Harga Jutaan Rupiah, 9 Jenis Tanaman Hias Calathea & Cara Merawatnya

Tanaman hias calathea memang mudah dirawat tapi jangan sampai lengah dan gampang mati!

23 Februari 2021

Harga Jutaan Rupiah, 9 Jenis Tanaman Hias Calathea & Cara Merawatnya
Unsplash/creativeaxe

Selama pandemi Covid-19 banyak orang yang memiliki hobi baru. Salah satunya adalah mengoleksi tanaman hias viral. Beberapa nama tanaman hias populer mulai dari sensiveira, monstera dan sebagainya.

Di tahun 2021 ini banyak tanaman hias yang viral karena banyak dicari. Jenis tanaman hias calathea adalah salah satunya.

Tanaman hias ini digemari karena daunnya yang cantik dan perawatannya cukup mudah. Meski mudah dirawat, jangan anggap remeh karena tanaman hias calathea ini ternyata berharga cukup mahal.

Berikut Popmama.com rangkum informasi lengkapnya.

1. Calathea louisae

1. Calathea louisae
Pinterest.com

Jenis tanaman hias calathea yang pertama adalah Calathea louise yang berasal dari Brazil. Karena semakin populer, jenis ini mulai dibudidayakan di berbagai dunia. 

Calathea louisae bisa tumbuh hingga 80 cm. Ciri khasnya memiliki daun memanjang hingga ukuran 22 cm dan lebar 10 cm.

Banyak orang yang tertarik mengoleksi tanaman hias ini karena  memiliki daun cantik berwarna hijau muda yang dilengkapi dengan garis-garis hijau tua dari batang hingga ke ujung daun. 

2. Calathea orbifolia

2. Calathea orbifolia
Pinterest.com

Tanaman hias calathea selanjutnya adalah jenis calathea orbifolia yang berasal dari Bolivia. Tak seperti jenis calathea yang lain, tanaman hias ini memiliki ciri khas batang berwarna merah pada daunnya. 

Bikin kaget adalah harga dari satu tanaman hias dengan sebatang daun calathea orbifolia dijual dengan harga Rp 500.000.

Agar bisa tumbuh dengan baik tempatkan tanaman hias ini di tempat teduh, lembab dan cukup diberi air. 

3. Calathea ornata

3. Calathea ornata
Pinterest.com

Salah satu jenis calathea yang mudah dirawat bernama calathea ornata. Salah satunya karena calathea jenis ini memiliki motif yang unik dengan daun berwarna hijau yang mengilap gelap serta dengan garis merah muda yang seolah dicat.

Meski bisa tumbuh di luar ruangan, jenis calathea ornata lebih baik tumbuh di dalam ruangan.

4. Calathea roseopicta

4. Calathea roseopicta
Pinterest.com

Biasanya daun tanaman hias calathea berwarna hijau segar, tapi jenis ini memiliki daun berwarna merah marun. Selain itu pola yang kaya di pucuk daunnya juga menjadi suatu keunikan. 

Meski begitu ada banyak versi dari jenis calathea roseopicta. Ada yang berwarna hijau seperti jenis calathea yang lain, tapi ada pula yang berwarna hijau muda hingga kuning daunnya. Ketika musim panas datang, keunikan lain dari jenis ini adalah bisa menghasilkan bunga mekar kecil berwarna putih dan ungu. 

Editors' Picks

5. Calathea lancifolia

5. Calathea lancifolia
Pinterest.com

Calathea lacifolia merupakan jenis calathea yang biasa hidup di wilayah yang bercuaca dingin. Tanaman hias ini memiliki daun dengan ciri khas panjang dan memiliki motif corak seperti ular. Oleh karenanya, tanaman hias ini sering disebut dengan calathea ular. Tanaman hias jenis calathea lacifolia ini juga memiliki harga yang cukup terjangkau.

6. Calathea warscewiczii

6. Calathea warscewiczii
Pinterest.com

Calathea warscewiczii merupakan tanaman hias dari Costa Rica dan Nicaragua. Tanaman ini bisa tumbuh hingga ukuran 1 meter lho. Calathea warscewiczii memiliki ciri khas karena memiliki daun beragam warna yaitu hijau, ungu, kuning, bahkan merah muda. 

Jenis ini juga dikenal dengan nama Calathea Jungle Velvet. Ciri khas dari tanaman hias calathea warscewiczii dengan pita hijau gelap di seluruh daun dan bagian bawah berwarna merah marun. Uniknya lagi, tanaman ini seperti beludru ketika disentuh. Sebagai informasi, tanaman ini memiliki harga di bawah Rp 100.000.

7. Calathea veitchiana

7. Calathea veitchiana
Pinterest.com

Calathea veitchiana merupakan tanaman asli Ekuador. Tanaman ini mudah tumbuh di daerah lembap. Salah satu ciri khas dari tanaman hias ini memiliki motif dengan corak garis-garis yang mengikuti lekuk daun. Lalu gradasi warna yang sangat cantik juga menjadi keunikan tanaman ini.

8. Calathea medallion

8. Calathea medallion
Pinterest.com

Calathea medallion punya bentuk daun melebar seperti kipas. Tanaman hias ini memiliki corak garis-garis yang mengikuti lekuk daun dengan gradasi warna yang cantik dan unik. Jenis tanaman hias ini cukup mudah ditemukan di Indonesia. Meski begitu, harga dari calathea medallion ini tidak murah karena mencapai harga Rp 2.1 juta per pot. 

9. Calathea contravenestra

9. Calathea contravenestra
Tokopedia.com

Jenis calathea contravenestra jadi salah satu tanaman hias yang cukup populer dan mahal harganya. Calathea contravenestra ini memiliki ciri khas gradasi warna hijau yang lebih banyak, dimulai dari yang paling muda hingga paling tua. Sebagai informasi, satu pot yang berisi enam daun Calathea contravanestra dapat mencapai Rp 2,25 juta.

Cara Merawat Tanaman Hias Calathea

Cara Merawat Tanaman Hias Calathea
Unsplash/katerinapavlickova

Perawatan tanaman hias calathea cukup mudah, karena hanya perlu menyiram setiap hari dengan air yang sedikit. Meski calathea ini membutuhkan banyak air, tapi ketika terlalu banyak bisa membuatnya layu.

Lalu, ketika akan ganti pupuk dan ganti media tanam setiap 6 bulan sekali. Sementara itu, Mama bisa memberikan pupuk buatan yang mengandung nitrogen dan fosfor pada tanaman jika menginginkan daun yang terlihat lebih hijau dan indah.

Itulah tadi informasi mengenai harga, jenis dan cara merawat tanaman hias calathea yang viral. Jenis calathea menjadi salah satu yang populer selama pandemi Covid-19. Siapa nih Mama yang mengoleksi tanaman hias ini?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.