Sangat Unik! Ini 7 Tanaman Ini Punya Kemampuan Tak Biasa

Ada tanaman yang bisa meledak dengan sendirinya lho, Ma!

23 Juni 2021

Sangat Unik Ini 7 Tanaman Ini Pu Kemampuan Tak Biasa
Instagram.com/thebotanyguild/santoef.nurturenature/cindystocken

Setiap makhluk hidup pasti diciptakan dengan kemampuan dan keunikannya masing-masing. Kemampuan yang terdapat di manusia, tidak akan ditemukan pada hewan dan tumbuhan, begitu juga dengan sebaliknya.

Tanaman, khususnya tanaman yang tumbuh di alam bebas diciptakan dengan kemampuan untuk dapat bertahan hidup. Kemampuannya ini seringkali tidak bisa dilihat oleh manusia. Tetapi, ada beberapa tanaman yang memiliki kemampuan tidak biasa lho, Ma!

Tanaman-tanaman ini mampu bereaksi dengan keadaan dan makhluk hidup lainnya untuk dapat bertahan hidup. Kali ini Popmama.com sudah merangkum 7 tanaman dengan kemampuan tidak biasa.

Kira-kira apa saja ya, Ma? 

1. Putri Malu

1. Putri Malu
Pixabay/najibzaamri

Kita akan mulai membahas dari tanaman yang sudah sering dijumpai di Indonesia, yaitu tanaman putri malu. Tanaman ini terkenal akan kemampuan gerak ketika disentuh.

Kemampuan tersebut disebut sebagai gerak seismonasti jika disentuh, maka daun dari tanaman ini akan reflek menguncup.

Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan dan Tengah, tetapi sudah tersebar secara luas khususnya di negara dengan iklim yang hangat. Tanaman ini dinilai unik karena seolah “malu” ketika disentuh oleh manusia, maka dari itu dinamakan tanaman putri malu.

Jangan khawatir, karena tanaman ini dapat membuka kembali anak daunnya setelah beberapa menit mengatup. Tanaman ini ternyata juga memiliki manfaat baik untuk pengobatan lho, Ma!

2. Kantong Semar

2. Kantong Semar
Pixabay/8k

Tanaman Nephenthes Mirabilis atau yang biasa dikenal dengan nama kantong semar termasuk tumbuhan karnivora. Hal ini dikarenakan, kantong semar mendapatkan makanan dari serangga seperti lalat, tawon dan lainnya.

Sesuai dengan namanya, tanaman ini berbentuk seperti kantong yang memanjang ke bawah. Bentuknya ini bukan sembarang bentuk, melainkan ada tujuannya, yaitu untuk menangkap santapannya.

Cara kerja tanaman ini sangat unik, ia akan mengeluarkan nektar yang mampu mengundang perhatian para serangga untuk datang dan hinggap pada tanaman ini.

Setelah itu, serangga yang muncul akan jatuh ke dalam kantung tanaman yang berisi cairan. Serangga yang terperangkap ini tidak dapat melarikan diri dan akhirnya disantap oleh tanaman kantong semar dengan enzim.

Mama tidak perlu khawatir karena tanaman ini tidak memakan dan menyakiti manusia, bahkan tak bisa memakan makanan yang tidak sesuai dengannya.

Editors' Picks

3. Venus Flytrap

3. Venus Flytrap
Pexels/aenicvisuals

Masih seputar tanaman karnivora, selanjutnya adalah venus flytrap. Tanaman yang satu ini berasal dari daerah Carolina, Amerika Serikat. Tanaman ini memiliki tampilan berwarna hijau dan capit yang berwarna merah.

Meskipun namanya Venus Flytrap atau Venus penangkap lalat, tetapi tanaman ini juga menyantap serangga lainnya seperti laba-laba, jangkrik, nyamuk dan sebagainya.

Cara kerja tanaman ini hampir mirip dengan kantong semar, di mana mereka akan mengeluarkan nektar pada bagian dalam tanaman yang dapat menarik serangga untuk hinggap.

Setelah serangga berhasil masuk dalam perangkap, tanaman langsung mengatupkan capitnya dan membuat serangga tidak dapat bergerak. Setelah itu, serangga tersebut akan mati karena getah yang ada pada kelenjar perangkapnya.

Tanaman ini diperjual belikan untuk menangkap nyamuk di dalam rumah juga lho, Ma!

4. Eukaliptus

4. Eukaliptus
Pixabay/chesna

Apabila sebuah tanaman justru akan mati terbakar ketika dilanda api, tidak dengan tanaman yang satu ini. 

Tanaman eukaliptus memiliki kemampuan bertahan di dalam api, sekalipun kebakaran yang besar. Hal ini dapat terjadi karena minyak dari tanaman ini sangat mudah terbakar dan membuat api menyebar.

Bahkan beberapa pohon eukaliptus sendiri dapat meledak akibat api yang dihasilkan. Saat terjadi kebakaran, pohon eukaliptus justru mengeluarkan bibit yang sehat dan beregenerasi alih-alih terbakar dan mati.

Tanaman ini bahaya bagi manusia dan juga hewan, tetapi beberapa hewan herbivora marsupialia dapat mengonsumsi daunnya. Tanaman ini tumbuh banyak di Australia dan dapat ditemukan juga di Indonesia.

5. Hura Crepitans

5. Hura Crepitans
Instagram.com/thebotanyguild/tropicaltreegeek

Hura crepitans merupakan tanaman yang sangat berbahaya mulai dari batang hingga buahnya.

Tak jarang tanaman ini disebut sebagai pohon dinamit ataupun pohon neraka. Tanaman yang berasal dari Amerika Selatan ini memiliki duri-duri tajam di seluruh batang pohonnya.

Tidak hanya itu, tumbuhan ini juga mengeluarkan getah yang sangat beracun. Belum lagi buahnya, karena buah dari pohon ini dapat meledak saat matang seperti dinamit. Apabila dikonsumsi, buah ini dapat menyebabkan berbagai penyakit dari diare, muntah hingga pada kematian.

Peledakkan pada buah ini bukan merupakan bentuk pertahanan diri, melainkan untuk memperluas area penyebaran biji dan reproduksi pohonnya.

Perlu diketahui bahwa tanaman ini dapat terus tumbuh dengan hijau pada setiap musim.

6. Duri Bersiul

6. Duri Bersiul
Instagram.com/cindystocken

Tanaman Vachellia Drepanolobium atau yang biasa dikenal dengan duri bersiul merupakan jenis yang tumbuh di Negara Afrika. Pohon duri bersiul ini dapat tumbuh hingga 6 meter dan dapat menghasilkan duri yang lurus dengan dasar bulat besar.

Pohon ini memiliki simbiosis mutualisme dengan semut karena umbi duri yang terdapat pada pohon ini dapat berlubang dan menjadi rumah bagi semut.

Selain itu, lubang yang terdapat di umbi tersebut akan mengeluarkan suara siulan apabila angin bertiup. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menjauhkan hewan dari tanaman duri bersiul.

7. Rumput Menari

7. Rumput Menari
Instagram.com/santoef.nurturenature

Sebelumnya Mama sudah tahu tentang tanaman putri malu yang dapat bereaksi dengan sentuhan.

Kali ini, Mama akan mengenal tanaman Desmodium Gyrans atau yang biasa disebut rumput menari. Rumput menari dapat menggerakkan daunnya secara aktif dibandingkan tanaman lainnya.

Tanaman ini dapat bereaksi dengan suara dan gerakan lho, Ma! Pergerakkannya akan secara aktif apabila terkena paparan sinar matahari yang cukup tinggi.

Banyak juga yang berpendapat bahwa pergerakkan yang dihasilkan merupakan tindakan pencegahan mangsa untuk hinggap. Tanaman ini sendiri mudah tumbuh di negara tropis termasuk Indonesia.

Itulah 7 tanaman dengan kemampuan tidak biasa dan unik. Tanaman mana yang menurut Mama paling unik?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.