10 Jenis Kucing yang Mudah Dipelihara, Ajari Anak untuk Mengasihi

Beberapa jenis kucing ada yang penyayang sehingga, cocok dan aman jadi teman main si Kecil

8 April 2022

10 Jenis Kucing Mudah Dipelihara, Ajari Anak Mengasihi
Pexels/Cottonbro

Kucing merupakan salah satu binatang yang umumnya berbulu lebat dan akrab dengan kehidupan manusia sehari-hari. Ditambah lagi, saat ini ada beragam jenis kucing yang bisa disesuaikan dengan keperluan pemiliknya.

Maka dari itu, kucing menjadi satu di antara beragam hewan yang sering dijadikan sebagai peliharaan di rumah.

Tingkah lakunya yang lucu dan menggemaskan menjadi satu di antara daya tarik kucing sering dijadikan sebagai teman bermain anak-anak.

Memelihara kucing juga dapat mengajarkan anak bagaimana cara mengasihi makhluk hidup lain selain manusia. Seiring bertambahnya usia, anak juga akan belajar mandiri dan bertanggung jawab setelah bisa merawat kucing peliharaannya di rumah.

Jika Mama tertarik untuk memelihara kucing di rumah, berikut Popmama.com telah merangkum 10 Jenis kucing yang mudah dipelihara. Yuk ajari anak untuk mengasihi!

1. Kucing Ragdoll

1. Kucing Ragdoll
vetstreet.com

Kucing Ragdoll ini berasal dari Amerika Serikat. Mereka dikenal memiliki karakteristik tenang, lembut, dan mudah bergaul, sehingga cocok bagi anak-anak kecil yang membutuhkan seekor kucing yang santai dan sangat penyayang.

Kucing jenis ini memiliki ciri yang hampir mirip dengan Siam dan Persia. Namun kucing Ragdoll memiliki tubuh yang panjang, dada yang lebar berotot, tulang kaki yang kuat, tengkorak yang besar, pipinya yang bulat, dan matanya yang besar berwarna biru.

Selain itu, kucing Ragdoll memiliki bulu yang sedikit panjang, bewarna pudar, dan memiliki tekstur lembut seperti bulu kelinci. Kucing ini juga mempunyai ekor berbulu lebat, bulu di sekitar lehernya, dan berbulu panjang (britches) di bagian kaki dan pinggang.

2. Kucing Persia

2. Kucing Persia
thesprucepets.com

Mama mungkin sudah tak asing lagi dengan kucing ras yang satu ini, bukan? Selain karena jenis kucing ini paling umum dipelihara, kucing Persia juga sangat jinak dan memiliki tingkah yang menggemaskan.

Sesuai namanya, kucing Persia berasal dari Persia, yang dalam era sekarang menjadi Turki dan Iran.

Kucing Persia memiliki rambut panjang lebat, berwajah bulat, dan bentuk hidung yang pesek menggemaskan. Namun jika tertarik untuk memelihara kucing ini, Mama perlu menyiapkan anggaran untuk perawatannya.

Pasalnya, kucing Persia memiliki rambut yang lebat dan panjang, dan sangat sensitif dengan udara yang panas, sehingga harus sering di-grooming atau dimandikan.

3. Kucing Russian Blue

3. Kucing Russian Blue
dailypaws.com

Kucing Russian Blue adalah satu di antara ras kucing alami yang kemungkinan berasal dari daerah pelabuhan Arkhangelsk, Rusia.

Kucing yang satu ini memiliki karakteristik berupa bulunya yang berwarna perak biru dengan mata berwarna hijau cerah. Selain itu, berbeda dengan kucing Persia, kucing jenis ini memiliki bulu yang cenderung pendek.

Jenis kucing ini dikenal cerdas, ramah, dan atraktif sehingga cocok dijadikan hewan peliharaan di rumah.

4. Kucing Bengal

4. Kucing Bengal
petinsurance.com

Kucing Bengal atau yang dikenal dengan Blacan, merupakan jenis kucing keturunan ketiga dari hasil persilangan kucing American Shorthair dengan kucing Asian Leopard.

Kucing yang memiliki tubuh yang besar dan gagah ini masih satu keluarga dengan macan tutul. Namun Mama tak perlu khawatir, karena kucing ini cenderung jinak dan sangat ramah ketika dipelihara.

Ciri khas utama dari kucing Bengal ini adalah bulunya yang memiliki corak seperti macan tutul.

