TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Manfaat Nat Keramik, Bukan Sekadar Perekat

Nat keramik memiliki banyak manfaat untuk lantai dan juga penghuni rumah

15 Agustus 2022

7 Manfaat Nat Keramik, Bukan Sekadar Perekat
Unsplash/Everest Louis

Salah satu unsur penting dalam membangun rumah ialah memasang lantai. Pemilihan lantai pun harus dipertimbangkan dan dipikirkan dengan baik. Ini karena lantai menjadi tempat hampir semua aktivitas penghuni rumah ketika berada di rumah.

Hal yang tak kalah krusial dari pemasangan lantai ialah nat keramik. Nat keramik merupakan celah sambungan antar ubin. Bukan hanya sekadar perekat lantai, nat keramik pada dasarnya mempunyai banyak manfaat.

Berikut Popmama.com telah merangkum beberapa manfaat nat keramik yang perannya bukanlah sekadar perekat.

Kira-kira apa saja ya, Ma?

1. Merekatkan antar ubin keramik

1. Merekatkan antar ubin keramik
Unsplash/Dylan McLeod

Sebagaimana perannya secara umum, nat keramik memiliki fungsi untuk merekatkan antara ubin keramik satu dengan yang lainnya.

Hal ini dilakukan agar ubin keramik tidak mudah lepas dari posisinya dan mampu menahan beban di atasnya. Dengan demikian dapat mengurangi risiko terjadinya pergeseran struktur keramik.

2. Menghambat pemuaian keramik

2. Menghambat pemuaian keramik
Unsplash/Harald Arlender

Ada salah satu cara untuk mengolah keramik dengan nat, yakni dengan cara open joint. Teknik ini dilakukan dengan nat yang lebih besar dari ukuran 3 mm.

Pemasangan nat dengan teknik ini umumnya berguna untuk menghambat pemuaian antar keramik yang mengarah pada kerusakan lantai.

Editors' Picks

3. Menentukan kekuatan keramik

3. Menentukan kekuatan keramik
Unsplash/Tommy Bond

Jika diaplikasikan secara tepat, nat keramik mampu memperkuat keramik. Oleh karena itu, peran nat keramik ini termasuk wajib bagi lantai yang menggunakan ubin keramik.

Di samping pemasangannya yang tepat, pemilihan nat keramik yang berkualitas juga menentukan kekuatan keramik kemudian.

4. Mencegah adanya rembesan air

4. Mencegah ada rembesan air
Unsplash/Santiago Manuel De la Colina

Nat keramik bisa dipasang di kamar mandi, tempat basah atau lembap sekalipun. Itu karena nat keramik bersifat mencegah rembesan air.

Satu hal yang jadi permasalahan ialah nat keramik sering sekali jadi cepat terkikis di kondisi lantai yang basah. Apalagi jika terkena cairan pembersih yang bersifat asam. Namun, hal ini bisa disiasati dengan pemilihan nat keramik yang tahan terhadap asam.

5. Meningkatkan estetika di lantai

5. Meningkatkan estetika lantai
Pexels/Tim Mossholder

Orang awam umumnya memakai nat ubin yang terbuat dari campuran semen dan pasir yang nanti menghasilkan warna abu-abu. Namun, kini, sudah banyak tersedia opsi nat ubin dalam warna yang beragam yang bisa disesuaikan dengan corak keramik pada lantai.

Ingatlah untuk selalu memilih warna dasar nat keramik yang senada dengan corak keramik lantai. Tujuannya agar bisa meningkatkan nilai estetika di lantai.

6. Memberikan unsur kenyamanan

6. Memberikan unsur kenyamanan
Pexels/MART PRODUCTION

Selain estetika, nat keramik juga mampu memberikan nilai kenyamanan bagi penghuni rumah di mana ia membuat tampilan lantai lebih halus dan rapi.

Nat keramik menghambat segala jenis kotoran, sehingga memudahkan dalam urusan bersih-bersih rumah. Kebersihan ini yang juga menambah kenyamanan pada lantai.

7. Menghalangi hewan kecil masuk

7. Menghalangi hewan kecil masuk
Pexels/Egor Kamelev

Fungsi lain dari nat keramik ialah kemampuannya untuk menghalangi hewan-hewan kecil seperti serangga yang ingin masuk ke rumah.

Dengan keberadaan nat keramik, kemunculan hewan dari dalam tanah bisa dihindari. Selain itu, ia juga mencegah semut agar tidak bersarang di bawah keramik yang bisa membuat keramik keropos.

Itulah beberapa manfaat nat keramik yang keberadaannya bukan hanya sekadar perekat. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat untuk Mama, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk