TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Tips Kamar Mandi Wangi, Bisa Jadi Solusi

Yuk, cari solusi agar tidak ada lagi bau tak sedap di kamar mandi!

29 September 2022

7 Tips Kamar Mandi Wangi, Bisa Jadi Solusi
Pexels/Carlos Montelara

Kamar mandi menjadi salah satu area yang berpotensi memiliki bau tidak sedap. Kamar mandi yang memiliki bau tidak sedap biasanya akan membuat jijik dan tidak nyaman ketika berada di dalamnya.

Oleh karena itu, berbagai cara bisa dilakukan untuk mengurangi bau tidak sedap di kamar mandi, mulai dari menggunakan wewangian hingga membuat sirkulasi udara yang lancar di ruang kamar mandi.

Kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa tips kamar mandi wangi, sehingga bebas bau tidak sedap.

Disimak ya, Ma!

1. Letakkan reed diffuser di kamar mandi

1. Letakkan reed diffuser kamar mandi
Pexels/Jonathan Borba

Upaya paling sederhana yang bisa dilakukan untuk menghadirkan aroma harum di kamar mandi ialah dengan meletakkan reed diffuser. Ini bisa ditempatkan di sudut ruangan. 

Selain bentuknya yang bisa juga menjadi hiasan dalam kamar mandi, Mama bisa menentukan jenis wangi apa yang diinginkan untuk reed diffuser tersebut. Reed diffuser biasanya bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama.

2. Teteskan essential oil di tissue toilet

2. Teteskan essential oil tissue toilet
Pexels/Vie Studio

Cara lain untuk membuat kamar mandi wangi ialah dengan meneteskan essential oil pada tisu toilet. Sama halnya reed diffuser, ada berbagai macam wangi essential oil yang bisa dipilih.

Dengan meneteskan essential oil di tissue, maka tisu akan memberikan keharuman saat tisu ditarik untuk digunakan, lho.

Editors' Picks

3. Pasang exhaust fan atau buka ventilasi

3. Pasang exhaust fan atau buka ventilasi
Pexels/Max Vakthbovych

Hal yang paling penting dalam menciptakan kamar mandi yang wangi ialah dengan menciptakan sirkulasi udara yang cukup.

Mama bisa memasang exhaust fan di kamar mandi untuk mempercepat hilangnya bau tidak sedap. Selain exhaust fan, dengan membuka ventilasi minimal 15 menit sehari juga membantu membuat kamar mandi terasa lebih fresh karena adanya pergantian udara.

4. Usahakan menjemur handuk di luar

4. Usahakan menjemur handuk luar
Pexels/Charl Durand

Beberapa orang ada yang biasanya akan tetap meletakkan handuk di kamar mandi, bahkan setelah handuk itu dipakai. Padahal, selain memberikan bau apek, handuk yang basah dalam ruangan yang tertutup itu bisa menjadi sarang bakteri, lho.

Maka dari itu, usahakan untuk selalu menjemur handuk setelah digunakan di luar rumah. Letakkan di bawah sinar matahari agar cepat kering. Penting juga untuk mengganti handuk secara berkala.

5. Hindari pakaian kotor di kamar mandi

5. Hindari pakaian kotor kamar mandi
Pexels/Ron Lach

Ada beberapa orang yang menggabungkan laundry room di kamar mandi. Meskipun sebenarnya sah-sah saja untuk memiliki perlengkapan cuci baju di kamar mandi, namun keberadaan pakaian yang kotor memungkinkan untuk membuat kamar mandi bau lho, Ma.

Untuk menyiasatinya, Mama yang memiliki laundry room di dalam kamar mandi bisa meletakkan keranjang tertutup untuk pakaian kotor. Usahakan agar bau keringat dan bau tidak sedap lain dari pakaian habis pakai itu tidak menyebar ke seluruh ruangan kamar mandi.

6. Gunakan buah lemon atau soda kue

6. Gunakan buah lemon atau soda kue
Pexels/SHVETS production

Buah lemon atau jeruk dipercaya mampu memberikan kesegaran pada kamar mandi. Mama cukup meneteskan air lemon atau jeruk ke toilet, lalu bilas dengan air hangat.

Ada pula soda kue yang bisa memberi bau wangi di kamar mandi. Tidak hanya itu, soda kue juga biasa digunakan untuk membersihkan kamar mandi. Cukup tuangkan di beberapa bagian kamar mandi, kemudian gosok dan bilas sampai bersih.

7. Rutin membersihkan kamar mandi

7. Rutin membersihkan kamar mandi
Pexels/Matilda Wormwood

Dari segala tips membuat kamar mandi wangi, tidak akan lengkap dan sukses apabila Mama tidak rajin membersihkan kamar mandi.

Sebagai tempat sumber kuman dan bakteri, penting untuk selalu menjaga kebersihan kamar mandi agar terawat dan dapat memberikan rasa nyaman tiap kali berada di kamar mandi. Usahkan untuk membersihkan kamar mandi minimal dua kali seminggu ya, Ma!

Nah, itu dia 7 tips menciptakan kamar mandi yang wangi. Jangan lupa untuk selalu mengupayakan kebersihan dan kenyamanan kamar mandi ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk