7 Alasan Penting Kenapa Harus Membersihkan Kulkas

Kulkas yang bersih akan menjaga kesegaran makanan di dalamnya

24 Januari 2021

7 Alasan Penting Kenapa Harus Membersihkan Kulkas
Freepik/Yanalya

Kulkas merupakan alat elektronik yang harus dijaga kebersihannya.

Sebab, kulkas adalah tempat penyimpanan makanan yang akan menjadi sumber nutrisi kita. Kebersihan kulkas akan menjaga kualitas makanan yang kita simpan.

Walaupun sepertinya sepele, tapi sangat penting untuk membersihkan kulkas secara rutin.

Bahkan, Academy of Nutrition and Dietetics menyarankan untuk rutin membersihkan kulkas secara ringan setidaknya seminggu sekali.

Setidaknya ada 7 alasan kenapa harus membersihkan kulkas secara berkala. Simak informasi lengkapnya dari Popmama.com berikut ini ya, Ma!

1. Menjaga kebersihan kulkas

1. Menjaga kebersihan kulkas
Pixabay/mohamed_hassan

Alasan pertama pentingnya membersihkan kulkas sudah pasti karena faktor kebersihan. Terkadang saat menyimpan makanan atau minuman di dalam kulkas ada cairan yang menempel di bagian dasar rak penyimpanan. Entah itu saus, minuman, atau getah dari sayuran dan buah. Dengan membersihkan kulkas secara rutin maka kondisi kulkas akan terus terjaga kebersihannya.

2. Menghindari bau tidak sedap di dalam kulkas

2. Menghindari bau tidak sedap dalam kulkas
Freepik/bearfotos

Membersihkan kulkas secara rutin juga akan membuat aroma di dalam ruang penyimpanan menjadi lebih segar. Kulkas akan terhindar dari aroma yang tidak sedap akibat persilangan berbagai macam makanan.

Editors' Picks

3. Mencegah kemungkinan makanan terbuang

3. Mencegah kemungkinan makanan terbuang
Freepik

Alasan penting mengapa harus membersihkan kulkas yang harus disadari adalah menghindari adanya makanan yang terbuang. Saat membersihkan kulkas, Mama pasti akan mengecek kondisi makanan yang tersimpan. Entah itu dilihat dari tanggal kadaluarsanya atau pun menyicipi makanan-makanan yang tersimpan di dalam kulkas.

4. Menjaga kestabilan suhu kulkas

4. Menjaga kestabilan suhu kulkas
Freepik/A3pfamily

Membersihkan kulkas juga ternyata dapat menjaga kestabilan suhu kulkas. Sebab, jika banyak makanan yang menumpuk pada rak penyimpanan kulkas akan menyebabkan suhu kulkas menjadi tidak stabil. Oleh karena itu, saat membersihkan kulkas pastikan juga untuk segera mengolah makanan yang menumpuk di dalam kulkas. Jika makanan sudah tidak layak konsumsi maka segera buang makanan tersebut.

5. Terhindar dari penyebab penyakit

5. Terhindar dari penyebab penyakit
pixabay/adonyig

Alasan lainnya kenapa harus membersihkan kulkas adalah agar terhindar dari penyakit. Bakteri atau kuman yang berasal dari makanan segar bisa kemungkinan dapat berputar di area dalam kulkas. Hal ini bisa menyebabkan makanan lain menjadi terkontaminasi. 

Selain itu, membersihkan kulkas juga akan menghindari Mama mengonsumsi makanan yang telah lewat dari batas kadaluarsa. Mengonsumsi makanan yang sudah lewat tanggal kadaluarsa bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti mual, muntah, pusing, atau diare.

6. Kulkas menjadi lebih rapi

6. Kulkas menjadi lebih rapi
Freepik

Jika Mama rajin membersihkan kulkas, tertu kondisi ruang penyimpanan di dalam kulkas akan menjadi rapi. Kondisi kulkas yang rapi akan memudahkan Mama saat mencari dan mengambil makanan yang hendak dikonsumsi.

7. Mempermudah menentukan menu masakan

7. Mempermudah menentukan menu masakan
Freepik

Saat kondisi kulkas rapi, bahan-bahan makanan akan lebih mudah terlihat. Sehingga, hal ini akan lebih mempermudah Mama saat membuat menu masakan.

Mama akan lebih mudah menentukan bahan apa saja yang bisa digunakan dan bahan apa saja yang perlu dibelanjakan.

Memerhatikan kebersihan kulkas sangat penting. Membersihkan kulkas akan menjaga makanan yang disimpan di dalamnya. Sehingga kualitas nutrisi makanan yang disimpan akan tetap terjaga.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.