Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Fakta Menarik Keluarga Erina Gudono, Calon Istri Kaesang Pangarep

Mantan finalis putri Indonesia ini memiliki sosok mama yang kuat

9 Desember 2022

5 Fakta Menarik Keluarga Erina Gudono, Calon Istri Kaesang Pangarep
Instagram.com/erinagudono

Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep akan menikahi mantan finalis Putri Indonesia 2020, Erina Gudono. Pernikahan Kaesang dan Erina akan berlangsung pada 10 Desember 2022. Nama Erina pun kini ramai jadi perbincangan setelah kabar pernikahan tersebut. 

Erina diketahui lahir di Amerika Serikat pada 11 Desember 1996. Memiliki nama Lengkap Erina Sofia Gudono, dirinya mulai dikenal luas oleh publik ketika mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi finalis ajang Putri Indonesia. 

Memiliki papa seorang profesor dan mama yang tegas, calon istri Kaesang ini mempunyai latar belakang keluarga yang sangat menarik untuk dikulik.

Penasaran seperti apa keluarga Erina Gudono? Kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa fakta menarik keluarga Erina Gudono.

Yuk, disimak!

1. Papanya seorang profesor

1. Papa seorang profesor
Instagram.com/shaniagudono

Papa Erina diketahui bernama Prof. Dr. Gudono, MBA yang pernah menjadi dosen di Universitas Gadjah Mada (UGM), perguruan tinggi tempat Presiden Jokowi menuntut ilmu.

Profesor Gudono adalah dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gajah Mada (UGM) pada Departemen Akuntansi. Selain menjadi dosen, dia juga merupakan Guru Besar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UGM.

Papa Erina diketahui lahir di Semarang, 26 Mei 1963. Ia meninggal dunia pada tahun 2016 lalu.

Editors' Picks

2. Erina mengenang sosok papa yang membentuk karakternya

2. Erina mengenang sosok papa membentuk karakternya
Instagram.com/Erinagudono

Pada Mei 28 2022, hari ulang tahun papanya, Erina mengunggah video singkat yang berisi kenangannya bersama sang profesor. Dia berkata sejak enam tahun papanya meninggal, rasa rindu terhadap sosok yang mengajarkannya banyak aspek kehidupan adalah hal yang muncul setiap hari. 

"Sudah enam tahun sejak dia meninggal dan tidak ada hari yang aku habiskan untuk tidak merindukan dan memikirkannya. Dialah yang mengajariku untuk mandiri, tabah, penyayang, dengan anggun dan sikap," sebagaimana tertulis di salah satu unggahan Erina dalam bahasa Inggris. 

Erina juga mengenang bahwa papanya selalu memberi tantangan agar dapat mendobrak batas. Bahkan napas terakhir papanya tetap digunakan untuk membentuk karakter anaknya menjadi seorang yang lebih mandiri. 

"Hal terakhir yang aku ingat dia katakan kepada saya sebelum dia meninggal, 'aku (papanya) tidak akan tinggal selamanya di dunia ini membimbing kamu, jadi kamu harus bisa melakukan ini sendirian'," tulis Erina mengenang pelajaran hidup yang diberikan papanya. 

3. Terima kasih Erina untuk mamanya sebagai single mother

3. Terima kasih Erina mama sebagai single mother
Instagram.com/Erinagudono

Saat lulus perguruan tinggi, pada 2 September 2018, Erina mengunggah serangkai foto wisuda. Salah satu foto menunjukkan potret dirinya dan mama tercinta.

Mantan finalis Putri Indonesia ini juga mengungkap rasa terima kasih pada mamanya yang selama ini sudah membimbing dirinya. Apalagi mamanya telah berperan sebagai orangtua tunggal. 

"Alhamdulillah, terima kasih mama yang membesarkan aku walaupun harus berdiri sendiri, untuk papa yang sepanjang hidupnya menginspirasi dan doanya selalu menyertai, dan untuk semua keluarga yang cintanya selalu membersamai," tulis Erina.  

4. Persaudaraan yang kompak

4. Persaudaraan kompak
Instagram.com/shaniagudono

Erina merupakan anak ketiga dari empat bersaudara. Erina memiliki kakak laki-laki bernama Allen dan adik perempuan, Shania Gudono. Keluarga ini kerap kali membagikan momen ceria di sosial media. 

Bahkan, dalam satu video mereka terlihat kompak menirukan opening serial 2000an yang berjudul Meteor Garden. Dalam beberapa kesempatan, Shania bahkan sering membagikan foto Erina dan keluarganya, seolah seperti fotografer pribadi keluarganya. 

5. Keluarga Erina antusias siapkan pesta pernikahan

5. Keluarga Erina antusias siapkan pesta pernikahan
Instagram.com/erinagudono

Sejumlah persiapan dilakukan keluarga Erina Gudono, termasuk warga RT 03 RW 58 dan 59 Purwosari, Sinduadi, Mlati, Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk pernikahan Erina dan Kaesang Pangarep.

Dalam pertemuan di serambi timur Masjid Al Hidayah itu, terdapat keluarga Erina Gudono dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno beserta istri. tak berhenti sampai di sana, para pemuda dan warga kampung dengan antusias mengikuti pertemuan itu.

Pakde Erina bernama Muhaimin menyatakan sejumlah persiapan awal sudah dilakukan untuk pernikahan keponakannya tersebut. Ia bahkan menegaskan pertemuan ini masih tahap awal. 

Kini pasangan ini sudah semakin dekat dengan momen pernikahan. Kita doakan agar momen pernikahan Erina dan Kaesang Pangarep diberi segala kelancaran ya, Ma. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk