Chef Sisca Soewitomo Bagikan Tips dan Pengalaman di Dapur saat Ramadan

Mulai dari merawat peralatan di dapur hingga persiapan menu sahur dan berbuka semua dijelaskan

15 Maret 2024

Chef Sisca Soewitomo Bagikan Tips Pengalaman Dapur saat Ramadan
Popmama.com/Muhammad Fhandra Hardiyon

Saat Ramadan, intensitas memasak di kalangan mama-mama memang cukup meningkat. Memasak di waktu sahur, berbuka, belum lagi masak-masak saat acara buka bersama (bukber) atau membuat kue-kue Lebaran.

Berbicara soal masak-memasak, peralatan di dapur akan rentan jika digunakan secara berlebihan, apalagi tidak diimbangi perawatan pada peralatan di dapur kamu, tentu akan terjadi kerusakan yang tak bisa dihindarkan. Kerusakan peralatan di dapur bisa disebabkan karena kesalahan para penggunanya. Untuk itu, peralatan harus dijaga dan dipelihara dengan baik. Tujuannya agar tidak mengalami kerusakan parah yang akan menghambat berbagai aktivitas di dalam dapur.

Jurutama masak dan pakar kuliner Indonesia atau sering sekali dicap “Ratu Boga Indonesia”, Sisca Soewitomo menerangkan bahwa merawat perlengkapan dapur atau kitchen equipment sebetulnya mudah-mudah saja. Kata Sisca, yang terpenting adalah teratur dalam mengelola peralatan masak di dapur.

Nah, kali ini Popmama.com sajikan Sisca Soewitomo bagikan tips dan pengalaman di dapur saat Ramadan. Penting untuk diketahui lho, Ma.

Yuk, simak selengkapnya!

Merawat Peralatan Dapur ala Sisca Soewitomo

Merawat Peralatan Dapur ala Sisca Soewitomo
Popmama.com/Muhammad Fhandra Hardiyon

Sisca Soewitomo menjelaskan, ketika intensitas masak meningkat, merawat alat-alat masak di dapur gampang saja.

Menurutnya, setelah alat itu dipakai, langsung dicuci menggunakan sabun pencuci peralatan yang mutakhir. Setelah itu, bilas kembali dengan bersih, lalu gantung dan keringkan peralatan masak tersebut.

“Pada saat kita bulan Ramadan pasti sibuk di dapur, menyiapkan sahur dan berbuka puasa nah itu peralatan gampang saja. Setelah kita pakai kita gunakan, ya kita cuci pakai sabun pencuci peralatan, bilas kembali. Lalu, gantung atau keringkan, dan simpan, siap deh,” ujar Sisca Soewitomo kepada Popmama.com, saat menghadiri Cooking Class MR. DIY di Jakarta (14/3/2024).

Tips merawat peralatan dapur yang paling ampuh menurut “Ratu Boga Indonesia” adalah ketika dipakai langsung dicuci, jangan menunggu tumpukan peralatan masak yang kotor. Hal ini dilakukan supaya tak ada lalat dan kuman-kuman yang menempel pada peralatan masak.

“Yang penting tips triknya itu ketika selesai dipakai langsung dicuci. Supaya tidak ada lalat atau kuman-kuman yang melekat, seperti itu. Perhatikan itu ya,” kata Sisca.

Persiapan Menu Sahur dan Berbuka dengan Food Preparation

Persiapan Menu Sahur Berbuka Food Preparation
Dok. MR. DIY

Lebih lanjut, Sisca juga memberikan beberapa tips untuk persiapan menu sahur dan berbuka menjadi lebih mudah, salah satunya dengan membuat perencanaan menu makanan dan berbelanja bahan makanan selama seminggu.

“Setiap akhir minggu, kita bisa mencuci dan memotong bahan-bahan sesuai dengan menu dan porsi yang sudah direncanakan sebelumnya. Tentunya dengan teknik food preparation yang baik, akan membuat sahur dan berbuka menjadi lebih mudah dan singkat,” ucapnya.

Pilihan Menu Sahur dan Berbuka ala Sisca Soewitomo

Pilihan Menu Sahur Berbuka ala Sisca Soewitomo
Dok. MR. DIY

Perlu diperhatikan, bahan makanan untuk sahur dan berbuka puasa disarankan memiliki konsumsi bergizi seimbang yang tentu memberikan energi yang cukup selama berpuasa.

Menurut Sisca, saat sahur lebih baik menerapkan menu yang sederhana dengan cita rasa yang tak pedas atau tak terlalu asam. Lalu, untuk kebutuhan protein hewani seperti telur bisa dikreasikan dengan menambahkan sayur menjadi menu masakan Fuyunghai.

Sedangkan untuk berbuka puasa, makanan yang cenderung manis seperti puding santan saus mangga ditambah hiasan yang menarik tentunya akan menggugah anak-anak.

“Kala sahur, lebih baik menentukan menu sederhana dengan rasa yang enggak pedas atau terlalu asam. Penggunaan protein hewani seperti telur bisa kita kreasikan dengan menambahkan sayur menjadi Fuyunghai. Kalau berbuka puasa, makanan manis yang kaya akan gizi seperti puding santan saus mangga ditambah dengan tampilan yang lucu tentunya akan menarik perhatian si Kecil,” terang Sisca.

Nah, itulah informasi mengenai Sisca Soewitomo bagikan tips dan pengalaman di dapur saat Ramadan. Bisa dicoba di dapur masing-masing nih, Ma. 

Baca juga:

The Latest