7 Tips Quality Time Bersama Keluarga

Yuk, mulai rutin menghabiskan waktu bersama keluarga

12 April 2018

7 Tips Quality Time Bersama Keluarga
Freepik/freepic.diller

Quality time bersama keluarga mungkin cukup sulit ya kalau dilakukan setiap hari. Apalagi setiap anggota keluarga pasti memiliki aktivitasnya masing-masing.

Cukup sulit memang ya menyamakan waktu agar bisa berkumpul bersama kecuali di akhir pekan. Meskipun begitu, ada baiknya Mama tetap berusaha untuk menciptakan quality time. Tujuannya agar bisa menciptakan momen-momen baru dan berkesan bersasam keluarga.

Untuk Mama yang bingung harus melakukan apa. Yuk, lakukan beberapa tips ini agar bisa quality time bersama keluarga!

1. Menonton film

1. Menonton film
Freepik/nensuria

Menonton film bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengajak keluarga quality time. Apalagi kalau keluarga Mama punya genre film favorit yang sama. Pasti seru banget ya kalau punya kesukaan yang sama dengan keluarga. Bisa saling tukar pendapat tentang cerita di film itu.  

Untuk keluarga Mama yang punya perbedaan genre film, tenang aja jangan khawatir. Mama bisa mengatur atau membuat jadwal genre film di setiap minggunya. Buatlah bergilir agar semua genre film bisa dinikmati bersama.

Tujuannya agar mengajarkan Si Kecil juga bersikap adil dalam hal apapun.

Baca Juga: 9 Film Anak yang Akan Tayang di 2018: The Incredibles 2 - Paddington 2

Baca Juga: Tips Menjaga Quality Time Saat Mengajak Anak Nonton Film Bioskop

2. Olahraga di pagi hari

2. Olahraga pagi hari
Freepik/bearfotos

Sehat itu bukan hanya untuk diri sendiri. Ketika Mama punya kebiasaan rajin berolahraga, tidak ada salahnya nih mengajak anggota keluarga yang lain.

Menghabiskan waktu bersama orang tercinta pasti menyenangkan ya. Apalagi bisa sehat bersama. Menularkan pola hidup sehat ke anggota keluarga yang lain menjadi salah satu kewajiban nih, Ma. Anggap saja berolahraga juga bisa dijadikan momen untuk quality time.

Baca Juga: 7 Hal Ini Bisa Terjadi Kalau Kamu Malas Olahraga

3. Mengerjakan pekerjaan rumah

3. Mengerjakan pekerjaan rumah
Freepik/bearfotos

Nah, kegiatan yang satu ini pasti akan menguntungkan untuk Mama karena tidak mengerjakan pekerjaan rumah sendiri. Mama bisa mengajak anggota keluarga yang lain untuk mengerjaan pekerjaan rumah bersama.

Rumah yang kebersihannya terjaga juga membuat suasana nyaman. Lalu juga bisa mempengaruhi mood penghuni rumah itu sendiri. Kegiatan seperti ini bisa dilakukan secara rutin seperti seminggu sekali. Selain rumah jadi semakin bersih, kedekatan sesama anggota keluarga juga akan semakin kompak.

Editors' Picks

4. Memasak bersama

4. Memasak bersama
Freepik/senivpetr

Cara quality time lainnya yang bisa dilakukan di rumah yaitu memasak bersama keluarga. Memang sih pasti akan cukup repot ketika semua anggota keluarga ikut masak di dapur, tetapi momen seperti ini akan punya kesan tersendiri.

Kalau Mama merasa ini cukup merepotkan, mungkin bisa dibagi masing-masing tugasnya per-anggota keluarga. Misalnya Mama kebagian belanja bahan makan, tetapi malas untuk keluar rumah, bisa juga gunakan fitur terbaru dari Blibli.com yaitu BlibliMART yang ada sejak 9 April 2018.

BlibliMART dihadirkan sebagai pilihan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mulai dari kebutuhan anak, makanan dan minuman, produk grosir, perawatan tubuh dan juga kuliner.  

