7 Tips Merombak Kamar Tidur agar Terlihat seperti Baru Lagi

Bisa terlihat lebih baru dengan beberapa cara ini nih, Ma!

20 April 2021

7 Tips Merombak Kamar Tidur agar Terlihat seperti Baru Lagi
Pexels/Dmitry Zvolskiy

Ungkapan home sweet home nyatanya akan terwujud jika kita merasa nyaman dan senang berada di rumah, apalagi setelah menjalani rutinitas keseharian yang begitu melelahkan.

Belum lagi, inti dari rumah yang nyaman dan aman, yakni ketika kamar tidur terkesan istimewa dan memberikan suasana yang berbeda setiap kali masuk ke dalam ruangan. 

Jika kamar tidur disebut sebagai ruangan yang mencerminkan diri dari pemiliknya, maka mungkin inilah saatnya untuk mulai memperbaiki dan merombak sesekali agar lebih tampak menarik.

Jika bingung ingin memulainya dari mana, kali ini Popmama.com tekah merangkum rekomendasi mengubah furnitur di dalam kamar melansir dari Boldsky.

Disimak bersama yuk, Ma!

1. Gunakan karpet untuk menghidupkan ruangan

1. Gunakan karpet menghidupkan ruangan
Pixabay/edvaldocostacordeiro

Ini bisa menjadi salah satu cara termudah untuk menghidupkan ruang yang membosankan. Menambahkan karpet lembut juga akan membuat kesan nyaman saat berada di area kamar tidur.

Terkadang memang ada beberapa pilihan yang membingungkan saat harus memilih karpet di dalam kamar tidur. Namun, pastikan untuk bermain dengan beberapa warna. Bisa juga pilih karpet yang kontras dengan warna dinding kamar tidur.

Selain itu, penting untuk menemukan ukuran yang tepat agar sesuai dengan kebutuhan di dalam kamar. Karpet yang berukuran sempurna pun akan membantu membuat ruangan terlihat hangat dan nyaman.

2. Taruh beberapa tanamah hias di dalam kamar tidur

2. Taruh beberapa tanamah hias dalam kamar tidur
Pexels/punchbrandstock

Tips ini sebenarnya memiliki tujuan ganda, pertama menambahkan tanaman hijau ke kamar tidur tidak hanya akan memberikan sedikit udara segar saja. Namun, juga menambahkan tampilan yang menarik saat berada di dalam ruangan.

Memilih tanaman yang tepat pun membantu menjernihkan udara, bahkan sekaligus menambah daya tarik estetika pada kamar tidur.

Pastikan untuk menempatkannya dengan tepat agar memberikan suasana sejuk di dalam kamar tidur.

Editors' Picks

3. Mengganti seprai baru

3. Mengganti seprai baru
Pexels/Andrea Piacquadio

Sebagian orang menyukai aroma seprai baru. Karena titik fokus kamar tidur pada dasarnya adalah tempat tidur, maka mempunyai seprai baru dengan motif favorit bisa membuat kamar tidur menjadi lebih nyaman. 

Apapun itu, pilih pola dan desain seprai yang dipilih pastikan untuk mencari suasana yang berbeda. Hal ini membuat suasana kamar tidur menjadi lebih nyaman dan beda dari sebelumnya. 

4. Gunakan wallpaper di beberapa bagian ruangan

4. Gunakan wallpaper beberapa bagian ruangan

Mungkin tidak seluruh kamar dipasangi wallpaper, hanya saja ada beberapa spot yang bisa ditempelkan agar terkesan futuristik.

Wallpaper memang menjadi cara yang menyenangkan dan mudah untuk meramaikan suatu ruangan. Apalagi ada berbagai motif saat membeli stiker dinding ini. 

5. Gantungkan kain tenun atau kain bermotif

5. Gantungkan kain tenun atau kain bermotif
Kaospabrik.com

Lukisan sudah ketinggalan zaman tentunya, Ma. Sudahkah mencoba versi terbaru mereka yang disebut permadani? Ini memberikan suasana bohemian ke dalam ruang kamar tidur.

Permadani sendiri memiliki variasi yang cukup banyak, mulai dari warna-warni, hitam dan putif atau sebuah motif geometris. 

Pilih salah satu yang menarik perhatian dan sesuai dengan kepribadian. Lengkapi area tersebut dengan beberapa lilin dan lihatlah suasana yang terasa lebih nyaman dari sebelumnya.

6. Pindahkan posisi kasur ke spot berbeda

6. Pindahkan posisi kasur ke spot berbeda
Freshome.com

Memindahkan tempat tidur ke posisi yang berbeda akan langsung membuat kamar terkesan lebih nyaman.

Memindahkan furnitur di sekitar tempat tidur bisa memberikan kesan baru, bahkan membantu menghilangkan semua energi negatif seperti rasa bosan. 

Cobalah untuk memutar tempat tidur ke arah yang berbeda atau menambahkan headboard yang menarik, sehingga memberikan suasana yang nyaman ke seluruh tempat.

7. Ganti gorden di kamar

7. Ganti gorden kamar
Mydecorative

Kamar tidur mungkin tidak memiliki tampilan baru jika hanya memiliki seprai baru atau permadani baru. Cobalah untuk mencari gorden yang berbeda dari sebelumnya agar memberikan kesan baru.

Gorden yang serasi dengan permadani dan kontras dengan dinding juga akan memberikan tampilan berbeda di dalam kamar. Cobalah juga untuk sedikit ubah furnitur dan posisi letak kasur di kamar agar terkesan baru.

Kamar memang semestinya nyaman karena jantung dari sebuah rumah, oleh karena itu perlu dibuat senyaman mungkin apalagi saat dipakai untuk menghabiskan waktu luang, 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.