Mudah Dilakukan, 5 Cara Membuat Kopi Lebih Nikmat di Rumah

Bisa membuat kopi sesuai dengan keinginan

3 Mei 2021

Mudah Dilakukan, 5 Cara Membuat Kopi Lebih Nikmat Rumah
Pexels/Ryutaro Tsukata

Jika Mama dan Papa termasuk penggemar kopi atau sering mungkin sering menghabiskan waktu istirahat dengan minum kopi, mungkin akan tertarik jika membuatnya dengan lebih sederhana.

Beberapa orang mungkin lebih sering mengonsumsi kopi dengan cara membeli di coffee shop langganan. Tak terkesan sulit dan lebih mudah untuk menikmati segelas kopi favorit. 

Namun, perlu dipahami bahwa membuat kopi sendiri pun bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan karena dapat disesuaikan dengan racikan favorit. 

Berikut beberapa cara untuk membuat kopi di rumah, Popmama.com telah merangkum informasinya dari Home Kitchen Magazine. Usahakan jangan terlalu sering dan kurangi konsumsi gula berlebih saat membuat kopi ya!

1. Pilih biji kopi kesukaan

1. Pilih biji kopi kesukaan
Pexels/negative-space

Jika ingin menikmati kopi tanpa didominasi rasa pahit, maka nikmati beragam jenis kopi dari berbagai single origin.

Perlu diingat bahwa kopi memiliki rasa yang berbeda-beda. Kopi tertentu memiliki 'rasa manis' bawaan yang dapat dikonsumsi sesuai selera.

Tak ada salahnya mendatangi beberapa coffee lab di dekat rumah untuk mengetahui varian kopi, lalu sharing dengan ahlinya apa yang Mama butuhkan.

Editors' Picks

2. Minta tolong ahlinya untuk roasting dan cari tahu lebih jauh keahlinya

2. Minta tolong ahli roasting cari tahu lebih jauh keahlinya
Pexels/Ready Made

Kekurangan rasa manis yang dominan pada kopi juga tergantung dari profil roasting dari kopi itu sendiri.

Sebelum memilih kopi yang ingin dikonsumsi, ada baiknya membaca atau bertanya ke ahlinya terutama terkait proses hulu ke hilir pembuatan kopi.

Untuk dark roast atau Italian roast level, bisa dipastikan rasa kopinya sangat pahit. Selain itu, suhu air yang tinggi dan tingkat penggilingan yang halus juga dapat mempengaruhi rasa pahit kopi.

3. Menambahkan kayu manis

3. Menambahkan kayu manis
klikdokter.com

Tips selanjutnya cara membuat kopi lebih nikmat, yakni dengan menambahkan kayu manis. Campurkan satu sendok teh kayu manis untuk mengalihkan rasa pahit dari kopi.

Pastikan untuk menggunakan bubuk kayu manis murni atau pertimbangkan untuk menyimpan biji kopi dengan batang kayu manis. Ini dilakukan untuk menambah rasa.

Sebuah studi dari Center for Human Nutrition Research menemukan bahwa kayu manis ternyata tidak hanya untuk meningkatkan kualitas kopi, tetapi hanya dengan setengah sendok teh kayu manis setiap hari dapat meningkatkan kepekaan sel terhadap insulin atau pengontrol gula.

4. Bisa juga tambahkan coklat bubuk dan madu

4. Bisa juga tambahkan coklat bubuk madu
Pixabay/jhusemannde

Untuk mendapatkan manfaat dari flavonoid coklat, yaitu antioksidan yang dapat membantu menangkal kerusakan lingkungan pada sel, serta meningkatkan aliran darah ke otak dan jantung, cukup dengan menambahkan bubuk kakao ke dalam secangkir kopi.

Terlebih lagi, kopi yang diminum dapat memiliki sensasi rasa cokelat murni tanpa tambahan gula. Madu juga kerap menjadi alternatif peminum kopi sebagai campuran untuk menyamarkan rasa pahit kopi.

Kopi hitam seperti long black dan Americano yang biasa dikonsumsi dengan gula, kini sudah bisa diganti dengan madu.

Seperti apa rasanya? Rasanya seperti kenikmatan yang tak terpikirkan. Manisnya madu yang khas meleleh sempurna di atas pahit kopi yang hangat.

5. Menambahkan susu dan ekstrak vanilla

5. Menambahkan susu ekstrak vanilla
Pixabay/Couleur

Bukan rahasia lagi bahwa susu merupakan sahabat setia kopi dalam satu tegukan. Menu dasar espresso melibatkan banyak susu sebagai campuran kopi.

Memang benar, susu yang dipanaskan memberi rasa manis pada pahitnya kopi. Makanya secangkir cappucino, café latte, flat white dan piccolo latte sebenarnya sudah tidak disarankan lagi diisi gula karena kandungan susunya sudah memberi rasa manis.

Jika Mama salah satu penggemar vanilla latte, jangan khawatir, untuk mengontrol asupan gula, masukkan beberapa tetes ekstrak vanila ke dalam kopi.

Satu porsi sirup vanilla mengandung 80 kalori dan 20g gula, sedangkan ekstrak vanilla mengandung 0 kalori dan 0 gula. Mulailah menambahkannya dengan satu tetes, karena sedikit saja sudah cukup untuk menambah rasa manis pada secangkir kopi.

Wah, membuat kopi di rumah jadi lebih menyenangkan bukan? Berasa barista untuk diri sendiri karena bisa membuat kopi yang enak.

Usahakan memilih bahan yang diperlukan tubuh, jika sedang mengurangi gula, cobalah ganti dengan bahan non-gula.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.