5 Tips Menata Ruang Tamu Sederhana agar Lebih Luas dan Nyaman

Intip inspirasi kali ini yuk, Ma!

9 September 2019

5 Tips Menata Ruang Tamu Sederhana agar Lebih Luas Nyaman
apartmenttherapy.com

Ruang tamu tentu menjadi salah satu ruangan yang penting dalam sebuah rumah hingga penataannya perlu diperhatikan. Namun, seringkali yang menjadi masalah ketika sedang ingin menata ruang tamu yakni terkesan monoton apalagi dengan terbatasnya ruangan. 

Walau ruang tamu Mama di rumah sempit, namun bukan berarti kehilangan kesempatan untuk memiliki sebuah ruangan yang nyaman dan fungsional. Selain perlu memerhatikan furnitur ruang tamu yang cocok, Mama bisa menciptakan dan menata ruang tamu sederhana menjadi lebih luas dan nyaman. 

Jika Mama sedang ingin menata ruang tamu kembali atau baru saja memiliki rumah baru, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Inspirasi kali ini pasti berguna untuk Mama sekeluarga, disimak ya! 

1. Tanaman hias dapat memberikan kesan asri di dalam ruang tamu

1. Tanaman hias dapat memberikan kesan asri dalam ruang tamu
Costafarms.com

Aneka jenis tanaman hias bisa dipilih untuk memperindah ruangan menjadi lebih sejuk. Mama pun bisa memilih tanaman hijau sesuai kriteria yang mungkin saja tidak terlalu bergantung pada sinar matahari karena ditempatkan di ruang tamu. 

Adanya tanaman hias di rumah tamu taidak hanya memberikan kesan asri karena cara ini pun dapat membuat semua tamu yang datang ke rumah merasakan rasa nyaman. 

Tanaman Sri Rezeki sebagai salah satu jenis tanaman hias dari suku talas-talasan bisa ditempatkan di sudut-sudut ruang tamu nih, Ma. Tanaman ini bisa tumbuh di ruangan yang rendah cahaya dengan kelembaban tinggi ataupun rendah, bahkan mampu bertahan dengan cahaya buatan. 

Saat memilih tanaman hias untuk ruang tamu pastikan ukurannya cocok dan sesuai kriteria pemilik rumah. 

Baca juga: 11 Jenis Tanaman Indoor yang Membuat Apartemen Lebih Segar

Editors' Picks

2. Pasang karpet polos untuk memberikan kesan ruang tamu yang luas

2. Pasang karpet polos memberikan kesan ruang tamu luas
Pixabay/Engin_Akyurt

Dengan tujuan untuk mempercantik ruangan serta memberikan kenyamanan saat berada di rumah, kini banyak sekali karpet yang produksi mulai dari berbagai jenis motif, warna hingga tekstur. 

Ada beberapa hal harus diperhatikan saat membeli karpet yang tepat seperti: 

  • Terlebih dahulu menentukan tema di ruanh tamu.
  • Pastikan untuk menyesuaikan ukuran karpet dengan ukuran ruang tamu.
  • Berusaha untuk bijak dalam memilih material karpet.
  • Mencari material karpet yang mudah dibersihkan. 
  • Memerhatikan setiap detail karpet yang akan dibeli dengan kondisi ruang tamu. 

Jika ruang tamu terkesan kecil dan ingin memberikan kesan luas, maka sebisa mungkin pilihlah karpet polos. Cara sederhana ini membantu menciptakan ruang tamu kecil menjadi lebih luas dan tetap memperindah estetika ruangan. 

Baca juga: Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Memilih Menggunakan Karpet di Rumah

3. Pilihlah furnitur serba multifungsi

3. Pilihlah furnitur serba multifungsi
groupon.ae

Ma, pilihan furnitur tentu menjadi salah satu yang paling penting ketika memiliki sudah memiliki rumah sendiri. Furnitur yang ada di ruang tamu pun perlu diperhatikan untuk dibuat lebih multifungsi.

Multifungsi yang dimaksud yakni bisa mempertimbangkan adanya furnitur sekaligus dekorasi rumah. Selain itu, Mama perlu mempertimbangkan ukuran furnitur dengan ukuran ruang tamu agar tidak terkesan sempit dan banyak barang yang menumpuk.

Furnitur multifungsi di dalam ruang tamu tanpa disadari juga bisa menunjang berbagai aktivitas misalnya saja sofa yang di dalamnya terdapat sebuah laci kecil. Laci ini bisa dipergunakan untuk menaruh berbagai barang-barang seperti mainan si Kecil.

Jika Mama perhatikan sebenarnya ada banyak furnitur multifungsi untuk ruang tamu yang dijual di pasaran, sehingga menjadi sebuah siasat agar ruangan tamu terkesan lebih luas. 

4. Hindari membeli furnitur yang terlalu besar dan membuat ruangan menjadi lebih sempit

4. Hindari membeli furnitur terlalu besar membuat ruangan menjadi lebih sempit
craftatoz.com

Ketika sedang memilih sekaligus berbelanja furnitur ruang tamu perlu cermat demi menyiasati tempat yang terbatas. Usahakan tidak membeli barang-barang yang terlalu besar dan justru membuat ruangan semakin sempit. 

Jika Mama memiliki beberapa furnitur kecil agar membuat ruang tamu tidak semakin kosong, ada baiknya menggunakan rak dinding tempel. Fungsinya dari rak dinding tempel tidak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan saja, namun juga dekorasi dengan meletakkan dna menyusun beberapa barang agar lebih tertata. 

Cara ini setidaknya membantu untuk mengurangi berbagai dekorasi yang dirasa cukup memakan tempat, sehingga ruangan terkesan lebih sempit. 

Perlu bijak setiap kali membeli furnitur yang kecil dan tidak memakan banyak sisi ruangan ya, Ma. 

5. Pemilihan cat bisa menciptakan keluasan secara visual 

5. Pemilihan cat bisa menciptakan keluasan secara visual 
Freepik

Ketika ingin membuat ruang tamu menjadi lebih luas, Mama bisa mengecat warna satu bagian dinding dengan beberapa warna berbeda. Jika ini diaplikasikan, maka dapat menciptakan keluasan secara visual. 

Jika Mama mengira ini terkesan tumpang tindih, maka dapat menempatkan beberapa dekorasi untuk membuat dinding lebih menarik. Beberapa penggunaan dekorasi yang bisa dipilih seperti lukisan, foto-foto atau dekorasi lain. 

Itulah beberapa tips menata ruang tamu sederhana agar lebih luas dan nyaman. Semoga beberapa tips ini berguna dan semakin mempermudah Mama dalam menata ruang tamu. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.