5 Cara Mudah Mengusir Kelabang di Rumah

Terapkan ini agar kelabang di rumah bisa benar-benar terusir ya, Ma!

2 Februari 2019

5 Cara Mudah Mengusir Kelabang Rumah
billclarkbugsperts.com

Hadirnya kelabang di dalam rumah tentu akan membuat situasi menjadi kurang nyaman. Apalagi kelabang termasuk hewan yang bisa mengigit manusia, sehingga berbahaya bila ada di dekat si Kecil. 

Kelabang biasanya akan hadir di dalam rumah saat musim dingin. Hawa dingin membawa kelabang hadir dan berkeliaran di sekitar rumah, terutama dalam kamar mandi. 

Untuk Mama yang berniat mengusir kelabang di rumah dan demi kenyamanan keluarga, kali ini Popmama.com sudah merangkumnya. 

Semoga informasi ini bisa menginspirasi ya, Ma!

1. Garam, soda api dan cuka

1. Garam, soda api cuka
Unsplash/Edi Libedinsky

Mama pasti memiliki persediaan garam di rumah. Selain garam bisa dipakai untuk mengusir semut, bumbu dapur ini juga bisa mengusir kelabang. 

Taburkan garam dapur ke tubuh kelabang agar membuatnya merasa tidak nyaman. Selain itu, garam dapur juga bisa ditaburkan pada tempat-tempat lembab atau yang biasa disinggahi oleh kelabang. Taburan garam dapat membuat kelabang tidak akan kembali lagi ke tempat tersebut. 

Selain itu, garam juga bisa dicampurkan dengan cuka dan soda api. Caranya mudah, Mama hanya tinggal mencampurkan 5 sendok makan garam dengan 5 sendok makan cuka dan 1 sendok makan soda api. Campurkan dan aduk-aduk ketiga bahan ini sesuai takarannya. 

Setelah semua tercampur, larutan ini bisa dicampurkan ke dalam air bersih untuk mengepel lantai rumah. 

2. Cabe rawit

2. Cabe rawit
Unsplash/Jonathan Niederhoffer

Cabe rawit menjadi salah satu cara alami dalam mengusir atau mencegah kelabang di rumah. Jika memiliki persediaan cabe rawit, Mama bisa menaburkannya ke beberapa titik munculnya kelabang. Namun, taburan cabe rawit ini harus diperhatikan agar tidak dikonsumsi oleh hewan peliharaan di rumah. 

Aroma pada cabe rawit dirasa cukup menyengat, sehingga membuat kelabang muncul kembali di dalam rumah. 

Baca juga:

Editors' Picks

3. Daun pandan 

3. Daun pandan 
home.bt.com

Aroma wangi dari daun pandan memang sangat sedap. Jika banyak orang menyukai aroma dari daun pandan, berbeda dengan kelabang. Hewan yang satu ini sangat tidak menyukai aroma dari daun pandan. 

Untuk mengusir kelabang dari rumah menggunakan daun pandan, cobalah untuk mengiris tipis daunnya. Saat mengiris daun pandan, aromanya akan semakin keluar. 

Kemudian letakkan irisan daun pandan di sudut-sudut ruangan yang biasa dilewati kelabang.  

Baca juga: 

4. Menjaga kebersihan rumah 

4. Menjaga kebersihan rumah 
Unsplash/Alexandra Gorn

Ma, kebersihan di rumah sangat penting diperhatikan agar terhindar dari kehadiran kelabang. 

Selain pada sudut-sudut rumah, kelabang biasanya muncul di sekitar toilet. Kebersihan toilet yang kurang dijaga bisa meningkatkan penyakit serta munculnya kelabang. 

Untuk menghindari populasi kelabang, ada baiknya untuk rajin membersihkan toilet secara rutin. Usahakan satu minggu sekali dibersihkan agar terhindar dari hewan melata ini. 

Sirkulas udara pada toilet juga perlu dipastikan kembali. Toilet yang pengap dan kurangnya paparan sinar matahari akan membuat ruangan menjadi lebih lembap. 

Baca juga: 

5. Cairan pembasmi serangga

5. Cairan pembasmi serangga
thethaiger.com

Selain menggunakan kapur anti serangga dalam mengusir kelabang di rumah, Mama juga bisa menggunakan cairan pembasmi serangga agar semakin efektif dalam membasmi kelabang. 

Banyaknya kelabang di rumah bisa diusir menggunakan cairan pembasmi serangga. Meskipun, cairan pembasmi serangga ini tidak bersifat permanen. Setidaknya kelabang dapat hilang sementara dari sekitar rumah. 

Itulah beberapa cara yang bisa diterapkan Mama dalam mengusir kelabang di rumah. Semoga beberapa tips di atas bisa berguna ya, Ma!

Baca juga: