5 Cara Membuat Ruangan Meditasi yang Menenangkan di Rumah

Apa saja yang perlu dilakukan ya, Ma?

7 Juni 2021

5 Cara Membuat Ruangan Meditasi Menenangkan Rumah
Freepik/karlyukav

Bayangkan kalau Mama memiliki ruangan khusus di rumah yang menyembuhkan pikiran, tubuh, dan jiwa agar lebih tenang. Pasti hati akan terasa lebih tenang dan damai, bukan?

Jelas akan sangat beruntung jika memiliki ruangan khusus di dalam atau di luar rumah yang dikhususkan untuk mencari ketenangan serta kedamaian secara emosional.

Sebuah ruangan yang memungkinkan untuk Mama melepaskan diri dari tekanan sehari-hari, bahkan adanya ruang meditasi di rumah akan memudahkan diri sendiri agar lebih konsisten ketika ingin menenangkan pikiran. 

Jika Mama tertarik membuat ruangan meditasi khusus di rumah, berikut Popmama.com rangkum beberapa caranya. 

Yuk, disimak!

1. Pilih tempat yang nyaman

1. Pilih tempat nyaman
Pexels/ali-arapoglu

Pilihlah ruangan yang membuat nyaman, jadi bisa kamar atau ruang yang lainnya. Ini berarti ruangan ketika Mama masuk ke dalamnya, maka akan membuatmu merasa tersenyum dan lebih rileks.

Saat memilih ruangan, perhatikan juga pencahayaannya. Misalnya, ruangan yang memiliki banyak cahaya alami akan langsung meningkatkan mood Mama.

Cobalah memilih ruangan yang menghadap matahari untuk waktu Mama melaukannya untuk bermeditasi.

Atau lebih baik lagi, ruangan yang memiliki pemandangan matahari terbenam ini akan menjadi cara yang bagus untuk memulai meditasi!

Jika Mama tidak dapat menemukan 'ruangan' yang memiliki kualitas ini, pertimbangkan ruang terbuka. Itu bisa jadi teras rumah, atau bahkan taman bunga.

Mama akan membutuhkan tempat yang memungkinkan untuk merilekskan pikiran dan tubuh tanpa terganggu.

Editors' Picks

2. Mainkan musik meditatif

2. Mainkan musik meditatif
Pexels/Andrea Piacquadio

Meskipun bukan elemen penting, musik bisa sangat menenangkan bagi banyak orang. Ini sangat bermanfaat bagi mereka yang tinggal di daerah kota yang sibuk, di mana suara lalu lintas, kereta api, dan sirene terus-menerus datang.

Musik meditatif, ketika dimainkan dengan tenang dapat membantu menghilangkan semua gangguan lain di dalam rumah.

Memungkinkan Mama mendapatkan keadaan yang tenang dan damai saat bermeditasi mirip dengan suara air mancur.

Ketika tiba saatnya untuk memilih musik, disarankan agar Mama memilih musik tanpa lirik. Tidak harus musik klasik, tetapi suara apa pun yang Mama anggap menenangkan, seperti suara laut, kicau burung, atau suara angin yang bersiul.

Pastikan trek cukup panjang untuk terus diputar sepanjang sesi mediasi, dan pertimbangkan untuk mengulang suara untuk menghindari gangguan.

3. Ruangan harus bersih dan rapi

3. Ruangan harus bersih rapi
Pexels/RODNAE Production

Berbicara tentang gangguan, tidak ada yang lebih mengganggu daripada area yang berantakan, terutama ketika Mama mencoba untuk bersantai.

Ini berarti Mama tidak boleh mencoba menyulap ruangan kerja di rumah menjadi ruang meditasi lho, karena terlalu banyak hal yang terjadi di ruang kerja, seperti banyaknya kertas, ada lemari arsip, belum lagi pikiran stres yang datang seperti pekerjaan, tagihan, dan lain-lain.

Pertimbangkan untuk mengosongkan barang yang tidak perlu, agar ruangan berisi beberapa elemen saja. Beberapa rekomendasi dasar termasuk meja kecil, matras yoga, karpet, dan bantal untuk meditasi.

4. Tambahkan aromaterapi di ruangan

4. Tambahkan aromaterapi ruangan
Pexels/Karolina Grabowska

Elemen lain yang perlu diperhatikan dalam ruang mediasi adalah aromaterapi. Penggunaan minyak esensial dari tumbuhan, seperti lavender, chamomile, dan peppermint, benar-benar dapat menenangkan jiwa, pikiran, dan tubuh.

Dari pembakaran lilin dan dupa, hingga minyak pemanas, Mama bisa mendapatkan manfaat aromaterapi saat bermeditasi.

Aromaterapi tidak hanya membantu Mama jadi rileks, tetapi juga memberikan manfaat lain. Bentuk terapi ini membantu Mama dalam hal penyembuhan yang diyakini dapat merangsang fungsi otak.

Ada juga bukti yang menunjukkan itu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi nyeri otot, dan mengurangi atau menghilangkan stres.

Ini semua adalah alasan bagus mengapa Mama harus memasukkan aromaterapi di ruang meditasi Mama ya.

5. Cat dinding berwarna tenang

5. Cat dinding berwarna tenang
Freepik/Etonastenka

Selain elemen fisik dan objek sensorik, Mama juga harus mempertimbangkan warna ruangan. Jika ingin mengecat ruangan agar sesuai dengan suasana hati yang ingin Mama capai.

Beberapa orang mungkin mengatakan bahwa warna pastel adalah pilihan yang jauh lebih baik daripada warna terang atau gelap, karena berpikir bahwa warna pastel lebih menenangkan dan lebih santai.

Terlepas dari warna yang Mama pilih, warna ruangan memengaruhi suasana hati lho, jadi pilihlah warna yang sesuai dengan kebutuhan meditasi, dan membuat Mama merasa tenang dan santai.

Nah, itu tadi beberapa cara yang bisa Mama lakukan untuk membuat ruang meditasi sendiri di rumah nih!

Meditasi juga akan membantu Mama dalam menenangkan pikiran dari penat seharian dan membuatnya stabil kembali.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.