4 Tips Desain Rumah yang Muncul Berkat Adanya Pandemi Covid-19

Rumah yang nyaman dan sehat membantu penghuninya merasa lebih aman

18 November 2021

4 Tips Desain Rumah Muncul Berkat Ada Pandemi Covid-19
Freepik/vanitjan

Tak bisa dipungkiri kehadiran pandemi Covid-19 menorehkan banyak perubahan dalam berbagai aspek kehidupan, salah satunya terkait desain rumah. Kesadaran untuk menjalani hidup bersih dan sehat kini telah menjadi fokus masyarakat.

Maka dari itu, faktor kebersihan, fungsionalitas, dan well-being menjadi fokus utama dalam sebuah desain rumah. Tren desain rumah terbaru pun muncul berkat adanya pandemi Covid-19.

Rupanya muncul tren desain rumah berkat adanya pandemi bukan hanya terjadi kali ini saja. Kehadiran area strerilisasi seperti powder room dan built-in closet nyatanya dipicu dari kehadiran pandemi flu pada tahun 1918 silam.

Area powder room berfungsi sebagai tempat membersihkan diri sebelum seseorang memasuki area utama rumah. Sementara itu, built-in closet diciptakan untuk memisahkan pakaian-pakaian dari orang dalam rumah demi terhindar dari paparan debu.

“Saat ini, orientasi masyarakat dalam membangun rumah tinggal tak hanya fokus pada keindahan tampilan, namun lebih fokus pada faktor kenyamanan dan kesehatan.  Area rumah yang memungkinkan penghuninya menjalani berbagai aktivitas di rumah dengan aman dan nyaman, tentu kian diharapkan. Tak kalah penting, adalah bagaimana area terbuka dan sanitasi menjadi kebutuhan baru bagi masyarakat,” ungkap Ren Katili seorang arsitek ketika sesi diskusi Beko Virtual: Tren Desain Rumah Paska Pandemi, Rabu (17/11/2021).

Sang arsitek pun menambahkan bahwa setidaknya untuk sekarang terdapat empat tips desain rumah yang muncul akibat dari kehadiran pandemi Covid-19, berikut Popmama.com telah siapkan ulasannya lebih lanjut.

1. Pentingnya area terbuka dalam sebuah hunian

1. Penting area terbuka dalam sebuah hunian
Freepik/mrsiraphol

Tanpa disadari, penyertaan area terbuka di rumah rupanya mempunyai sejumlah manfaat. Sirkulasi udara dapat mengalir lebih segar, apalagi jika desain sebuah rumah dilengkapi dengan ceiling yang tinggi.

Selain itu, pencahayaan alami yang merata juga menjadi langkah tepat untuk penghematan energi. Area terbuka di rumah dapat dihiasi dengan beberapa tanaman untuk menerapkan konsep penghijauan, ini tentu dapat memberi dampak memenangkan bagi penghuninya sekaligus menghasilkan udara lebih segar dan sehat.

“Konsep seperti ini sangat tepat diterapkan di negara tropis seperti Indonesia,” ujar Ren.

Dengan demikian, adanya ruang terbuka di rumah tidak hanya akan membuat rumah lebih sehat bagi penghuninya, tapi juga sehat untuk lingkungan sekitar.

Editors' Picks

2. Lengkapi rumah dengan area sanitasi

2. Lengkapi rumah area sanitasi
Freepik/lifeforstock

Kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga higienitas seolah sudah menjadi kebiasaan. Aktivitas mencuci tangan serta memastikan barang-barang yang digunakan aman dari bakteri dan virus telah menjadi prioritas utama di tengah pandemi Covid-19.

Maka tak heran, bila saat ini area sanitasi menjadi kebutuhan penting untuk ditempatkan di lingkungan rumah. Pilihlah perangkat sanitasi yang bukan hanya membantu para penghuni rumah terhindar dari bakteri dan virus saja, tetapi juga mendukung desain rumah yang kekinian.

3. Jangan pandang sebelah mata kualitas udara di dalam rumah

3. Jangan pandang sebelah mata kualitas udara dalam rumah
Freepik/shayne_ch13

Berkumpul bersama keluarga tentu menjadi momen berharga bagi setiap orang. Kumpul keluarga akan terasa lebih nyaman jika ruangan tempat berkumpul difasilitasi dengan pendingin ruangan, apalagi jika udara di luar sana sedang terik dan kurang segar.

Tidak hanya memberikan kesejukan pada penghuni rumah, kehadiran pendingin ruangan dan perangkat pembersih udara dapat mengeliminasi bakteri dan kuman yang tak terlihat.

Tentu ini menjadi nilai tambah yang tidak bisa dipandang sebelah mata, mengingat banyaknya virus dan bakteri berbahaya tersebar dari udara di luar sana.  

4. Ruang dapur menjadi fokus baru dalam hal mendesain rumah idaman

4. Ruang dapur menjadi fokus baru dalam hal mendesain rumah idaman
Freepik/pvproductions

Tak kalah penting dari ruangan lain, tampilan area dapur kini jadi fokus baru dalam mendesain rumah idaman. Area memasak yang umumnya dekat dengan area makan kerap memiliki fungsi ganda, baik sebagai tempat berkumpul keluarga maupun tempat bekerja di rumah (WFH).

Berbagai furnitur di dapur memiliki fungsi ganda, ada yang berfungsi sebagai penambah estetika ruangan, dan ada juga yang mendukung anggota keluarga untuk menerapkan hidup yang lebih sehat.

Nah itu dia empat tips desain rumah yang muncul berkat adanya pandemi Covid-19. Semoga informasinya membantu ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.