Doa agar Rumah Terhindar dari Banjir saat Hujan Deras

Jangan sampai rasa khawatir menyelimuti diri sendiri

16 Mei 2022

Doa agar Rumah Terhindar dari Banjir saat Hujan Deras
Pexels/Golnar sabzpoush rashidi

Hujan yang terus-menerus mengguyur di beberapa bagian wilayah Indonesia memang perlu persiapan yang cukup ketika sedang berada di rumah. Misalkan saja saat rumah mama memiliki genteng yang sering bocor, atau rumah dekat dengan sungai. Kondisi ini memang perlu diantisipasi sejak awal apabila terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Hal yang dikhawatirkan, hujan deras akan mengguyur dan merendam rumah mama. Namun, Mama tak ada salahnya untuk membaca doa ini agar terhindar dari banjir.

Berikut beberapa doa yang bisa dibaca oleh Mama, Popmama.com sudah merangkumnya agar hujan yang datang tidak menjadi bencana.

1. Doa ketika hujan turun deras

1. Doa ketika hujan turun deras
Pexels.com/VladChetan

Ketika sedang berada di rumah dan hujan turun begitu deras, maka tak ada salahnya membaca doa ini. Dengan doa ini, diharapkan bisa terhindar dari bencana banjir serta merasa perasaan tetap tenang.

Allahumma haawalaina wa laa 'alaina. Allahumma 'alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari

Artinya:

"Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuhnya pepohonan."

Editors' Picks

2. Doa saat mendengar petir

2. Doa saat mendengar petir
Pexels.com/NickKwan

Hujan deras disertai petir memang membuat Mama khawatir akan hal itu, namun bisa membaca doa berikut ini agar tenang dan tidak merasa terancam.

Subhaanalladzii yusabbihur ro'du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih

Artinya:

“Maha Suci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbihlah halilintar dan para malaikat karena takut kepada-Nya.”

3. Saat angin kencang dan hujan deras, baca doa ini

3. Saat angin kencang hujan deras, baca doa ini
pixabay/guvo59

Seperti sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, ketika hujan disertai angin kencang, Mama bisa membaca doa berikut ini:

Alloohumma innii as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa-a'uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih

Artinya:

“Ya Allah, saya memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau kirim bersamanya.

Dan saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang engkau kirim bersamanya.”

4. Doa ketika hujan sudah reda

4. Doa ketika hujan sudah reda
Pexels/skitterphoto

Hujan deras yang khawatir terjadi sesuatu memang membuat perasaan Mama di rumah menjadi was-was, namun ketika sudah reda mesti membaca doa sebagai bentuk syukur.

Muthirna bi fadhlillahi wa rohmatih

Artinya:

“Kita diberi hujan (dari langit) karena karunia dan rahmat Allah.”

5. Doa agar terhindari dari musibah dan bencana seperti banjir

5. Doa agar terhindari dari musibah bencana seperti banjir
Pixabay/j_lloa
Ilustrasi banjir

Bencana seperti banjir mungkin akan membuat kerugian bagi manusia, nah, penting bagi setiap orang membaca doa untuk memohon pertolongan kepada Allah.

Allahumma inni a’udzu bika min zawali ni’matika, wa tahawwuli afiyatika, wa fuja’ati niqmatika, wa jami’i sakhathika

Artinya:

"Ya Allah, Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari lenyapnya nikmat-Mu, dari beralihnya keselamatan (yang merupakan anugerah)-Mu dari datangnya siksa-Mu (bencana) secara mendadak, dan dari semua kemurkaan-Mu."

Penting kala musim hujan ini Mama dan keluarga tetap aman di rumah, serta senantiasa membaca doa sebagai bentuk pertolongan kepada Allah.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk