Beredar Info Indonesia Buat Program '1 Suami 2 Istri', Apakah Benar?

Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata hoax!

16 Mei 2020

Beredar Info Indonesia Buat Program '1 Suami 2 Istri', Apakah Benar
Pexels/Jasmine Wallacea

Baru-baru ini, beredar informasi bahwa Indonesia akan membuat program '1 Suami 2 Istri'. Kabar yang mengejutkan ini pun cukup membuat resah masyarakat, khususnya pasangan suami istri. 

Diketahui, kabar tersebut berawal dari salah satu artikel yang dimuat pada 2 situs, yaitu laman jurnalis.my.id dan indralayanews.com.

Namun, setelah ditelusuri lebih lanjut ternyata kabar tersebut adalah hoax. Berikut rangkuman lengkap yang telah Popmama.com lansir dari berbagai sumber. 

Editors' Picks

1. Beredar luas di media sosial

1. Beredar luas media sosial
Pexels/Freestock.org

Artikel mengenai program "Indonesia 1 Suami 2 Istri" muncul pada 2 situs yang berbeda. Hal ini diketahui dari unggahan pada media sosial.

Pertama, seorang pengguna Facebook membagikan link artikel berjudul "Indonesia Akan Selenggarakan Program 1 Suami 2 Istri, Sepakat Tidak Beberapa Istri?". Link tersebut diupload oleh akun bernama Law Mitra.

Kemudian, terdapat satu akun Facebook lainnya bernama Romaindah. Selain membagikan link artikel serupa, ia juga menuliskan keterangan, "Sepakat tidak??." 

2. Isi tak sesuai dengan judul artikel

2. Isi tak sesuai judul artikel
Pexels/Pixabay

Setelah diselidiki, ternyata isi link yang telah dibagikan oleh kedua pemilik akun Facebook tidak sesuai dengan judul artikelnya. Hal ini didukung oleh hasil penelusuran oleh team Mafindo yang diambil Pikiranrakyat-Depok.com.

Isi link yang mengatakan di Indonesia akan membuat program 1 suami, 2 istri ialah hoax dan masuk dalam kelompok false connection.

Dikarenakan tidak adanya korelasi antara judul dengan isi di dalamnya. Sebenarnya, isi link tersebut adalah tulisan hasil video wawancara dari aktor pria asal Malaysia yang poligami. 

3. Setelah ditelusuri tenyata hoax

3. Setelah ditelusuri tenyata hoax
Pexels/Vlada Karpovich

Dikutip dari berbagai sumber, informasi yang menyebutkan Indonesia akan membuat program 1 Suami 2 Istri merupakan informasi yang salah.

Hal ini karena link yang tersebar meluas tersebut sama sekali tidak membahas tentang rencana Indonesia akan membuat program 1 Suami 2 Istri.

Artikel sebenarnya hanya berisi tentang wawancara pelaku poligami bersama kedua istrinya yang berasal dari Malaysia.

Jadi, alangkah lebih bijak apabila mencari tahu kebenaran terlebih dahulu.

Tidak langsung percaya saat mendapatkan informasi dari internet.

Hal ini untuk mencegah kesalahpahaman dan menghentikan peredaran berita bohong agar tak semakin meluas. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.