Istri Bad Mood Saat Hamil? Suami Perlu Lakukan Ini Ya

Istri suka ngambek tiba-tiba saat sedang hamil? Sabar ya, ini yang harus dilakukan oleh para suami

15 Februari 2019

Istri Bad Mood Saat Hamil Suami Perlu Lakukan Ini Ya
surfolks.com

Salah satu faktor yang bisa membuat istri mengalami badmood yaitu hormon. Di saat hamil, hormon esterogen dan progesteron di darahnya meningkat secara signifikan. Hal ini bisa memengaruhi neurotransmiter, bahan kimia di otak yang mengatur suasana hati. Selain hormon tersebut banyak faktor yang memengaruhi kenapa istri jadi suka badmood saat hamil.

Faktornya, yaitu kelelahan, stres, perubahan metabolisme, serta ketidaknyamanan yang timbul saat hamil seperti morning sickness, nyeri payudara, atau pegal-pegal.

Mama juga akan memikirkan beberapa hal yang bisa membuatnya resah seperti bagaimana rasanya melahirkan, apakah dia bisa menjadi orangtua yang baik, atau apakah bayinya akan lahir sehat. Pertanyaan itu terus menghantui para Mama yang menjadikannya tambah sensitif.

Sebagai suami siap siaga yang baik, Berikut ini Popmama.com bagikan cara mengatasi si Istri yang sedang badmood:

1. Temani istri berolahraga

1. Temani istri berolahraga
Istockphoto.com/Six_Characters

Ajak istri untuk berolahraga karena aktivitas ini menjadikan suasana hatinya lebih baik. Cukup lakukan olahraga ringan seperti jalan-jalan santai di sore hari.

Menghirup udara segar di pagi hari bersama tentu juga akan jadi kegiatan yang menyenangkan. Ketika istri keletihan, suami bisa menyemangati dan memberikan perhatian layaknya suami siaga. 

Atau lakukan kegiatan berenang dan memandunya saat berenang akan menambah hubungan kalian semakin dekat di masa kehamilannya. Mengantarnya mengikuti kelas yoga khusus untuk ibu hamil juga bisa menjadi pilihan.

Editors' Picks

2. Pastikan dia tidur cukup

2. Pastikan dia tidur cukup
Freepik/phduet

Suasana hati akan sulit untuk dikendalikan ketika istri kelelahan atau kurang tidur. Jadi, sebisa mungkin pastikan istri beristirahat dengan cukup. Jika ia tidak nyenak saat tidur malam, ingatkan istri untuk mencoba tidur di siang hari.

Suami harus siaga membantu istri yang sedang kerepotan dengan pekerjaan rumah. Karena jika suami membantu istri dalam pekerjaan rumahnya, istri pun akan lebih banyak mendapatkan waktu yang dipakai untuk istirahat. 

Istirahat yang cukup pada masa kehamilan dapat mengembalikan mood istri yang suka berubah. 

3. Ajak dia ngobrol 

3. Ajak dia ngobrol 
telegrafi.com

Saat suasana hatinya seperti ini, salah satu cara terbaik adalah mengajaknya ngobrol untuk mengembalikan mood. Suami bisa membuka sesi untuk istri mencurahkan segala pikiran yang ada dihatinya.

Namun, saat istri curhat, suami harus menjadi teman dan pendengan yang baik. Jangan mengkritik perubahan sikap istri karena itu membuatnya merasa tidak dimengerti. Cukup dengarkan keluh kesahnya.

Dan ketika si Istri mulai mengeluarkan perasaan sebenarnya ketika masa kehamilannya itu, hanya satu yang bisa suami lakukan untuk menenangkannya, berikan ia pelukan dan kecupan di kening. Istri mungkin sedang mengalami pra baby blues saat itu. 

4. Senangkan dia

4. Senangkan dia
Freepik/rawpixel.com

Lakukan hal-hal yang bisa membuatnya senang seperti makan malam di restoran romantis dan pesankan makanan kesukaannya. Suami juga bisa mengajaknya jalan-jalan atau liburan. Yang sekarang biasa disebut babymoon. Babymoon bisa menghilangkan stres dan mempererat hubungan suami istri sebelum kelahiran si Kecil. 

Mengajaknya nonton film di bioskop, atau melakukan hal apa pun yang dia suka. Sebisa mungkin turuti apa mau si Istri. Usahakan untuk mengabulkan masa ngidamnya.

Kegiatan menggembirakan ini bisa membuat sang istri terlepas dari stres dan suami akan jadi sosok yang pengertian bagi istri. 

Baca juga: Apakah Manfaat Babymoon untuk untuk Ibu Hamil?

5. Berikan sentuhan kehangatan untuknya 

5. Berikan sentuhan kehangatan untuknya 
www.vlmassage.com
Suami manjakan istri saat hamil

Selain menghilangan badmood, pijatan yang diberikan suami bisa membuat hubungan semakin hangat, lho. Istri sangat butuh diperhatikan dan disayang oleh suami. Selain itu, suami bisa menepuk pundak istri dengan sayang.

Seseringlah juga memberikan pelukan hangat ketika ia merasa sedah letih akibat tenaganya terkuras di masa kehamilan. Istri akan merasa lebih tenang dengan perlakuan suaminya itu. 

Ternyata pengertian yang harus diberikan oleh suami saat istri sedang badmood sangat berpengaruh dengan kondisi kesehatan bayi juga ibunya. Yang terpenting adalah selalu menghargai dan menjaga sikap pada sang istri, jangan ikut terbawa emosi. Karena mengandung selama 9 bulan sudah merupakan masa yang sulit bagi perempuan.

Untuk itu suami harus sabar menghadapi istri yang sedang badmood mendadak ya. Semangat, Pa!
 

Baca juga: Cara Mengatasi Perubahan Mood Selama Hamil

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.