Buat Udara Jadi Segar! Ini 5 Jenis Tanaman untuk Kamar Mandi

Tidak hanya menambah dekorasi, tanaman ini dapat menyerap kelembapan berlebih

23 Januari 2021

Buat Udara Jadi Segar Ini 5 Jenis Tanaman Kamar Mandi
thejoyofplants.co.uk

Dekorasi kamar mandi sering luput dari perhatian kita. Sebagian besar keluarga lebih memilih memaksimalkan fungsi kamar mandi dibandingkan keindahannya.

Padahal, mendekorasi ruangan ini akan meningkatkan kenyamanan ketika menggunakannya lho, Ma.

Salah satu cara memperindah dekorasi kamar mandi adalah dengan meletakkan tanaman. Mama bisa meletakannya di samping wastafel ataupun cermin agar tidak mengurangi ruang gerak Mama.

Apalagi, kelebihan tanaman tidak hanya terletak pada keindahannya lho, Ma. Jenis tanaman tertentu sangat cocok ditempatkan di kamar mandi karena mampu menyerap kelembapan berlebih.

Mama tentu tahu bahwa kamar mandi adalah salah satu ruangan dengan kelembapan tinggi di rumah bukan? Jika Mama menyepelekan kelembapan tersebut, kamar mandi akan mudah ditumbuhi jamur dan berbau apek.

Nah, jika Mama mulai tertarik untuk meletakkan tanaman di kamar mandi, berikut lima jenis tanaman yang Popmama.com rekomendasikan:

1. Lidah buaya yang kaya manfaat

1. Lidah buaya kaya manfaat
rentcafe.com

Tanaman lidah buaya selalu direkomendasikan untuk memperindah rumah. Ia dapat diletakkan di mana saja, termasuk kamar mandi.

Pasalnya, tanaman ini mampu beradaptasi dengan baik meskipun berada di lingkungan dengan kelembapan tinggi. Mama pun tidak perlu repot untuk menyiramnya setiap hari.

Apalagi, tanaman lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Mama bisa memanfaatkan gel dari tanaman tersebut untuk merawat rambut ataupun wajah Mama.

Namun, jangan lupa meletakkannya di tempat yang terkena sinar matahari ya, Ma. Tanaman ini membutuhkan asupan cahaya matahari yang banyak agar dapat tumbuh dengan baik.

Editors' Picks

2. Pakis boston yang mampu membersihkan udara

2. Pakis boston mampu membersihkan udara
themillions.com

Pakis boston adalah tanaman yang berasal dari Meksiko. Tanaman ini direkomendasikan karena mudah ditanam dan tidak membutuhkan perawatan khusus.

Apalagi, pakis boston mampu menyerap kelembapan berlebih dan racun-racun di udara. Meletakkannya di kamar mandi tentu akan membuat udara kamar mandi lebih segar dan bersih.

3. Tanaman sri rejeki dengan khasiat anti-bakteri

3. Tanaman sri rejeki khasiat anti-bakteri
imgix.net

Tanaman selanjutnya yang direkomendasikan untuk diletakkan di kamar mandi adalah sri rejeki. Tanaman ini memiliki daun berwarna hijau dengan corak putih yang dijamin akan memperindah kamar mandi Mama.

Namun, jangan lupa memberikan asupan sinar matahari agar daun sri rejeki tidak berubah warna jadi gelap ya, Ma.

Tidak hanya sebagai dekorasi, tanaman sri rejeki mampu menyerap racun-racun di udara. Ia juga memiliki khasiat anti-bakteri dan mampu menekan perkembangbiakan bakteri dan jamur di kamar mandi.

Namun, Mama perlu berhati-hati dengan getah tanaman ini. Pasalnya, ia mengandung racun ringan yang mampu membuat kulit iritasi dan gatal.

4. Bunga anggrek dengan warna-warni yang cantik

4. Bunga anggrek warna-warni cantik
googleusercontent.com

Jika Mama menginginkan tanaman dengan bunga yang cantik untuk memperindah kamar mandi Mama, bunga anggrek bisa menjadi pilihan.

Habitat asli bunga ini adalah daerah lembap, oleh karena itu ia cocok diletakkan di kamar mandi.

Namun, pastikan Mama meletakkan di tempat kering yang jauh dari percikan air ya, Ma. Pasalnya, akar bunga anggrek bisa membusuk apabila terlalu banyak menyerap air.

Bunga anggrek juga membutuhkan asupan matahari yang cukup.

Oleh karena itu, bunga ini lebih direkomendasikan jika kamar mandi Mama memiliki jendela.

Tapi jika tidak ada, Mama dapat mengganti sinar matahari dengan sinar lampu.

5. Tillandsia yang tidak membutuhkan media tanam

5. Tillandsia tidak membutuhkan media tanam
guardian.ng

Keberadaan tanaman seringkali membutuhkan ruangan yang lebih besar, namun hal ini tidak berlaku pada tanaman tillandsia atau air plant.

Tanaman epifit ini tidak membutuhkan media tanam dan dapat Mama gantung atau tempel di dinding dengan bantuan kayu, tali, atau kawat. Cocok sekali untuk kamar mandi minimalis!

Apalagi ukuran tanaman ini tidak terlalu besar, yaitu hanya sekitar 5-20 cm saja.

Tanaman tillandsia pun tidak perlu disiram dan dipupuk setiap hari. Ia mampu menangkap uap air dan unsur hara dari debu-debu yang beterbangan di udara.

Itulah lima jenis tanaman yang dapat Mama letakkan di kamar mandi. Kira-kira jenis apa yang Mama sukai?

Apapun jenisnya, perhatikan cara perawatannya agar tanaman yang Mama tanam tidak cepat layu atau busuk ya.

Beberapa tanaman perlu dijauhkan dari percikan air, sedangkan yang lain membutuhkan asupan sinar matahari.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.