10 Tanaman Hias yang Tidak Mudah Mati dan Minim Perawatan

Bagi yang ingin mengoleksi tanaman hias, namun tak mau ribet. Ini cocok menjadi rekomendasi!

8 Mei 2021

10 Tanaman Hias Tidak Mudah Mati Minim Perawatan
Pexels/karolina-grabowska

Di tengah kondisi pandemi Covid-19, budidaya tanaman hias kembali ramai dikoleksi oleh banyak orang. Selain untuk mengisi waktu luang, tanaman hias juga dapat memberikan kesan rumah yang jauh lebih segar dan asri.

Namun, nyatanya tak semua orang bisa merawat dengan baik tanaman hias agar tetap segar. Banyak yang alami kejadian tanaman hias mereka sudah layu atau mati pada beberapa hari atau minggu kemudian.

Bagi kamu yang ingin mengoleksi tanaman hias baik outdoor maupun indoor yang mudah dirawat, maka pintar-pintarlah memilih tanaman hias yang sesuai. Seperti 10 tanaman hias yang sudah Popmama.com rangkum berikut ini.

Tanaman hias outdoor maupun indoor berikut dijamin tidak mudah mati, bahkan mudah dirawat di rumah. Sangat pas untuk kamu yang kaum mager ketika ingin mengoleksi tanaman hias.

Apa saja kira-kira tanaman hias yang tidak mudah mati? Yuk, disimak!

1. Lidah buaya

1. Lidah buaya
Unsplash/pisauikan

Tanaman yang menjadi populer di kalangan banyak orang ini memang sudah terkenal, apalagi khasiatnya yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. 

Tak hanya berkhasiat untuk kecantikan, lidah buaya juga cukup cantik dijadikan tanaman hias indoor yang mudah dirawat. Hal ini karena lidah buaya dapat tumbuh subur dalam keadaan kering serta tahan kekeringan.

Ini tentu akan membantu Mama karena tak perlu susah-susah merawatnya,. Sebab, tanaman hias satu ini hanya perlu disiram setiap 3 minggu sekali. Cocok banget untuk mempercantik ruangan, namun tak perlu ribet dengan berbagai perawatannya. 

2. Lidah mertua

2. Lidah mertua
Shopee.co.id

Selain lidah buaya, tanaman lidah mertua juga bisa dijadikan pilihan bagi kamu si kaum mager namun tetap ingin mengoleksi tanaman hias. Pasalnya, lidah mertua ini sangat mudah dalam perawatan dan kuat bertahan tanpa air.

Serupa dengan lidah buaya, kamu cukup menyiram tanaman ini selama dua minggu sekali saja. Tips agar tanaman ini tetap tumbuh dengan baik dan tahan lama, kamu bisa mencampurkan tanahnya dengan pasir. Cocok dijadikan tanaman hias outdoor yang mudah dirawat di rumah.

3. Lili paris

3. Lili paris
Tokopedia.com

Tak hanya namanya yang cantik, warna daun lili paris pun juga cantik lho! Sebagai salah satu tanaman hias yang banyak dipilih, lili paris ternyata juga menjadi tanaman hias yang mudah dirawat dan cukup kuat karena hanya perlu disiram seminggu sekali saja. Sangat memudahkan, bukan?

4. Cocor bebek

4. Cocor bebek
Instagram.com/jolie_christianto

Dinamakan cocor bebek, tanaman ini memiliki daun tebal yang indah, terlebih ketika sudah berbunga. Tak heran tanaman ini menjadi pilihan untuk tanaman hias yang mudah dirawat untuk dekorasi rumah.

Meski memiliki daun dan bunga yang cantik, nyatanya tanaman cocor bebek juga menjadi tanaman hias yang minim perawatan lho. Mama tak perlu sering-sering menyiramnya, cukup pastikan keadaan tanahnya selalu lembap.

Editors' Picks

5. Sirih gading

5. Sirih gading
Bukalapak.com

Tanaman ini identik dengan daun berbentuk hati dan bintik-bintik emas dibagian daun hijaunya. Sirih gading menjadi tanaman hias yang mudah dirawat karena cukup kuat bertahan lama dan berfungsi sebagai pembersih udara.

Mama cukup menyiram tanaman ini sekali dalam seminggu saja. Mudah, bukan?

6. Begonia

6. Begonia
Pixabay/monikasmigielska

Mencari tanaman hias yang memberikan kesan ceria? Tanaman begonia bisa jadi pilihan untukmu!

Tanaman yang penuh warna dengan daun berwarna merah muda, putih dan kuning, begonia menjadi tanaman hias yang mudah dirawat, kuat, serta minim perawatan. Kamu cukup menyiram tanaman ini 7-10 hari sekali.

Tips lainnya agar hasil tanaman lebih baik, berikan pupuk cair sebulan sekali agar begonia tetap terlihat subur dan sehat.

7. Karet kebo merah

7. Karet kebo merah
Tokopedia.com

Tanaman karet kebo merah menjadi tanaman hias lainnya yang mudah dirawat. Tanaman yang tumbuh cukup cepat ini menjadi tanaman hias minim perawatan tetapi akan tumbuh dengan sangat cantik.

Tanaman jenis ini bisa kamu sesuaikan penyiramannya. Jika cuaca benar-benar panas, kamu bisa menyiramnya setiap hari. Namun jika tengah memasuki musim hijan atau udara yang sejuk, Mama tak perlu sering-sering menyiramnya.

8. Nolina atau kuncir kuda

8. Nolina atau kuncir kuda
Almanac.com

Tanaman nolina atau kuncir kuda menjadi tanaman hias lainnya yang mudah dirawat dan kuat. Memiliki batang yang tebal, serta daunnya yang tipis dan menjuntai ke bawah membuat tanaman ini bisa menjadi fokus perhatian di sudut rumah.

Nolina menjadi tanaman hias yang kuat lantaran tanaman ini dapat bertahan dengan cuaca yang kering. Mama hanya perlu menyiramnya sekitar 2-3 minggu sekali saja.

9. Flapjack

9. Flapjack
Plantcaretoday.com

Jenis tanaman sukulen yang kuat dan dapat tumbuh subur di musim panas ini juga bisa menjadi pilihan untukmu. Flapjack, tanaman dengan daun tebal berwarna hijau muda dengan pinggiran merah jambu membuatnya menjadi tanaman hias yang mudah dirawat, cantik dan unik untuk dijadikan bagian dekorasi rumah.

Sebagai tanaman yang kuat akan kekeringan, kamu cukup menyiram tanaman flapjack ketika tanahnya kering saja. Sehingga tak butuh perawatan ekstra, bukan?

10. Zanzibar gem

10. Zanzibar gem
Shadygum.com.au

Zanzibar gem manjadi tanaman hias lainnya yang mudah dirawat karena dapat tumbuh di ruang redup dengan kebutuhan air yang cukup sedikit. Sehingga kamu pun tak perlu sering-sering menyiramnya.

Jika tanaman ini sudah cukup tinggi, maka kamu bisa memotong daunnya yang tumbuh ke atas agar tidak semakin meninggi untuk dijadikan dekorasi rumah.

Itulah beberapa jenis tanaman hias yang tidak mudah mati dan mudah dirawat baik outdoor maupun indoor. Jika kamu ingin mengoleksi tanaman hias namun tidak memiliki banyak waktu untuk merawatnya, tanaman yang sudah disebutkan di atas mungkin bisa menjadi pilihan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.