11 Jenis Tanaman Hias Aquascape untuk Mempercantik Aquarium di Rumah

Aquarium akan lebih indah ketika diisi dengan jenis tanaman hias yang tepat

23 Januari 2021

11 Jenis Tanaman Hias Aquascape Mempercantik Aquarium Rumah
Unsplash/Daniel Corneschi

Tanaman hias tidak hanya hidup di daratan saja, melainkan ada jenis yang bisa hidup dan menyesuaikan dirinya di dalam air. 

Hanya saja, Mama jangan salah mengartikannya karena tanaman jenis ini bukan tumbuh di atas tanah yang tergenang air. Melainkan jenis tanaman yang tumbuh dan berkembang di dalam aquarium dan mempercantik setiap sudutnya. 

Jenis tanaman air aquascape bisa dihadirkan di dalam aquarium untuk menambah kesan indah dan memberikan suasana baru sebagai tempat tinggal ikan. Mama hanya perlu mencari jenis tanaman yang cocok untuk menjadi dekorasi di dalam aquarium. 

Kira-kira apa saja jenis tanaman hias aquascape itu ya, Ma? Berikut Popmama.com telah rangkum beberapa tanaman air yang bisa membantu membuat aquarium semakin indah.

1. African Water Fern

1. African Water Fern
aquaticarts.com

African Water Fern termasuk tanaman yang tidak memerlukan pencahayaan yang tinggi. Tanaman ini memiliki daun yang memanjang pada satu tangkai. Dengan bentuknya yang memanjang, maka jenis tanaman air ini bisa diletakan di setiap sudut aquarium. 

Perlu diketahui bahwa tanaman jenis ini bisa hidup pada suhu 22-27 derajat celsius dan sedikit pencahayaan. Jadi, Mama tak perlu repot saat ingin merawatnya. 

2. Amazon Sword

2. Amazon Sword
Tokopedia.com

Amazon Sword termasuk salah satu jenis tanaman hias aquascape yang bisa dipilih untuk mempercantik aquarium di rumah. Perlu diketahui kalau jenis tanaman ini memiliki bentuk seperti pedang memanjang, jadi cocok untuk memberikan sentuhan warna hijau di dalam aquarium. 

Tumbuhan ini mampu bertahan hidup pada suhu 22-28 derajat celsius. Namun, agar tetap tumbuh dengan baik usahakan berikan pencahayaan yang baik.

Mama bisa menempatkan aquarium di dekat jendela atau tempat yang terkena sinar matahari. Hal ini membantu agar tanaman bisa berfotosintesis.

3. Anubias Nana

3. Anubias Nana
Tokopedia.com

Anubias Nana berasal dari Nigeria bagian timur, Kamerun dan Bioko daerah Afrika Barat. Namun, sekarang tanaman ini sudah mudah ditemukan termasuk di Indonesia. Anubias Nana juga mudah dalam merawatnya, jadi cocok untuk Mama yang masih baru pertama kali membeli tanaman air.

Tanaman ini memiliki daun hijau pekat dan bisa diletakan pada semua bagian aquarium. Anubias Nana bisa tumbuh mencapai 15 cm dan bertahan pada suhu 22-28 derajat celsius. Kehadiran tanaman air ini diharapkan membuat aquarium menjadi cantik dan indah saat dilihat. 

4. Aponogeton Ulvaceus

4. Aponogeton Ulvaceus
bukalapak.com

Aponogeton Ulvaceus yang berasal dari Madagaskar ini memiliki daun unik. Keunikan bisa dilihat dari bentuknya yang tampak memelintir atau spiral. Warna daun pada tanaman ini hijau sehingga aquarium menjadi lebih segar dan asri. 

Tanaman Aponogeton Ulvaceus dapat tumbuh mencapai 60 cm, jadi lebih cocok diletakan pada bagian belakang aquarium sebagai penghias. Selain itu, Aponogeton Ulvaceus juga mudah dirawat. Jadi, Mama tak perlu perhatian khusus untuk menanam jenis tanaman aquascape ini.

Editors' Picks

5. Bacopa SP Colorata

5. Bacopa SP Colorata
Tokopedia.com

Bacopa SP Colorata memiliki bentuk dan warna yang unik sebagai salah satu jenis tanaman hias di dalam aquarium. Jika diperhatikan warna daunya seperti hijau kemerahan atau hijau kebiruan. Jadi, perkembangan warna pada daunnya tidak menentu.

Dengan warnanya yang unik membuat suasana aquarium tampak berbeda dan indah. Bacopa SP Colorata cocok diletakan pada bagian tengah atau sudut aquarium, lalu ditambahkan dengan hiasan lainnya. Tanaman ini membutuhkan cahaya dan karbondioksida yang sedang agar bisa tumbuh secara maksimal.

6. Cabomba Caroliniana

6. Cabomba Caroliniana
Tokopedia.com

Cabomba Caroliniana termasuk jenias tanaman dari Amerika Selatan yang memiliki daun berbentuk bulu-bulu. Cabomba Caroliniana merupakan jenis tanaman aquascape yang tumbuh paling cepat dan bertahan pada suhu 15-26 derajat celsius.

Tanaman ini cocok diletakan pada bagian tengah aquarium sebagai tempat bermain ikan. Cabomba Caroliniana hanya membutuhkan karbondioksida dan cahaya sedikit, jadi tak masalah jika ditempatkan jauh dari sinar matahari.

7. Echinodorus X Subulatus Lucanas

7. Echinodorus X Subulatus Lucanas
Tokopedia.com

Echinodorus X Subulatus Lucanas memiliki daun memanjang dan berbentuk lonjong, sehingga membutuhkan ruang yang besar saat berada di aquarium. Jika ingin menjadikan jenis ini tanaman hias di aquarium, maka memerlukan ruang yang cukup luas agar ikan-ikan tidak merasa kesempitan. 

Tanaman ini sangat mudah dalam merawatnya, sebab tidak perlu diberikan perhatian khusus. Echinodorus X Subulatus Lucanas akan tetap tumbuh dalam perairan apapun serta dalam kondisi cahaya dan suhu apa saja.

8. Eleocharis Parvula

8. Eleocharis Parvula
Tokopedia.com

Eleocharis Parvula memiliki nama lain, yakni Dwarf Hair Grass. Sesuai dengan namanya, daun pada jenis tanaman aquascape ini berbentuk panjang seperti rumput pada umumnya. Jadi, Eleocharis Parvula bisa dijadikan sebagai alas aquarium.

Tanaman Eleocharis Parvula dapat tumbuh dengan cepat dan berkembang di sekitar batu. Eleocharis Parvula cocok berada pada suhu 22-25 derajat celsius. Mama bisa sesekali menempatkan aquarium di dekat cahaya matahari, sehingga tanaman ini bisa tumbuh dengan baik.

9. Hemianthus Callitrichoides

9. Hemianthus Callitrichoides
bukalapak.com

Hemianthus Callitrichoides memiliki daun-daun yang sangat kecil, sehingga sering sekali menjadi salah satu favorit bagi pengoleksi tanaman aquascape. Tanaman ini juga dikenal dengan nama Dwarf Baby Tears. Jika diperhatikan, bentuk tanaman ini kecil. Mama bisa menempatkannya di sudut-sudut, sekitar bebatuan atau dijadikan sebagai alas pada aquarium.

Perawatan pada Hemianthus Callitrichoides pun cukup mudah, bahkan dapat tumbuh lebat di sekitar aquarium. Tanaman ini cocok tumbuh pada suhu sekitar 22-23 derajat celsius. Tempatkan aquarium dekat jendela agar tanaman ini tumbuh mengikuti arahnya sinar matahari.

10. Hygrophila Difformis

10. Hygrophila Difformis
Tokopedia.com

Tanaman air ini juga dikenal dengan nama Water Wisteria. Hygrophila Difformis mudah tumbuh dengan cepat tanpa harus mendapatkan perawatan lebih. Jika sudah diletakan di aquarium, Mama tak perlu repot untuk merawat tanaman ini.

Perlu diketahui bahwa tanaman ini dapat tumbuh pada suhu air 23-28 derajat celsius. Biasanya tanaman ini bisa diletakan di bagian bawah atau sebagai alas, sehingga aquarium terlihat lebih cantik. Tanaman Hygrophila Difformis perlu mendapatkan pencahayaan yang baik ya, Ma.

11. Pakis Lidah

11. Pakis Lidah
Shopee.co.id

Pakis Lidah mempunyai daun yang memanjang, bahkan bagian pinggirnya terlihat seperti gelombang atau bergerigi. Tanaman ini tumbuh dari batang yang disebut dengan rimpang. Pakis Lidah mampu menyerap nutrisi dari air lewat daun dan akar.

Tanaman ini bisa tumbuh dengan pencahayaan yang lebar dan dapat bertahan tanpa karbondioksida. Pakis Lidah bisa menjadi salah satu tanaman yang bisa dipilih untuk menghiasi aquarium. 

Itu dia beberapa jenis tanaman air aquascape yang cocok untuk mempercantik aquarium di rumah. Mama perlu memposisikan berbagai jenis tanaman di atas dengan baik, bahkan bisa dikombinasikan apabila memiliki aquarium besar. 

Banyaknya tumbuhan juga bisa membuat ikan-ikan semakin nyaman di dalam aquarium. Semoga informasinya berguna ya, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.