TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Cara Melatih Kucing agar Patuh dan Tidak Nakal

Kucing tidak patuh dan nakal? Coba terapkan beberapa cara melatih kucing di bawah ini!

4 November 2022

10 Cara Melatih Kucing agar Patuh Tidak Nakal
Freepik/freepik

Memiliki hewan peliharaan memang menjadi hal yang menyenangkan. Salah satu hewan yang sering menjadi peliharaan ialah kucing. Lincah dan menggemaskan membuat orang tertarik untuk menjadikan kucing teman di rumah.

Namun, memelihara kucing tidaklah mudah. Pada awal menjadikan kucing sebagai peliharaan, besar kemungkinan kucing tidak nurut dan jinak kepada pemiliknya. Bahkan, ada beberapa kucing yang bersikap nakal.

Kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa cara melatih kucing agar mengenali pemiliknya dan menjadi jinak serta patuh, terutama bila baru dipelihara.

Simak deretan cara melatih kucing di bawah ini yuk, Ma!

1. Elus kucing sesering mungkin

1. Elus kucing sesering mungkin
Freepik

Salah satu cara untuk melatih kucing ialah dengan meningkatkan intensitas dalam mengelus tubuhnya. Hal ini karena kucing sangat suka bila tubuhnya dielus, bahkan cara ini dapat membuat kucing merasa nyaman dan diperhatikan.

Ketika kucing merasa nyaman, tentunya kucing akan lebih mudah untuk dilatih. Mengelus kucing juga bisa meningkatkan ikatan emosional dengan kucing, sehingga kucing tidak akan takut kepadamu dan justru ingin semakin nempel denganmu.

2. Latih kucing sejak kecil

2. Latih kucing sejak kecil
Freepik/freepic.diller

Ketika memelihara kucing sedari kecil atau kitten, sebaiknya Mama segera latih kucing peliharaan. Misalnya setelah kucing bisa merangkak atau berjalan. Pasalnya, ketika dewasa kucing akan lebih sulit untuk dilatih.

Kucing yang masih kecil belum mengerti banyak hal atau memahami dunia luar, maka dari itu akan lebih mudah melatih kucing sedari kecil. Dengan begitu, ketika dewasa nanti kucing akan terlatih dan paham mengenai batasan yang Mama terapkan.

3. Lakukan latihan rutin tetapi dengan durasi sebentar

3. Lakukan latihan rutin tetapi durasi sebentar
Freepik

Melatih kucing agar patuh bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, Mama harus lakukan latihan secara rutin kepada kucing. Selain mengulang pelatihan kucing secara rutin, durasi pada setiap latihan sebaiknya tidak terlalu lama.

Pasalnya, kucing termasuk hewan yang mudah bosan. Bila latihan dilakukan dalam durasi yang panjang, nantinya kucing akan bosan dan enggan mengikuti instruksi dari Mama, sehingga latihan akan tidak efektif.

4. Suapi kucing dengan tangan

4. Suapi kucing tangan
Freepik/User19739995

Cara lainnya untuk membuat kucing nurut ialah dengan menyuapi kucing dengan tangan. Cara ini sangat cocok diterapkan pada kucing yang baru dipelihara, terutama bila kucing yang dipelihara sebelumnya merupakan kucing liar.

Kucing liar umumnya akan lebih galak dan waspada terhadap manusia. Oleh karena itu, cara ini akan membuat kucing merasa bahwa kita tidak berniat menyakiti.

Mama juga bisa mengajak interaksi dengan mengelus kepala kucing secara lembut saat menyuapi.

Editors' Picks

5. Beri kucing hadiah

5. Beri kucing hadiah
Freepik/freepic.diller

Sebagai hewan yang cerdas, kucing akan memilih melakukan hal-hal yang menyenangkan dan menjauhi hal yang sebaliknya. Maka dari itu, Mama bisa memberi kucing hadiah setiap kucing berhasil mengikut instruksi yang diberikan.

Dengan begitu, kucing akan mengerti dan bersedia mengulangi hal tersebut karena terdapat imbalan hadiah setelahnya. Mama bisa memberi hadiah berupa makanan maupun mainan yang disukai kucing kesayanganmu.

6. Sering panggil kucing dengan nama panggilan

6. Sering panggil kucing nama panggilan
Freepik/Morganval

Untuk membedakan dengan kucing di luar sana, Mama bisa memberikan nama panggilan kesayangan untuk kucing peliharaan. Memiliki nama panggilan juga bisa memperkuat ikatan antara pemilik dan kucing lho, Ma.

Meski sudah diberi nama, kucing tidak bisa langsung mengenali nama panggilannya. Cara untuk melatih kucing agar terbiasa dengan panggilannya ialah dengan sering memanggilnya.

Mama juga bisa membiasakan memanggil namanya saat memberi makan.

7. Jangan menghukum kucing

7. Jangan menghukum kucing
Freepik/Sanborr

Memarahi atau bahkan menghukum kucing tidak akan membantu dalam melatih kucing. Justru, hal ini dapat membuat kucing menjadi takut, stres, dan tertekan. Bahkan, kucing akan merasa tidak nyaman dan menjauh dari pemiliknya.

Sebagai gantinya, Mama bisa memberi tanda seperti gerakan melarang untuk mengajarkan bahwa tindakan tersebut salah.

Mama juga bisa terus mengulangi latihan agar kucing semakin paham mana hal yang benar dan salah.

8. Sering ajak kucing bermain bersama

8. Sering ajak kucing bermain bersama
thesprucepets.com

Bermain dengan kucing menjadi salah satu cara untuk membuat hubungan mama dengan kucing peliharaan semakin dekat. Dengan begitu, kucing akan mengenali bahwa Mama merupakan sosok yang ramah dan tidak berbahaya.

Selain itu, ketika bermain bersama, kucing akan merasa bahwa aktivitas tersebut menyenangkan. Sehingga, saat bermain ia akan lebih bersedia memahami bahasa manusia dan bersedia merespons instruksi dari Mama.

9. Gendong kucing sebelum memandikan

9. Gendong kucing sebelum memandikan
thoughtco.com

Kucing dikenal sebagai hewan yang tidak suka air bahkan cenderung menghindari air. Sehingga, pemilik kucing sering sekali menghadapi kesulitan untuk membersihkan tubuh hewan peliharaannya itu.

Salah satu cara untuk memandikan kucing yang takut air dan berontak saat dimandikan adalah dengan menggendong kucing sebelum mandi. Bila merasa nyaman, kucing akan lebih rileks.

10. Beri makanan secara teratur

10. Beri makanan secara teratur
Freepik

Sebagai hewan pemburu, kucing tentunya mampu mencari makanan sendiri ketika lapar. Ketika baru menjadi hewan peliharaan, terkadang kucing mencuri makanan pemiliknya. Hal ini tentunya harus dilatih agar tidak menjadi kebiasaan.

Memberi makanan secara teratur bisa menjadi cara untuk melatih kucing agar tidak mencuri makanan di dapur atau meja makan rumah. Selain itu, Mama juga bisa membiasakan agar memberi makan kucing di tempat yang jauh dari meja makan atau dapur rumah.

Itulah beberapa cara melatih kucing peliharaan agar menjadi jinak serta patuh. Bila Mama baru memelihara kucing dan kesulitan dalam melatih kucing, beberapa cara di atas dapat Mama coba terapkan.

Semoga berhasil ya, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk