7 Tanaman Hias Berdaun Kuning yang Cerah dan Indah

Daun berwarna kuning cocok dijadikan hiasan rumah karena membawa kesan ceria lho, Ma

20 Januari 2021

7 Tanaman Hias Berdaun Kuning Cerah Indah
Pexels/Lum3n

Tren tanaman hias mulai kembali sejak 2020. Hampir semua masyarakat ikut mengoleksi berbagai jenis tanaman hias. Dari mulai warna, bentuk, jenis, dan lainnya. Beberapa ada tanaman hias yang sudah langka karena peminatnya terlalu tinggi sehingga harganya melonjak naik.

Dengan adanya tanaman hias, rumah menjadi lebih asri dan udara menjadi sejuk. Selain itu, tanaman hias juga menyegarakan mata dan menghilangkan stres. Hampir semua masyarakat mengoleksi tanaman karena berbagai manfaatnya.

Bahkan beberapa orang mengoleksi berbagai tanaman hias dari berbagai warna. Ada warna putih, ungu, merah, hijau, bahkan kuning.

Untuk itu Popmama.com telah merekomendasikan beberapa tanaman hias yang memiliki daun berwarna kuning yang ceria.

Simak selengkapnya di bawah ini ya, Ma.

1. Begonia kuning dengan tampilan yang sangat unik

1. Begonia kuning tampilan sangat unik
gardener.id

Tanaman begonia kuning banyak diincar oleh pengoleksi tanaman hias karena keunikannya. Daunnya yang berwarna kuning dan memiliki motif abstrak merah. Jadi, tanaman ini bisa dijadikan dekorasi untuk mempercantik ruangan.

Tanaman begonia juga dipercaya bisa membawa keberuntungan lho, Ma. Cara merawat begonia kuning ini juga mudah cukup siram secara berkala. Serta tempatkan tanaman pada lokasi yang teduh namun masih terkena sinar matahari.

2. Brokoli kuning yang bisa tumbuh sampai 55 centimeter

2. Brokoli kuning bisa tumbuh sampai 55 centimeter
bukalapak.com

Tanaman hias satu ini memiliki daun berbentuk memanjang berwarna kuning. Walaupun namanya berasal dari sayuran, tanaman ini dijadikan sebagai hiasan rumah. Brokoli kuning bisa tumbuh mencapai 55 centimeter.

Cara merawat tanaman hias brokoli kuning juga cukup mudah. Pasalnya tanaman ini membutuhkan air yang pas, tidak kering dan basah. Jadi, pastikan Mama memberikan air yang cukup sehingga kelembapan tanah tetap terjaga. Agar lebih subur, berikan pupuk selama satu bulan sekali.

Editors' Picks

3. Euonymus “Emerald ‘n’ Gold” cocok untuk perkarangan rumah

3. Euonymus “Emerald ‘n’ Gold” cocok perkarangan rumah
Amazon.co.uk

Tanaman ini memiliki daun yang cukup unik karena didominasi oleh warna kuning dan memiliki motif hijau di tengah-tengah. Tanaman ini bisa diletakan pada pekarangan rumah karena bisa tumbuh mencapai 3 kaki.

Untuk perawatannya, Mama bisa menempatkan tanaman hias di pekarangan rumah karena brokoli kuning menyukai sinar matahari. Lakukan penyiraman setiap hari pada waktu pagi dan sore. Mama perlu juga memangkas bagian atas brokoli kuning agar tumbuh lebih lebat.

4. Lidah mertua tanaman yang cocok untuk di sudut ruangan

4. Lidah mertua tanaman cocok sudut ruangan
Shopee.co.id

Tanaman hias kali ini bernama lidah mertua yang cukup populer di kalangan masyarakat. Pasalnya lidah mertua mempunyai bentuk seperti pedang panjang yang kokoh. Selain bentuknya yang kokoh, lidah mertua memiliki motif berwarna kuning pada bagian ujungnya.

Tanaman lidah mertua cocok diletakan di pekarangan rumah atau sudut ruangan sebagai dekorasi ruangan.

Ternyata lidah mertua mampu menyerap udara kotor dan radiasi pada alat elektronik. Tanaman hias ini juga mampu tumbuh ditempat minim sinar matahari dan air.

5. Puring yang harus ditempatkan terkena matahari

5. Puring harus ditempatkan terkena matahari
Tokopedia.com

Tanaman puring berasal dari kawasan tropis. Puring cukup populer dikalangan masyarakat karena memiliki warna yang banyak.

Puting memiliki daun yang oval, bergelombang, dan ramping. Tanaman puring ini memiliki warna yang cerah sehingga mempercantik ruangan. Warna yang dimiliki daun puring adalah kuning, merah, hijau, dan ungu.

Tempatkan tanaman hias ini pada tempat yang lembab dan terkena sinar matahari yang cukup agar nutrisi dapat terpenuhi. Tanaman hias puring juga bisa ditempatkan pada sudut ruangan.

6. Sirih gading kuning, tanaman yang gampang dirawat

6. Sirih gading kuning, tanaman gampang dirawat
Tokopedia.com

Tanaman sirih gading memiliki banyak jenis dan warna. Sirih gading kali ini memiliki warna kuning cerah sehingga cocok membuat ruangan menjadi cantik. Tanaman sirih gading dapat subur di daerah beriklim tropis atau sub-tropis.

Daun pada sirih gading kuning didominasi oleh warna kuning cerah dan tumbuh pada satu tangkai saja. Hal ini dikarenakan sirih gading tumbuh secara merambat. Tanaman sirih gading kuning ini juga mudah dirawat, cukup tempatkan pada pot dan lakukan penyiraman secara berkala agar tanah tetap lembap.

7. Walisongo mentega juga memiliki daun kuning

7. Walisongo mentega juga memiliki daun kuning
Shopee.co.id

Tanaman wali songo mentega ini cukup unik karena memiliki daun berwarna hijau dan kuning. Tanaman ini juga tumbuh secara bergerombol. Corak pada daun wali songo mentega tak menentu, jadi daun bisa didominasi oleh warna hijau atau kuning.

Selain sebagai hiasan rumah, tanaman wali songo mentega juga dapat menyerap udara dengan baik sehingga menjadi lebih bersih dan sejuk. Wali songo mentega cukup mudah dalam merawatnya, cukup siram tanaman ini setiap hari pada pagi dan sore. Serta beri pupuk selama satu bulan sekali.

Itulah beberapa tanaman yang berwarna kuning dan bisa dijadikan hiasan untuk dekorasi di rumah. Jika Mama ingin mempunyai tanaman hias berdaun kuning, segera borong ya, Ma agar tidak kehabisan dan menjadi langka.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.