TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Penyebab Kamar Mandi Licin, Bisa Jadi Bahaya

Lantai kamar mandi yang licin bisa membuat orang tergelincir dan terjatuh

23 September 2022

5 Penyebab Kamar Mandi Licin, Bisa Jadi Bahaya
Pexels/Max Vakhtbovych

Kamar mandi menjadi salah bagian rumah yang paling penting. Setiap rumah memerlukan fasilitas kamar mandi untuk kebutuhan manusiawinya.

Sebagai tempat yang selalu digunakan setiap hari, penting untuk menjaga kamar mandi agar tetap bersih. Selain itu, kamar mandi juga harus selalu aman agar tidak membahayakan penghuni rumah saat berada di dalamnya

Salah satu bahaya yang biasa muncul ialah risiko tergelincir karena lantainya licin. Untuk itu, penting bagi penghuni rumah untuk selalu mencegah kamar mandi agar tidak licin.

Jika Mama ingin mengatasi permasalahan yang terjadi ini, Popmama.com telah merangkum beberapa penyebab kamar mandi licin. Disimak ya, Ma!

1. Pemilihan keramik yang salah

1. Pemilihan keramik salah
Pexels/Max Vakthbovych

Penyebab kamar mandi licin salah satunya ialah pemilihan keramik yang salah. Ruangan kamar mandi sebaiknya menggunakan keramik dengan tekstur yang kasar untuk menghindari lantai agar tidak licin.

Jenis keramik untuk kamar mandi yang bisa dipililh ialah jenis lantai dengan motif yang timbul, keramik dari bebatuan alam, atau keramik stamford bergaya vintage.

Editors' Picks

2. Ada genangan air pada lantai

2. Ada genangan air lantai
Pexels/Max Vakthbovych

Genangan air pada lantai kamar mandi juga menjadi salah satu faktor penyebab kamar mandi licin. Apalagi jika genangan air itu merupakan air bekas mandi yang mengandung sabun.

Maka dari itu, penting untuk memastikan lubang drainase atau saluran pembuangan kamar mandi tidak tersumbat. Pastikan saluran pembuangan bebas dari kotoran seperti rambut atau debu. Dengan demikian, air akan lebih mudah dan lebih cepat mengalir keluar.

3. Sisa cairan sabun habis mandi

3. Sisa cairan sabun habis mandi
Pexels/Max Vakthbovych

Meski air sudah hilang sepenuhnya setelah mandi, namun cairan sabun yang licin bisa jadi masih tertinggal di lantai kamar mandi lho, Ma.

Sehabis mandi, sebaiknya lantai kamar mandi disikat dan dibilas dengan air agar zat yang membuat lantai licin itu bisa hilang secara tuntas. Ada baiknya untuk melakukan hal ini secara rutin sehabis mandi.

4. Udara yang lembap di sekitar

4. Udara lembap sekitar
Pexels/Max Vakthbovych

Suhu udara yang lembap di sekitar kamar mandi juga bisa membuat kamar mandi licin. Pasalnya, keadaan lembap itu menjadi suhu yang pas bagi lumut untuk tumbuh.

Lumut sendiri mampu membuat licin lantai kamar mandi karena sifatnya yang menyerap air. Jadi, usahakan agar kamar mandi selalu memiliki sirkulasi udara yang baik agar tidak lembap ya, Ma. 

5. Lama tak dilakukan perawatan

5. Lama tak dilakukan perawatan
Pexels/Max Vakthbovych

Baik selalu digunakan atau tidak, kamar mandi harus rutin dilakukan perawatan kebersihan. Bukan hanya untuk mencegah agar kamar mandi tidak licin, perawatan ini juga mampu membuat kamar mandi bebas dari kuman dan bakteri yang mampu membawa penyakit.

Jika lantai kamar mandi di rumah mama licin, bisa jadi itu menandakan bahwa kamar mandi sudah lama tak dilakukan perawatan. Perawatan yang dilakukan pun harus totalitas di setiap sudut kamar mandi rumah.

Itulah beberapa penyebab kamar mandi licin yang mampu membahayakan penghuni rumah. Semoga bisa menjadi solusi untuk mencegah kamar mandi licin, ya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk