5 Perubahan Positif Setelah Menjadi Orangtua

Menjadi orangtua membawa nilai positif dalan kehidupan kita diantaranya lebih menghargai orangtua.

6 Maret 2019

5 Perubahan Positif Setelah Menjadi Orangtua
Pexels/Shari Murphy

Menjadi orangtua merupakan suatu berkah dan anugerah dari Tuhan yang tidak ternilai harganya. Banyak orang sampai rela mengeluarkan uang demikian banyaknya agar dapat memiliki momongan.

Orangtua jaman dulu selalu bilang bahwa banyak anak banyak rezeki. Memang tidak salah ungkapan tersebut karena setiap anak membawa rezeki masing-masing bagi orangtuanya.

Rezeki yang kadang tidak terlihat oleh kita adalah hikmah dari memiliki anak itu sendiri. Ternyata banyak sekali nilai positif yang kita dapatkan setelah memiliki anak. Apa saja diantaranya? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini:

1. Lebih menghargai dan menghormati orangtua

1. Lebih menghargai menghormati orangtua
dreamstime.com

Siapa yang dulu sering sekali melawan orangtua? Kadang kita suka beranggapan bahwa kita sudah dewasa dan tau mana yang terbaik untuk kita. Tidak jarang kita menyepelekan nasihat orangtua. Padahal orangtua tidak menginginkan apa-apa kecuali kebaikan untuk anak-anaknya.

Setelah menjadi orangtua baru terasa perjuangan orangtua kita selama ini yang telah berkorban waktu, tenaga, pikiran dan materi demi membesarkan dan menyekolahkan kita. Kita baru tahu bahwa cinta orangtua pada anak sedemikian besar melebihi kecintaan mereka pada diri mereka sendiri.

2. Lebih sabar

2. Lebih sabar
Pexels/Pixabay

Tidak sedikit orang yang memiliki sifat kurang sabar dalam menghadapi sesuatu. Terkadang sebelum punya anak kita sering melihat anak orang lain rewel dan tidak bisa diam, malah kita jadi pusing sendiri melihat tingkahnya.

Dalam hati terselip rasa kagum pada orang lain karena sabar menghadapi anaknya yang sering tantrum di tempat umum.

Setelah memiliki anak sendiri kita baru bisa lebih sabar dalam menghadapi segala tingkah si Kecil. Tidak jarang rasa khawatir masih saja menyelimuti dan membuat kita bertanya-tanya apakah sudah benar yang aku lakukan untuk anakku?

Perasaan seperti itu wajar sekali karena setiap orangtua pasti ingin menjadi dan memberi yang terbaik bagi anak-anaknya. 

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Stres Setelah Menghadapi Anak Tantrum

Editors' Picks

3. Lebih hemat

3. Lebih hemat
Pexels/rawpixel.com

Dulu sebelum punya anak sebagai seorang perempuan kita seringkali tergoda membeli barang-barang yang sebenarnya tidak penting. Membeli berdasarkan keinginan dan bukan kebutuhan. Setiap minggu selalu saja ada agenda jalan-jalan dengan pasangan. Memesan makanan di resto hampir setiap hari dilakukan, tidak terpikir menyisihkan uang untuk tabungan.

Namun hal tersebut berubah seketika saat memiliki anak. Kita jadi lebih paham prioritas hidup, dan mengutamakan untuk menabung demi masa depan anak-anak karena tidak bisa dipungkiri biaya pendidikan makin hari makin meroket dan tidak sejalan dengan kenaikan gaji suami.

4. Lebih senang bersama anak

4. Lebih senang bersama anak
Pexels/Daria Shevtsova

Setiap Mama pastinya butuh waktu me time agar tetap waras dan bahagia. Namun saat waktu me time tiba dan meninggalkan rumah sekedar untuk 2 jam saja terasa sangat berat meninggalkan anak. Yang terpikir adalah apakah dia akan baik-baik saja?

Apakah nanti dia menangis mencari Mama-nya? Dan lain sebagainya yang membuat perasaan tidak menentu.

Niatnya mau me time malah tidak bisa tenang meninggalkan rumah karena lebih senang bersama anak.

Pastikan Mama meninggalkan anak di rumah bersama orang yang sangat Mama percaya misalnya suami, orangtua, bahkan baby sitter atau asisten rumah tangga (ART) yang sudah teruji kesabaran dan kredibilitasnya dalam mengasuh anak.

Baca juga: 7 Tips Quality Time Bersama Keluarga

5. Lebih tangguh

5. Lebih tangguh
Pexels/Victor Freitas

Setiap orang pasti pernah merasa lemah dan tidak berdaya menghadapi realita kehidupan. Ada saja masalah yang membuat beban pikiran. Tidak jarang rasanya seperti ingin menyerah saja misalnya terhadap pekerjaan.

Baik pekerjaan kantor maupun pekerjaan rumah semuanya memiliki tingkat jenuh masing-masing. Perlu kesabaran luar biasa untuk setiap harinya bertemu dengan rutinitas yang sama. Nah, setelah punya anak setiap Mama pasti merasa menjadi lebih tangguh dalam menjalani hidup dan menghadapi rutinitas yang sama.

Itulah 5 perubahan positif yang dirasakan mama setelah menjadi orangtua. Tetap muliakan orangtuamu dan ajarkan anak-anakmu kasih sayang pada orangtua dengan berkata yang lembut.