6 Cara Mengusir Lintah di Rumah dengan Mudah

Lintah bisa diusir dari rumah menggunakan beberapa cara

17 April 2021

6 Cara Mengusir Lintah Rumah Mudah
technologynetworks.com

Jika mendengar kata lintah tentu akan langsung terbayang kemampuan hewan satu ini dalam mengisap darah. Lintah bisa muncul di sekitar rumah, terutama yang memiliki sumber air seperti kolam di halaman belakang.

Lintah pun bisa masuk ke dalam rumah dan bisa menakutkan untuk si Kecil. Ketika hal tersebut terjadi, Mama perlu mengusir lintah agar tidak menganggu. 

Mama pasti khawatir kalau lintah bisa mengigit dan mengisap darah si Kecil. Oleh sebab itu, keberadaan lintah harus dihilangkan dengan beberapa cara agar Mama dan keluarga bisa menjalani kegiatan kembali di rumah. 

Apa Saja Penyebab Munculnya Lintah di Rumah?

Apa Saja Penyebab Muncul Lintah Rumah
nymag.com

Lintah umumnya menyukai tempat yang basah dan lembap, seperti sungai, rawa atau selokan. Nah, jika ada lintah yang masuk ke halaman rumah, tentu Mama perlu mengetahui faktor penyebabnya. Salah satunya, yakni selokan atau aliran sungai di sekitar rumah.

Lintah dari selokan atau sungai di sekitar rumah bisa berjalan memasuki pekarangan rumah, bahkan kamar mandi untuk mencari hewan atau media lain sebagai makanannya. Untuk menghindari lintah masuk ke kamar mandi, Mama perlu pastikan lubang saluran pembuangan selalu tertutup, sebab itu bisa menjadi jalan yang dilalui lintah untuk masuk ke kamar mandi.

Jika Mama ingin mengetahui cara membasmi lintah di rumah, kali ini Popmama.com telah merangkumnya yang dilansir dari beberapa sumber.

1. Garam berguna untuk mengusir lintah

1. Garam berguna mengusir lintah
Pexels/lorena-martinez-1218850

Salah satu cara mengusir lintah yang sudah terkenal di masyarakat, yakni dengan menggunakan garam.

Mama hanya perlu menaburkan garam di kepala dan tubuh lintah. Dengan begitu, lintah akan jatuh dari dinding dan mati dalam hitungan menit. Selain itu, apabila di rumah terdapat kolam ikan, garam juga ampuh menghilangkan lintah di dalam kolam ikan lho, Ma.

Editors' Picks

2. Lemon dan baking soda menjadi dua kombinasi saat mengusir lintah

2. Lemon baking soda menjadi dua kombinasi saat mengusir lintah
Pexels/fotios-photos

Mungkin cara menghilangkan lintah dengan menggunakan lemon dan baking soda jarang terdengar, tetapi nyatanya kedua media ini ampuh untuk mengusir lintah. 

Lemon dan baking soda merupakan dua kombinasi yang sempurna untuk menghilangkan lintah. Apalagi lemon bersifat asam.

Lalu, bagaimana cara penggunaannya? Buatlah pasta lemon dan baking soda dengan mencampurkan keduanya. Tuangkan pasta tersebut ke tubuh lintah. Cara tersebut akan membuat tubuh lintah jatuh dan menyusut.

3. Alkohol bisa dituangkan sedikit untuk mengusir lintah

3. Alkohol bisa dituangkan sedikit mengusir lintah
Pexels/artempodrez

Cara ampuh mengusir lintah selanjutnya, yakni alkohol. Mama bisa dengan mudah menuangkan sedikit alkohol ke tubuh lintah yang akan membuatnya bisa jatuh dengan cepat.

Penggunaan alkohol ampuh untuk mengusir lintah dengan cepat, apalagi jika lintah tertempel di dinding atau tepat di tubuh kita. 

4. Cuka bisa menyebabkan iritasi pada tubuh lintah

4. Cuka bisa menyebabkan iritasi tubuh lintah
Freepik/mdjaff

Cuka umumnya menjadi salah satu perasa dalam masakan, tetapi larutan yang satu ini ternyata juga bisa bekerja secara efisien dalam menghilangkan lintah dengan cepat.

Jika Mama memiliki cuka di dapur, tuangkan setengah tutup cuka ke tubuh lintah. Cuka ini akan menyebabkan iritasi pada lintah dan membuatnya cepat lepas, bahkan jatuh tak berdaya. 

5. Daun tembakau bisa membunuh dan menghilangkan lintah

5. Daun tembakau bisa membunuh menghilangkan lintah
Freepik/freepik

Jika biasanya tembakau dijadikan bahan utama pada rokok, ternyata tembakau menjadi salah satu cara mudah membunuh dan menghilangkan lintah.

Mungkin akan sedikit sulit menemukan daun tembakau setiap saat, tetapi cara ini bisa digunakan jika Mama berada di area yang menjadi tempat tinggal lintah. Misalnya saja jika sedang berenang dan kemungkinan memasuki wilayah yang terdapat banyak lintah, jadi jangan lupa untuk siapkan daun tembakau.

Cara menggunakannya, cukup rendam beberapa daun tembakau kering dan parut dalam sedikit air. Untuk melepaskan lintah dari tubuh, tuangkan daun tembakau yang telah dibasahi ke badan lintah dan dalam beberapa detik lintah akan menyusut, bahkan jatuh. 

6. Cairan antiseptik bisa membuat lintak tak berdaya

6. Cairan antiseptik bisa membuat lintak tak berdaya
Pexels/cottonbro

Berbagai cairan antiseptik yang dijual di pasaran ternyata tak hanya berguna untuk membersihkan diri dari kuman, melainkan bisa juga menghilangkan lintah yang menempel di tubuh.

Bawalah cairan antiseptik ketika Mama pergi berenang untuk berjaga-jaga jika ada lintah menempel di tubuh. Mama bisa langsung tuangkan cairan antiseptik ke tubuh lintah yang akan membuatnya jatuh dengan cepat.

Nah, itulah beberapa cara mudah menghilangkan lintah di rumah atau bahkan yang menempel di tubuh. Usahakan untuk tidak panik saat ada lintah ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.