Dengan BlibliMART, kegiatan memasak ini jadi semakin lebih mudah dan bebas antri.

5. Kurangi pengunaan gadget

5. Kurangi pengunaan gadget
Freepik

Saat quality time bersama keluarga, ada baiknya untuk menghindari gadget ya. Buatlah momen yang seru bersama keluarga tanpa gangguan gadget agar bisa berkualitas.

Hindari juga mengurus pekerjaan di hari pekan ya, Ma. Ketika masih tetap mengurus pekerjaan, pasti jadi lebih sering memegang gadget.

Dengan mengurangi penggunaan gadget. Ini juga bisa mengajarkan Si Kecil untuk belajar menghabiskan waktu bersama keluarga tanpa terlihat asik sendiri.

6. Makan malam dalam satu meja

6. Makan malam dalam satu meja
Freepik

Kalau beberapa tips yang tadi bisa dilakukan ketika akhir pekan. Quality time seperti makan malam satu meja ini bisa dilakukan setiap malam nih.

Setiap keluarga pasti punya aturannya tersendiri di dalam rumah. Ada yang terbiasa makan malam bersama di rumah dalam satu meja, adapula yang seolah makan malam terpisah. Ada yang makan di kamar, ruang tv atau bahkan makan malam di luar.

Ketika makan malam secara terpisah sudah menjadi kebiasaan di keluarga, sebaiknya diatur ulang ya Ma pola ini. Ajarkan keluarga untuk kembali makan malam dalam satu meja.

Dari kegiatan yang sederhana ini bisa, ada banyak momen yang terjadi. Mulai dari cerita tentang kegiatan yang dilakukan selama seharian hingga curhat tentang masalah apapun. Yuk Ma, mulai rutin membiasakan makan malam bersama dalam satu meja!

7. Liburan ke luar rumah

7. Liburan ke luar rumah
Freepik/prostooleh

Liburan pasti menjadi salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan ya, Ma. Bukan hanya untuk orangtua saja, tapi untuk Si Kecil pasti akan merasakan kebahagiaan yang sama.

Sekali-kali tidak ada salahnya nih mengajak keluarga melakukan wisata internasional. Setelah memilih tanggal yang pas untuk cuti liburan, Mama tinggal membeli tiket pesawat yang akan dituju melalui online di Blibli.com.

Selain melucurkan kategori produk terbarunya bernama BlibliMART, Blibli.com juga memberikan layanan transportasi ke para konsumen. Blibli.com membagikan kebahagiaan lewat tambahan fitur layanan terbarunya yaitu pembelian tiket perjalanan rute internasional. Fitur ini dihadirkan karena kebutuhan traveling menggunakan pesawat semakin tinggi.

“Sejak diluncurkannya fitur tiket pesawat domestik tahun lalu, penjualan tiket pesawat di Blibli.com terus merangkak naik, dan mulai bulai April 2018, layanan tiket perjalanan yang diberikan oleh Blibli.com sudah dilengkapi dengan tiket pesawat rute Internasional ke semua destinasi di seluruh dunia. Kehadiran fitur pembelian tiket pesawat rute internasional sekaligus melengkapi layanan Travel di Blibli.com setelah sebelumnya sudah ada fitur layanan pembelian tiket Kereta Api, tiket wahana kreasi, hotel dan tiket pesawat domestik,” terang I Gusti Ayu Fadjar selaku Senior Vice Persident of Marketing Blibli.com.

Dengan kehadiran layanan tiket pesawat internasional ini, Mama bisa mengajak keluarga untuk liburan bersama tanpa harus ribet mengurus tiket pesawat. Apalagi Blibli.com menambahkan adanya program cicilan 0% sampai 24 bulan, cicilan tanpa kartu kredit hingga harga yang cukup kompetitif. Wah, layanan seperti ini ternyata bisa sangat mempermudah untuk liburan ya.

Nah, itu beberapa tips yang bisa Mama lakukan untuk quality time bersama keluarga. Lakukan tips tadi berulang kali ya agar menjadi kebiasaan rutin.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!