9 Jenis Tanaman Hias Sirih Gading yang Bercorak Cantik

Segera dikoleksi berbagai jenis tanaman sirih gading untuk dekorasi rumah yuk, Ma!

16 Agustus 2021

9 Jenis Tanaman Hias Sirih Gading Bercorak Cantik
Pexels/Huy Phan

Tanaman hias kembali menjadi tren sejak 2020. Banyak tanaman hias yang menjadi langka dan harganya naik karena permintaan pembeli semakin tinggi. Tren bercocok tanam memang sedang digemari banyak orang, bahkan membantu menjaga kesehatan mental di waktu luang. 

Tanaman hias memang banyak dikoleksi sebagai dekorasi rumah. Rumah pun akan tampak hijau dan segar jika terdapat tanaman hias. Selain itu, udara ruangan juga menjadi sejuk.

Sirih gading merupakan salah satu tanaman hias yang banyak diminati karena keunikannya. Hal ini dikarenakan bentuk daunnya, bahkan mempunyai motif dan warna yang berbeda-beda. Tak hanya bisa mempercantik ruangan, tanaman hias jenis ini pun mudah dirawat.

Kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa tanaman hias jenis sirih gading yang bercorak cantik.

Disimak jika ingin mengoleksi tanaman sirih gading ya, Ma!

1. Sirih gading gletser

1. Sirih gading gletser
Tokopedia.com

Sirih gading glester termasuk jenis tanaman yang daunnya berbentuk hati. Keunikan daun berbentuk hati tersebut membuat tanaman ini unik dan diminati oleh banyak orang. Selain itu, coraknya pun cukup beragam karena memiliki warna perak atau abu-abu dan putih.

Tanaman jenis sirih gading ini cocok dijadikan hiasan meja tamu untuk mempercantik sudut ruangan. Untuk perawatannya sendiri cukup mudah, Mama hanya perlu melakukan penyiraman setiap hari agar tanah tetap lembap.

Pemberian pupuk bisa dilakukan satu bulan sekali agar tanaman tumbuh subur sesuai dengan harapan. 

2. Sirih gading hijau

2. Sirih gading hijau
Tokopedia.com

Sirih gading hijau juga termasuk tanaman cantik yang bisa memperindah setiap sudut ruangan di rumah. Tanaman ini memiliki daun berwarna hijau tua dan corak putih di sekitarnya. 

Walau hanya memiliki corak yang sedikit di permukaan daunnya, namun jenis sirih gading hijau paling banyak memiliki daun. Daun sirih gading hijau bisa tumbuh dengan lebat apabila dirawat dengan baik. 

Dalam merawatnya jenis tanaman ini, Mama perlu melakukan penyiraman secara tepat. Usahakan penyiraman dilakukan secukupnya saja agar tanah tetap lembap. Pemberian pupuk pun bisa dilakukan satu bulan sekali.

Sirih gading hijau ini cocok dijadikan hiasan rumah karena warnanya bisa membuat rumah menjadi asri dan segar. Asalkan tetap dirawat dengan baik ya, Ma.

3. Sirih gading jessenia

3. Sirih gading jessenia
Tokopedia.com

Sirih gading jenis ini bisa disebut juga dengan kultivar epipremnum aureum. Perlu Mama ketahui bahwa sirih gading jenis ini juga terkenal di kalangan pecinta tanaman hias.

Daunnya yang berwarna hijau tua dipadukan dengan kuning membuat tanaman ini terlihat cantik. Perpaduan kedua warna ini membentuk motif seperti ada efek marmer. 

Daun pada jenis sirih gading ini juga berukuran lebih kecil daripada yang lainnya. Perpaduan warna dan ukuran daunnya yang kecil membuat  sirih gading jenis ini bisa membuat mata menjadi segar karena bisa mempercantik ruangan. 

Jika perawatannya tepat, maka jenis ini bisa tumbuh subur dan memiliki daun yang merambat. 

Editors' Picks

4. Sirih gading kuning

4. Sirih gading kuning
Tokopedia.com

Sirih gading kuning banyak ditemukan di Indonesia. Hal ini dikarenakan jenis sirih gading kuning bisa tumbuh subur di daerah iklim sedang atau tropis dan sub-tropis. Selain di Indonesia, tanaman sirih gading kuning juga sering sekali ditemukan Australia Utara, Asia Tenggaran dan daerah sekitarnya.

Sesuai namanya, daun yang dimiliki jenis sirih gading ini memang didominasi oleh warna kuning terang atau neon. Jika dirawat dengan baik, Mama akan melihat daun dari sirih gading kuning bisa tumbuh subur. Biasanya akan ada banyak daun di setiap satu tangkainya dan merambat. 

Sirih gading kuning juga mudah dirawat, cukup ditempatkan pada pot sedang dan menyiramnya setiap hari agar tanah tetap lembap.

5. Sirih gading manjula

5. Sirih gading manjula
Tokopedia.com

Sirih gading manjula memiliki perpaduan warna daun yang menawan karena ada gradasi antara hijau dan putih. Tanaman jenis sirih gading ini memiliki banyak manfaat, yaitu menyaring udara kotor di ruangan dan asap rokok. Tak hanya cantik, kehadiran sirih gading manjula bisa membantu udara di sekitar rumah menjadi lebih bersih. 

Jenis sirih gading manjula ini cocok di tempatkan pada ruangan yang teduh, sehingga tidak terlalu terkena banyak sinar matahari. Tanaman hias jenis ini juga bisa direndam pada air, asalkan ditempatkan di dekat cahaya matahari.

6. Sirih gading marble

6. Sirih gading marble
Tokopedia.com

Sirih gading marble berasal dari daratan tropis yang masih termasuk keluarga araceae. Daun pada jenis sirih gading marble ini berwarna hijau muda dan memiliki corak putih. Perlu Mama ketahui juga bahwa jenis sirih gading marble dapat tumbuh subur, bahkan bisa mencapai tinggi 2 meter.

Mama bisa menempatkan sirih gading marble di halaman rumah atau dekat dengan jendela untuk mempercantik sudut ruangan. Hal ini dikarena sirih gading marble menyukai cahaya matahari. Tanaman ini populer di kalangan masyarakat karena keunikan daunnya.

7. Sirih gading perak

7. Sirih gading perak
Tokopedia.com

Jenis sirih gading perak memiliki keunikan tersendiri, sehingga menjadi langka dan harganya mahal. Tanaman ini memiliki daun berwarna hijau dan bercorak perak, inilah yang membuatnya berbeda dari yang lain. 

Tanaman hias ini cocok dijadikan dekorasi ruangan karena warna uniknya. Warna perak yang menawan menjadi semakin menarik dengan campuran warna hijau. Mama bisa merawat tanaman ini dengan menyiram setiap hari dan memberi pupuk satu bulan sekali.

8. Sirih gading philo brazil

8. Sirih gading philo brazil
Tokopedia.com

Jenis sirih gading kali ini memiliki corak yang unik karena terdapat perpaduan warna seperti bendera Brazil. Hal ini dikarenakan terdapat warna hijau dan kuning di bagian depan. Tanaman hias jenis ini cukup populer karena warnanya yang segar sekaligus membuat ruangan lebih asri. 

Jika Mama ingin menanam sirih gading philo brazil ini, ada baiknya disiram lebih banyak air daripada jenis lainnya. Tempatkan tanaman ini pada lokasi yang teduh, namun masih tetap terkena sinar matahari yang cukup.

9. Sirih gading ungu

9. Sirih gading ungu
Shopee.co.id

Ternyata jenis sirih gading terdapat warna ungu juga lho, Ma. Jenis sirih gading kali ini memiliki daun berwarna ungu dan bercorak garis-garis putih. Jenis sirih gading bisa tumbuh di daratan tinggi dengan udara yang lembap.

Jadi, sirih gading ini kurang cocok untuk ditanam di tempat panas atau daratan rendah. Maka dari itu, tanaman sirih gading ungu hanya dijual dan tumbuh di beberapa daerah tertentu saja. Perlu diketahui juga kalau tanaman sirih gading ungu sulit ditemukan di pasaran, sehingga Mama perlu sedikit usaha untuk mendapatkannya. 

Itulah beberapa jenis sirih gading yang bermotif cantik untuk dekorasi ruangan. Segera borong dan koleksi semua jenis agar suasana rumah menjadi lebih teduh.

Semoga informasinya bermanfaat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.