TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Inspirasi Plafon Ruang Tamu Elegan, Bikin Betah di Rumah

Model plafon mampu ubah nuansa ruang tamu, ini rekomendasi plafon ruang tamu yang elegan

4 Oktober 2022

10 Inspirasi Plafon Ruang Tamu Elegan, Bikin Betah Rumah
designingidea.com

Plafon menjadi interior ruangan yang sering terabaikan ketika mendekor ruangan. Padahal, plafon memiliki efek besar pada tampilan ruangan. Bahkan, ruangan minimalis dapat lebih indah ketika plafon didekor dengan tepat.

Maka dari itu, plafon menjadi aspek yang harus mulai Mama perhatikan terutama di ruang tamu. Kesan ruang tamu yang elegan bahkan bisa diperoleh hanya dengan merombak bagian plafon ruangan saja, lho. 

Lantas, kira-kira apa saja ya model plafon elegan untuk ruang tamu? Yuk, simak inspirasi plafon ruang tamu elegan yang telah dirangkum Popmama.com di bawah ini!

1. Plafon datar konvensional

1. Plafon datar konvensional
homestratosphere.com

Model plafon datar konvensional merupakan model plafon yang paling umum dipakai di rumah sejak dulu. Memiliki tampilan yang sangat sederhana, model plafon ini cocok diterapkan di berbagai interior rumah, termasuk ruang tamu. 

Pilihlah warna yang netral serta pastikan pemasangan plafon rapi. Untuk menciptakan kesan elegan pada model plafon datar konvensional, Mama juga bisa memasang lampu plafon maupun lampu gantung yang mewah dan modern. 

2. Plafon konvensional PVC

2. Plafon konvensional PVC
stylesatlife.com

Plafon datar konvensional bisa dibuat dengan berbagai bahan, salah satunya ialah PVC. Meski jarang digunakan, tetapi plafon konvensional PVC justru mampu membuat kesan elegan dan klasik pada ruang tamu lho, Ma.

Plafon konvensional PVC ini sangat cocok diterapkan pada ruang tamu tersebut bergaya minimalis. Dikarenakan memiliki motif dan tekstur, plafon ini lebih cocok diterapkan pada ruang tamu yang didominasi warna putih. 

3. Plafon Ekspos

3. Plafon Ekspos
homestratosphere.com

Memiliki tampilan menonjol, model plafon ekspos akan membuat ruangan lebih berdimensi. Maka dari itu, model plafon ekspos sangat cocok diterapkan bila ingin memiliki ruang tamu elegan khususnya bila ruangan bergaya minimalis. 

Kombinasi warna yang tepat serta aksen lampu downlight akan membuat model plafon ekspos semakin elegan. Umumnya, plafon ekspos dibuat menggunakan aksen balok kayu yang dipasang melintang di langit-langit.

4. Plafon bertingkat

4. Plafon bertingkat
stylemotivation.com

Bila Mama bosan dengan plafon konvensional yang datar, plafon model bertingkat bisa jadi alternatif pilihan. Plafon bertingkat menjadi model plafon terbaik bila ingin menciptakan kesan ruang tamu elegan di rumah. 

Selain membuat tampilan ruangan menjadi lebih menarik, plafon bertingkat atau up ceiling juga cocok diterapkan di ruang tamu yang sempit. Pasalnya, model plafon ini mampu memberikan kesan luas bagi ruangan.

Editors' Picks

5. Plafon gantung

5. Plafon gantung
9wood.com

Model plafon ruang tamu yang tak kalah kekinian ialah model palfon gantung. Model plafon gantung bukan hanya mampu membuat ruang tamu tampak elegan, tetapi juga menampilkan kesan mewah dan modern. 

Model plafon gantung sangat cocok diterapkan di ruang tamu yang luas dan tinggi. Model plafon yang juga dikenal dengan sebutan drop ceiling ini sangat cocok dikombinasikan dengan pencahayaan indirect lighting.

6. Plafon gantung bertingkat

6. Plafon gantung bertingkat
ingeniovirtual.com

Sesuai namanya, model plafon ini merupakan perpaduan antara plafon gantung dan bertingkat. Model plafon gantung bertingkat mampu menghadirkan nuansa elegan dan modern pada ruangan sehingga cocok diterapkan di ruang tamu.

Selain unik, model plafon ini juga tidak membosankan karena bisa memadukan dua hingga tiga warna plafon. Model plafon ini cocok untuk di ruangan luas serta ruangan dengan jarak langit-langit yang tinggi.

7. Plafon gantung bundar

7. Plafon gantung bundar
designingidea.com

Umumnya, plafon baki atau gantung diterapkan dalam bentuk persegi atau persegi panjang. Meski tidak umum, plafon bundar menjadi salah satu model plafon yang mampu membuat tampilan ruang tamu menjadi elegan, lho.

Model plafon ini sangat cocok untuk diterapkan pada rumah yang bertema klasik elegan. Memiliki bentuk plafon seperti kubah, Mama bisa memasang lampu gantung yang mewah pada bagian tengah plafon untuk memaksimalkan nuansa elegan.

8. Plafon kisi sederhana

8. Plafon kisi sederhana
9wood.com

Bila ingin menghadirkan efek dramatis, plafon kisi menjadi pilihan yang tepat. Sesuai namanya, model plafon kisi akan membuat tampilan plafon berbentuk kisi persegi atau persegi panjang dengan berbagai jumlah kisi. 

Model plafon kisi sangat cocok diterapkan untuk ruang tamu bertema klasik dan mewah. Untuk mendapatkan kesan elegan namun tidak jadul, kamu bisa mengurangi ukiran dan membuat kisi yang sederhana atau polos. 

9. Plafon miring

9. Plafon miring
dwell.com

Sesuai namanya, plafon model miring merupakan model plafon yang memiliki kemiringan ke atas pada salah satu sisi. Umumnya, model plafon miring dibuat mengikuti bentuk asli atap, namun tetap ada jarak antara atap dan plafon.

Bila ruang tamu memiliki langit-langit yang rendah, maka model plafon miring sangat cocok untuk diterapkan. Meski bergaya farm house, model plafon miring bisa tampak elegan bila diberi lampu gantung yang klasik dan mewah.

10. Plafon cekung

10. Plafon cekung
9wood.com

Bila menginginkan model plafon yang tak biasa untuk ruang tamu, maka plafon cekung bisa pertimbangkan. Bergaya formal dan klasik, plafon cekung menghadirkan desain yang mirip kubah dengan tepi melengkung.

Plafon cekung mampu membuat tampilan ruang tamu menjadi elegan dan lembut. Sayangnya, Mama perlu merogoh kocek yang cukup besar bila ingin memasang model plafon cekung di ruang tamu rumah.

Itulah deretan rekomendasi plafon ruang tamu elegan untuk di rumah, mulai dari memadukan tema klasik hingga modern. Kira-kira model plafon apa nih yang paling memikat hati mama?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk