7 Tanaman Hias yang Bisa Memberikan Suasana Rileks

Tak hanya cantik, tanaman hias ini juga bisa memberikan rasa rileks lho!

16 Mei 2021

7 Tanaman Hias Bisa Memberikan Suasana Rileks
Pexels/Tiia Pakk

Bagi pecinta tanaman hias, mempercantik pekarangan atau interior rumah dengan ragam tanaman hijau menjadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Tak hanya berikan kesan indah, namun deretan tanaman hias juga ada yang memberikan suasana pikiran menjadi lebih rileks. 

Beberapa tanaman hijau serta bunga yang dirawat juga bisa membantumu meredakan stres dan memberikan ketenangan jiwa.

Tanpa disadari, kesejukan karena adanya tanaman di rumah dapat membantu mengurangi jumlah stres fisiologis dan psikologis yang dialami sepanjang hari. Selain itu, tanaman hias dalam ruangan juga bisa menekan kerja sistem saraf simpatik. 

Jadi tak hanya cantik, tetapi juga bisa memberikan ketenangan juga untuk menunjang kegiatan harianmu. Penasaran apa saja tanaman yang bisa membuat pikiran menjadi lebih rileks?

Berikut Popmama.com telah merangkum 7 tanaman hias yang memberikan suasana rileks sekaligus bahan terapi penghilang stres. Yuk, beli tanaman ini di rumahmu!

1. Lidah mertua

1. Lidah mertua
Pexels/kulbir

Selain mudah dirawat dan tidak mudah mati, lidah mertua ternyata menjadi tanaman yang bisa membersihkan udara dengan cara menyerap racun melalui daunnya, memproduksi oksigen serta melepas karbondioksida pada malam hari.

Dilansir dari sebuah penelitian yang dilakukan NASA Clean Air Study (1989), tanaman lidah mertua dipercaya efektif dapat menghilangkan polutan sehingga membuatnya menjadi lebih rileks.

2. Lidah buaya

2. Lidah buaya
Pexels/Cecilia O

Serupa dengan lidah mertua, tanaman yang mudah dirawat ini juga menjadi tanaman hias yang mampu memberikan ketenangan bagi yang merawatnya.

Tanaman lidah buaya yang diletakkan di dalam kamar akan mengeluarkan oksigen di malam hari, hal ini karena lidah buaya bisa melakukan air purifying atau pembersih udara. Dengan begitu dapat meningkatkan kesehatan dan kualitas tidur menjadi lebih rileks.

Editors' Picks

3. Peace lily

3. Peace lily
Pexels/Melvin Vito

Sesuai dengan namanya, tanaman hias satu ini selain cantik, juga cocok disimpan di dalam kamar yang bermanfaat untuk menjaga kualitas tidurmu.

Hal ini karena peace lily dapat menyaring lima racun berbahaya di udara yakni benzene, formalin, trikloretilena, xilena dan ammonia.

4. Lavender

4. Lavender
Freepik/topntp26

Tanaman yang satu ini tentu sudah tak asing bagi kebanyakan orang. Dengan aroma khas yang banyak digunakan pada campuran lotion maupun minyak esensial, lavender menjadi tanaman hias yang memberikan sensasi rileks.

Dilansir dari sebuah penelitian di University of Southampton Inggris, orang yang tidur sambil mencium aroma lavender akan memiliki kualitas tidur yang lebih nyenyak.

Hal ini karena lavender dapat membantu meningkatkan gelombang lambat pada otak saat tidur, sehingga tidur menjadi lebih nyenyak dengan detak jantung yang melambat dan otot merileks.

5. Rosemary

5. Rosemary
Pexels/Lachlan Ross

Tanaman hias lainnya yang tak hanya berikan kesan cantik, tetapi juga rileks adalah rosemary. Sama seperti lavender, rosemary juga sering kali digunakan dalam bahan campuran minyak esensial.

Hal ini karena harum yang dikeluarkan dapat memberikan sensasi rileks pada tubuh. Tanaman rosemary juga tak hanya mengurangi stres, tetapi juga terbukti meningkatkan fungsi memori.

6. Bunga teratai

6. Bunga teratai
Pexels/Hiếu Hoàng

Sebagai tanaman hias dengan bunga yang indah, teratai menjadi tanaman berbunga yang mudah dalam perawatannya karena dapat tumbuh subur di lingkungan yang kurang cahaya.

Selain cantik dan mudah dirawat, bunga-bunga ini juga menawarkan aroma yang menenangkan. Aroma tersebut dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks setiap harinya. 

7. Daun mint

7. Daun mint
Pixabay/congerdesign

Sering digunakan sebagai bahan pelengkap makanan atau minuman, ternyata daun mint juga memiliki kegunaan untuk menjaga kecemasan dan kegelisahan. Tanaman ini sangat cocok untuk ditanam di area rumah agar memberikan kesan rileks dan percaya diri lebih meningkat.

Itulah beberapa jenis tanaman hias yang memberikan suasana rileks. Semoga informasinya bermanfaat dan bisa dijadikan referensi bagi kamu yang tengah mencari tanaman hias yang memberikan ketenangan ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.