Editors' Picks

5. Kucing Burmese

5. Kucing Burmese
thesprucepets.com

Kucing Burmese adalah kucing yang pintar, halus, dan rapi. Selain itu, mereka merupakan ras kucing yang mudah disisir dan cenderung lebih cerdas dibanding ras kucing yang lain. Mereka juga energik dan dikenal menikmati permainan lempar tangkap.

Selain suka bermain, kucing Burmese suka mengikuti orang dari kamar ke kamar, berpelukan di pangkuan, dan tidur di tempat tidur. Mereka juga bisa rukun dengan anak-anak serta kucing dan anjing lainnya.

6. Kucing American Shorthair

6. Kucing American Shorthair
catsbest.eu

Kucing American Shorthair merupakan keturunan atau perkembangan dari ras European Shorthair dan British Shorthair. Sesuai namanya, kucing jenis ini memiliki reputasi sebagai "Ras Amerika".

Kucing ini dikenal memiliki temperamen dengan watak yang baik dan kecerdasan yang tajam. Selain itu, mereka juga cerdas bergaul dengan hewan peliharaan lain dan memiliki sifat lembut di sekitar anak-anak.

Maka jangan heran bila, kucing American Shorthair dianggap sebagai hewan peliharaan yang ideal untuk keluarga dengan anak-anak.

7. Exotic Shorthair

7. Exotic Shorthair
thesprucepets.com

Jenis kucing selanjutnya yang mudah dipelihara adalah Exotic Shorthair, yang merupakan jenis kucing hasil dari perkawinan antara American Shorthair dengan Persia yang berwarna abu-abu.

Kucing jenis ini merupakan sahabat setia yang senang menghabiskan waktu bersama anak dan diam-diam meminta perhatian.

Selain itu, mereka juga memiliki sifat menyenangkan, suka bersenang-senang, dan umumnya santai. Mereka juga lebih suka mengeong dengan tenang dan melengking.

8. Kucing Kampung

8. Kucing Kampung
Popmama.com/Jemima Karyssa

Jika Mama ingin memiliki kucing dengan biaya perawatan yang lebih terjangkau, maka Mama bisa mengadopsi kucing Kampung yang kerap berkeliaran di sekitar rumah.

Kucing Kampung atau biasa disebut domestic cat adalah jenis kucing yang banyak sekali ditemukan di jalanan. Dilansir National Geographic, kucing ini memiliki sejarah panjang dengan manusia yang telah ada pertama kali di Egyptians 4000 tahun yang lalu.

Di luar negeri kucing ini disebut juga dengan kucing jenis Moggy atau Moggies. Kucing ini juga dikategorikan sebagai kucing yang memiliki antibodi kuat di antara jenis kucing lainnya karena memiliki genetic pool istilah dari campuran berbagai jenis kucing.

9. Kucing Birman

9. Kucing Birman
animalsbook.co

Selain itu, kucing Birman juga menjadi favorit peliharaan di indonesia. Dilansir situs Cattime asal muasal kucing ini sangat erat sejarahnya dengan kuil suci di Burma atau The Sacred Cat of Burma.

Kucing dengan berat sekitar enam kilogram ini memiliki ciri khas mata biru, bulu lebat, dan halus dengan warna cokelat gelap pada wajah, tangan, dan kaki. Kucing ini sangat adaptif dengan lingkungan sekitar sehingga mudah baginya berbaur dengan ras kucing lain.

Kucing ini sangatlah setia pada pemiliknya, sehingga ia bakal setia menunggu dan menyambut anak setelah beraktifitas di luar rumah.

10. Kucing Siam

10. Kucing Siam
Pixabay/Webandi

Kucing satu ini hampir mirip dengan Kucing Birman yaitu sama sama memiliki mata berwarna biru. Kucing ini berasal dari daerah Siam atau disebut Thailand saat sekarang. Hewan anabul satu ini termasuk mamalia berdarah panas lho!

Menariknya, sifat khas kucing Siam yang penyayang dan suka sekali duduk di pangkuan, akan membuat anak mama mudah jatuh cinta, tak hanya itu kucing ini terlihat pintar dengan sisi kalemnya.

Nah itulah 10 jenis kucing yang mudah dipelihara, untuk mengajari anak mengasihi. Yup, selain meningkatkan empati anak, hewan satu ini juga dapat menjadi teman yang menyenangkan selama bermain di rumah.

Beragam jenis kucing peliharaan, masing-masing jenis tersebut memiliki memiliki keunikan masing-masing. Bagaimana Ma? Tertarik untuk memelihara kucing untuk menemani si Kecil?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk