatok harga ratusan juta
Unsplash/Joshua J. Cotten

Caracal menjadi hewan peliharaan yang eksklusif dan mahal. Hewan yang hanya ada di beberapa wilayah area tertentu ini dipatok harga ratusan juta.

Harganya pun bervariasi, namun bisa mencapai sekitar Rp132 juta. Selain keberadaannya yang tak mudah ditemui, kecakapan caracal juga kemungkinan menjadi alasan banyak orang tertarik untuk memilikinya.

Itulah beberapa fakta kucing karakal yang dipatok harga senilai ratusan juta rupiah. Apakah Mama tertarik untuk bertemu dengan kucing ini?

Baca juga:

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk